Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Menambahkan Ringtone Android, Ubah Nada Dering Jadi Menarik!

Cara Menambahkan Ringtone Android, Ubah Nada Dering Jadi Menarik!

Cara menambahkan ringtone Android sebetulnya mudah. Menambahkan ringtone Android bisa dengan cara memakai maupun tanpa aplikasi. Untuk beberapa pengguna ponsel Android saat ini, menambahkan ringtone memang jadi pilihan.

Hal tersebut tentu saja bukan tanpa alasan. Ya, ada kalanya mereka bosan dengan ringtone bawaan yang hanya itu-itu saja. Sehingga membuat user Android memilih untuk menambah ringtone lain yang dapat dipakai sewaktu-waktu.

Baca Juga: Cara Mengubah Tampilan Menu Android agar Terlihat Lebih Keren

Cara Menambahkan Ringtone Android, Mudah dan Praktis! 

Ponsel Android, secara default memang sudah lengkap dengan beraneka ragam ringtone yang bagus. Jumlahnya pun begitu banyak. Sehingga, Anda tidak bakal merasa bosan dengan menggonta-ganti ringtone.

Akan tetapi, tetap saja yang namanya manusia terkadang bisa juga merasa bosan. Terlebih lagi di internet tersedia sangat banyak ringtone yang bagus dengan jumlah tak terbatas. 

Tiap-tiap pemilik ponsel Android tentunya menginginkan untuk membuat miliknya berbeda dari yang lain. Nah, salah satunya adalah dengan mengubah suara ringtonenya.

Jika hanya memilih dari daftar musik default bawaan dari HP Android saja, jelas bakal terbatas pilihannya. Selain itu, belum tentu Anda pun menyukainya.

Oleh sebab itu, akan lebih bagus apabila Anda menambahkan sendiri lagu atau musik yang sesuai dengan selera Anda sebagai penanda jika terdapat panggilan telepon maupun ada pesan SMS yang masuk.

Sistem operasi Android memang sangatlah fleksibel. Hal tersebut menjadikan para pengguna Android memiliki kemungkinan untuk banyak melakukan modifikasi atau kustomisasi terhadap perangkat sistem Android milik mereka.

Salah satu bentuk tindakan modifikasi yang paling umum serta paling sederhana yakni dengan menambah atau mengedit sebuah ringtone buatan sendiri di ponsel pintar Android.

Ya, Anda hanya tinggal mengubah berkas musik atau suara Anda jadi nada dering khusus. Anda bisa membuat ringtone secara gratis tanpa perlu berlangganan di sebuah layanan atau membayar unduhan.

Baca Juga: HP Tidak dapat Memutar Video, Ini Cara Mengatasinya!

Menambahkan Ringtone Notifikasi di HP Android

Berikut cara menambahkan ringtone Android dengan mudah yang pertama. Akan tetapi, sebelumnya silahkan Anda unduh terlebih dahulu suara mp3 untuk notifikasinya. 

Cara Pertama

Untuk cara yang pertama berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama silahkan Anda mengunduh lebih dahulu suara mp3 yang hendak Anda pakai sebagai ringtone di ponsel Android. Anda bisa mencarinya lewat Google.
  2. Apabila suara mp3 tersebut sudah selesai Anda download, langkah berikutnya adalah memindahkan file suara tersebut ke “Notifications”. Notifications sendiri berada di penyimpanan internal ponsel Android Anda.
  3. Berikutnya, silahkan masuk ke menu “Pengaturan/Settings”
  4. Lalu pilihlah menu “Suara”
  5. Tahap berikutnya, silahkan Anda memilih opsi “Suara notifikasi default”
  6. Sesudah itu, Anda akan melihat suara mp3 yang sebelumnya sudah Anda download. Silahkan Anda klik untuk menjadikannya sebagai ringtone Android Anda.

Cara Kedua

Apabila cara menambahkan ringtone Android di atas masih belum berhasil, maka terdapat cara lain yang bisa Anda coba. Caranya pun hampir mirip dengan yang pertama.

Cara ini dapat Anda lakukan apabila ternyata Anda tidak menemukan folder “Notifications” di memori internal Android Anda.

  1. Pertama, silahkan Anda melakukan langkah-langkah persis seperti cara di atas. Hanya saja, untuk langkah terakhir, scroll saja hingga ke bawah sampai mendapati tulisan “Tambahkan nada dering”.
  2. Berikutnya, pilih file suara mp3 yang hendak Anda pakai sebagai ringtone Android
  3. Selesai

Baca Juga: Cara Hapus Log Panggilan di iPhone, Mudah dan Simpel!

Gunakan Aplikasi Pembuat Nada Dering

Cara menambahkan ringtone Android yang selanjutnya adalah dengan memakai aplikasi pihak ketiga.

  1. Pertama silahkan Anda download “Ringtone Maker” dari Google Play Store. Aplikasi Ringtone Maker bisa Anda unduh secara gratis dan punya interface sederhana.
  2. Berikutnya, download atau transfer lagu yang hendak Anda pergunakan sebagai ringtone di perangkat Android Anda
  3. Supaya Ringtone Maker bisa bekerja, Anda perlu punya berkas musik di perangkat Android Anda!
  4. Bukalah aplikasi Ringtone Maker lalu sederet berkas suara di perangkat Anda bakal ditampilkan.
  5. Apabila Anda tidak menemukan berkas yang ingin dipakai, klik tombol Menu pada pojok kanan atas lalu pilih “Browse”
  6. Cara menambahkan ringtone Android selanjutnya adalah cari berkas musik yang Anda inginkan di penyimpanan perangkat
  7. Klik tombol hijau yang terdapat di samping berkas untuk melakukan penyuntingan, dan pilihlah “Edit” dari menu
  8. Pakailah penggeser guna menyesuaikan porsi musik yang hendak diubah jadi ringtone Android. Sebaiknya, ringtone berdurasi 30 detik atau lebih pendek.
  9. Klik tombol “Play” untuk memutar kembali segmen musik yang Anda pilih
  10. Gunakan tombol “Perbesar” dan “Perkecil” di grafik gelombang bunyinya dan cobalah membuat titik permulaan serta akhir dengan pengaturan bunyi dari pelan ke keras. Sehingga ringtone tidak terdengar bergemuruh.
  11. Klik tombol “Save” apabila Anda sudah puas dengan pilihan Anda. Tombol tersebut tampak menyerupai sebuah cakram dan letaknya pada bagian atas layar.
  12. Beri nama ringtone. Nama yang Anda masukkan ketika menyimpan ringtone bakal jadi nama di daftar menu pemilihan nada dering dan klik “Save”
  13. Bukalah pengaturan di telepon lalu pilihlah “Sound”
  14. Klik pilihan “Phone ringtone” atau “Rington” lalu silahkan pilih nada dering baru dari daftar

Nah, itulah beberapa cara menambahkan ringtone Android. Silahkan cari mana yang menurut Anda paling mudah untuk diterapkan. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda! (R10/HR-Online)