Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita CiamisBukit Sampalan Asri, Tempat Wisata di Ciamis yang Suguhkan Pemandangan Alam 

Bukit Sampalan Asri, Tempat Wisata di Ciamis yang Suguhkan Pemandangan Alam 

harapanrakyat.com,- Bukit Sampalan Asri (BSA) menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Destinasi wisata tersebut menyuguhkan suasana pemandangan alam indah gunung sawal

Bukit Sampalan Asri sendiri berada di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis. Jika dari pusat Kota Ciamis kurang lebih hanya sekitar 45 menit saja. 

Obyek wisata yang berada di kaki gunung sawal ini memang belum selesai 100 persen. Akan tetapi, masyarakat boleh berkunjung dengan donasi seikhlasnya saja.  

Dari pantauan HR Online, obyek wisata yang dikelola oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) ini menyuguhkan pemandangan alam pegunungan yang cukup indah.  

Tidak hanya itu, ada beberapa spot selfie serta juga lahan untuk tempat camping ground. Bahkan, ada tempat untuk bersantai dan rileks serta sekedar makan dan juga minum kopi. 

Dukungan Pengembangan Bukit Sampalan Asri Ciamis

Sekretaris Pokdarwis Desa Sukamaju Yusef mengatakan, pembangunan tempat wisata ini sejak tahun 2019 lalu. Namun, karena Pandemi Covid-19 jadi sampai saat ini progres wisata ini belum 100 persen. 

Baca juga: Inilah Mata Air Saladah, Potensi Wisata Alam Baru di Ciamis

Akan tetapi, masyarakat sudah bisa bisa mengunjungi obyek wisata ini.

“Jadi tempat wisata ini sangat cocok untuk rileks atau menenangkan pikiran setelah lelah dan penat bekerja seharian,” katanya, Senin (5/12/2022). 

Sementara itu, Kepala Desa Sukamaju, Dede Engkuh sangat mendukung adanya obyek wisata di Desa Sukamaju yaitu Bukit Sampalan Asri. Salah satu dukungan yang pihaknya berikan yaitu dengan menggelontorkan anggaran untuk aksesibilitas jalan. 

“Dulu sejak adanya inisiatif dari warga untuk bangun tempat wisata ini yakni BSA kami dari Pemdes Sukamaju sangat mendukung penuh. Kami juga telah alokasikan anggaran untuk akses jalan menuju lokasi wisata tersebut,” ucapnya. 

Dede juga sangat berharap agar pembangunan tempat wisata Bukit Sampalan Asri ini bisa mendapatkan dukungan berbagai pihak, seperti halnya dari Pemkab Ciamis dan juga Kementerian Pariwisata. 

“Intinya kami harap dengan adanya tempat wisata ini bisa mendongkrak perekonomian masyarakat di Desa Sukamaju khususnya,” harapnya. 

Sementara itu, Camat Cihaurbeuti, Edy Yulianto menambahkan, pihaknya sangat berharap bahwa Desa Sukamaju ini bisa menjadi salah satu Desa Wisata. Sehingga, nantinya bisa mengangkat potensi yang ada di Kabupaten Ciamis. 

“Seperti tagline kita yaitu Wisata di Ciamis Aja, karena wisata di Ciamis itu tidak kalah menariknya dari daerah lain. Bahkan di Bukit Sampalan Asri Ciamis ini punya pemandangan alam yang indah,” pungkasnya. (Feri/R6/HR-Online)