Minggu, Februari 5, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Menghilangkan Jamur di HP dengan Bahan Sederhana

Cara Menghilangkan Jamur di HP dengan Bahan Sederhana

Cara menghilangkan jamur di HP sebenarnya simpel. Untuk menghilangkan jamur yang muncul di HP, Anda bisa mencoba beberapa cara. Beberapa cara tersebut juga menjadi tips HP yang harus Anda ketahui dan pahami.

HP adalah salah satu alat komunikasi yang sering kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari. HP juga sering kita bawa ke mana pun, baik saat beraktivitas di dalam ruangan maupun di luar.

Kita juga sering memegang HP dalam keadaan tangan seperti apapun, baik bersih maupun kotor.

Kebiasaan itu bisa membuat HP menjadi lebih mudah kotor bahkan membuatnya mudah bermasalah. Jika Anda biarkan saja, maka kotoran seperti debu akan terus menumpuk. Akhirnya HP menjadi semakin terlihat kotor dan kurang nyaman saat memandangnya.

Baca Juga: LCD HP Bergaris dan Berkedip, Begini Cara Mengatasinya!

Cara Menghilangkan Jamur di HP yang Mudah dengan Bahan Sederhana

Masalah HP yang mengganggu penampilan juga bukan karena kotoran dan tumpukan debu saja. Namun bisa juga karena munculnya jamur di HP yang pastinya juga sangat mengganggu. Sebab, jamur ini bisa menyebabkan noda yang terlihat jelas.

HP memang bisa berjamur karena penyebab tertentu yang harus Anda hindari sebisa mungkin. Penyebab tersebut yang pertama Anda sering menyimpan HP di dalam tas terlalu lama. Sebab lama-lama udara akan menjadi lembab sehingga mendukung jamur tumbuh di HP.

Penyebab kedua yaitu karena HP terpapar suhu lembap dari suatu ruangan. Udara atau suhu yang lembab memang semakin memudahkan jamur untuk tumbuh. Karena itu, Anda bisa menaruh HP di tempat seperti dry box untuk mencegahnya berjamur.

Saat HP sudah terlanjur berjamur maka tentunya Anda harus segera membersihkannya. Jika tidak, maka pasti Anda akan merasa tidak nyaman selama menggunakannya bukan? Orang-orang yang melihat HP Anda pastinya juga tidak akan suka melihat HP berjamur tersebut.

Ada banyak cara menghilangkan jamur di HP yang bisa Anda terapkan. Cara ini pun sangat mudah serta menggunakan bahan yang sederhana pula. Berikut adalah beberapa caranya:

Menggunakan Minyak Kayu Putih

Cara pertama yaitu dengan memanfaatkan minyak kayu putih yang ada di rumah. Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu menyiapkan tisu dan minyak kayu putih. Tuangkan minyak pada tisu secukupnya saja, jangan sampai berlebihan.

Selanjutnya gosokkan tisu tersebut pada bagian HP atau casing yang berjamur. Lakukan berulang hingga jamur benar-benar hilang dan HP sudah bersih. Selanjutnya lap kembali HP dengan tisu atau kain bersih hingga benar-benar kering.

Baca Juga: Cara Mengatasi Keyboard HP Tidak Muncul, Mudah dan Pasti Berhasil

Menggunakan Tisu Basah

Cara menghilangkan jamur di HP yang lebih sederhana lagi yaitu menggunakan tisu basah. Anda hanya perlu menggosok bagian HP yang berjamur menggunakan tisu basah hingga bersih. Selanjutnya, Anda pun tinggal menunggu hingga HP kering dengan sendirinya.

Menggunakan Hand Sanitizer

Selain menggunakan minyak kayu putih, Anda juga bisa memanfaatkan hand sanitizer. Caranya yaitu, siapkan tisu kering dan cairan hand sanitizer. Selanjutnya tuangkan hand sanitizer secukupnya saja pada tisu kering.

Kemudian Anda bisa langsung menggosokkan tisu tersebut pada permukaan HP yang berjamur. Gosok terus hingga noda jamur maupun kotoran lainnya terangkat sempurna. Setelah itu, Anda bisa menggosoknya kembali dengan tisu kering untuk mengeringkan HP.

Menggunakan Lotion

Cara menghilangkan jamur di HP selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan lotion di rumah. Caranya siapkan tisu atau kain kering yang bersih dan juga lotion. Tuangkan lotion secukupnya pada tisu maupun kain yang telah Anda siapkan.

Selanjutnya gosokkan pada bagian HP atau casing yang berjamur hingga bersih. Anda bisa mengulanginya jika kotoran dan jamur membandel. Setelah itu lap HP dengan tisu kering untuk mengeringkannya dari sisa lotion.

Baca Juga: Solusi Layar HP Tergores, Salah Satunya dengan Pasta Gigi

Menggunakan Tisu Pembersih Lensa

Tisu pembersih lensa yang berfungsi untuk membersihkan HP juga ampuh menghilangkan jamur. Bahkan tisu khusus ini mampu mencegah jamur muncul kembali. Caranya hanya perlu mengusapkan tisu pada HP hingga jamur menghilang.

Itulah beberapa cara menghilangkan jamur di HP yang bisa Anda coba. Caranya sangat mudah dan sederhana bukan? Anda bisa memilih cara dan bahan mana yang sudah tersedia di rumah. (R10/HR-Online)