Rabu, Februari 8, 2023
BerandaTeknologiAplikasiCara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop Mudah dan Cepat

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop Mudah dan Cepat

Cara membatalkan pesanan di TikTok Shop cuma 5 menit. Membatalkan pesanan saat berada di TikTok Shop caranya cukup mudah. Namun pastikan Anda tahu caranya yang tepat, meski sederhana, namun sayangnya masih banyak yang belum bisa.

Berbelanja online memang sangat menyenangkan, Anda pun bisa berbelanja melalui aplikasi. Salah satunya yaitu melalui TikTok shop.

Setiap orang tentu pernah ingin membatalkan pesanan dengan alasan tertentu. Namun karena TikTok shop kurang familiar, sehingga masih banyak yang belum tahu dengan cara pembatalan tersebut.

Baca Juga: Cara Salin Link TikTok Sendiri dan Orang Lain Melalui 2 Platform

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop dengan Cepat

Pernah tidak Anda berbelanja online, namun salah pesan produk atau menemukan harga lain yang lebih ekonomis. Jika pernah, lantas apa yang akan Anda lakukan ketika hal ini terjadi?

Berbelanja online saat ini sudah menjadi aktivitas yang banyak menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Apalagi sudah banyak platform yang menawarkan jual produk berbagai kebutuhan masyarakat.

Salah satu aplikasi yang cukup populer yaitu TikTok. Aplikasi ini menawarkan berbagai video dengan genre berbeda dan memberikan fitur menarik. Salah satunya yaitu TikTok Shop.

TikTok Shop tergolong platform yang masih baru dalam dunia online. Sebenarnya ada 3 kondisi ketika pembatalan pesanan melalui TikTok Shop. Padahal pembatalan pesanan tidak bisa Anda lakukan begitu saja.

Kondisi pembataan ketika belum pembayaran, pembayaran COD atau sudah bayar. Sebagian besar konsumen sering membatalkan pemesanan produk secara tiba-tiba akibat pesan salah produk atau alasan lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut terjadi sebaiknya gunakan cara mudah berikut ini.

Pembatalan Belanja di TikTok Shop

Melakukan pembatalan order melalui aplikasi masih banyak yang belum tahu. Padahal caranya tergolong cukup mudah.

Cara membatalkan pesanan di TikTok Shop yang bisa Anda lakukan yaitu:

  1. Langkah pertama bisa membuka aplikasi TikTok Shop
  2. Jika sudah langka selanjutnya yaitu ketuk tombol Shopping Bag dengan ikon tas belanja yang sejajar dengan tombol unggah video
  3. Klik tombol order atau pesan pada halaman Shopping center
  4. Klik produk yang sudah Anda beli dan ketik tombol cancel order
  5. Pilih alasan mengapa membatalkan pesanan > ketuk tombol submit
  6. Jika sudah akan muncul notifikasi dan pesanan yang dinyatakan sudah dibatalkan.

Baca Juga: Cara Mengubah Alamat TikTok Shop Sesuai Tujuan Pemesan

Batalkan Pesanan TikTok Shop yang Sudah Dibayar dan COD

Sebenarnya cara membatalkan pesanan di TikTok Shop tergolong mudah. Namun semua tergantung dari kondisi pesanan itu sendiri.

Berikut Ini ada cara membatalkan pesanan yang sudah terlanjur Anda bayar atau pembayaran melalui COD. Saat kondisi ini masih bisa untuk membatalkan pesanan.

Menghubungi customer service dari TikTok Shop. Dengan cara ini Anda cukup kirim permintaan sebagai bantuan pembatalan. Batalkan order kemudian pilih topik batalkan order dengan alasan yang tepat.

Menghubungi penjual untuk pembatalan pesan juga bisa Anda lakukan. Apalagi TikTok memberikan fitur khusus konfirmasi chat pribadi ke pihak penjual. Anda bisa mencoba menghubunginya melalui fitur tersebut.

Selanjutnya bisa tunggu respon persetujuan dari pihak penjual atau seller tersebut. Tunggu prosesnya, sebab seller sendiri tidak bisa memutuskan begitu saja.

Pembatalan Pesanan TikTok Shop yang Belum Dibayar

Cara membatalkan pesanan di TikTok Shop yang belum melui proses pembayaran bisa Anda lakukan dengan langkah sederhana. Adapun langkah yang bisa Anda lakukan untuk pembatalan order yang belum dibayar yaitu:

  1. Jika sudah masuk ke akun Anda silahkan buka halaman utama dan pilih menu profil.
  2. Pilih menu option dan klik setting dan privacy.
  3. Silahkan lanjutkan dengan pilih sub menu orders > klik tombol all dan daftar produk yang dibeli.
  4. Jika sudah silahkan pilih produk yang akan dibatalkan.
  5. Muncul awaiting payment dan pilih cancel.
  6. Saat itu akan muncul pertanyaan “tell us why you canceled?” dan pilih salah satu alasan yang sudah disediakan.
  7. Klik tombol submit dan semua proses selesai.

Baca Juga: Cara Belanja di TikTok Shop, Dapat Dilakukan Via Live Streaming

Setelah pesanan atau order resmi Anda batalkan maka Anda bisa memesan ulang produk lain. Namun pastikan jika produk tepat agar Anda tidak perlu melakukan pembatalan order.

Namun jika memang harus dilakukan gunakan cara membatalkan pesanan di TikTok Shop sesuai dengan kondisinya. Mulai dari pembatalan pesanan saat order, sudah bayar, sedang COD, atau sejenisnya. (R10/HR-Online)