Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita BisnisCara Ternak Gecko dari Hoby Menjadi Bisnis yang Menjanjikan

Cara Ternak Gecko dari Hoby Menjadi Bisnis yang Menjanjikan

Cara ternak gecko bagi pemula menggunakan teknik yang benar. Cara untuk ternak reptil bernama gecko ini termasuk cukup sulit. Namun jika Anda mau memulainya dengan mencoba menggunakan panduan yang tepat dijamin akan berhasil.

Sebab, semua ternak binatang memang memiliki trik yang berbeda-beda. Termasuk ketika Anda memiliki niat untuk ternak gecko. Pastikan tahu caranya agar bisa meraup keuntungan yang banyak.

Meski dari sekedar hobi, ternak gecko cukup menjanjikan. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba menjadi peternak gecko.

Baca Juga: Usaha Ternak Burung Kenari untuk Pemula Dijamin Berhasil

Cara Ternak Gecko yang Benar Bagi Pemula

Gecko memiliki nama lain sebagai leopard. Di mana binatang yang satu ini adalah sejenis reptil yang masuk dalam keluarga tokek atau cicak. Namun gecko ini tidak menggigit bahkan tidak bersuara.

Ukuran tubuhnya kecil dengan warna kulit indah, cantik, dan terkesan unik yang membuat binatang kecil ini cukup diminati. Tidak sedikit para pecinta reptil yang ingin memiliki gecko sebagai hewan peliharaan.

Bahkan dari sekedar hobi ternak gecko kini justru cukup menjanjikan karena bisa dijadikan ladang bisnis. Banyaknya permintaan akan gecko membuat peluang usahanya juga cukup menjanjikan.

Apalagi saat ini sudah banyak peternak gecko yang berhasil meraih kesuksesan. Meski demikian, tentunya butuh kerja keras, ketekunan, dan kesabaran.

Bagi Anda yang ingin mencoba ternak gecko gunakan cara berikut ini. Dijamin ternak gecko akan sukses tidak hanya sekedar hobi saja.

1. Memilih Indukan dan Proses Mengawinkannya

Sebagai langkah awal cara ternak gecko yaitu memilih indukan berkualitas. Cara ini perlu Anda lakukan karena mengingat keturunan nantinya yang akan berpengaruh pada usaha tersebut.

Pilih indukan sehat, gemuk, lincah, dan nafsu makannya baik. Selain itu, warna pun juga akan berpengaruh, sehingga Anda harus memilih warna unik dan Anda pun perlu melihat kelincahannya saat malam hari.

Setelah memilih indukan Anda masuk pada proses mengawinkan. Pilih gecko dengan usia lebih dari 10 bulan. Letakkan indukan jantan dan betina pada satu kandang.

Anda bisa berikan alas berupa serbuk kapur dolomit, tisu, atau koran. Anda bisa biarkan proses berjalan kurang lebih 3 hari. Sediakan kotak atau laying box dengan alas cocopeat untuk meletakkan telur gecko. Kurang lebih 2 minggu setelah perkawinan gecko akan bertelur.

Baca Juga: Usaha Ternak Lebah Madu yang Menjanjikan, Begini Tipsnya

2. Pemindahan Telur Gecko

Langkah selanjutnya sebagai cara ternak gecko yaitu proses pemindahan telur. Setelah gecko bertelur Anda bisa segera ambil telurnya an pindahkan ke inkubator.

Pastikan telur sudah mengeras dan bagian atas Anda tandai dengan warna. Sebab jika terbalik penempatannya justru embrio gecko dapat mati.

Siapkan inkubator dan pindahkan telur dengan hati-hati, pastikan juga telur tidak terbalik.

Setelah semua siap, maka letakkan inkubator di ruangan dengan suhu 26-30 derajat Celcius. Jangan sampai suhu berada di bawah 23 derajat Celcius atau justru lebih dari 35 derajat Celcius.

Diamkan telur selama 35-60 hari. Jika telur gecko menetas di hari 35-40 menandakan jika jenis kelaminnya jantan. Sedangkan untuk telur yang menetas 45-60 hari ak berjenis keamin betina.

3. Penetasan hingga Proses Penjualan

Langkah terakhir untuk cara ternak gecko yaitu pada proses penetasan hingga penjualan. Anda bisa siapkan kontainer dengan alas tisu yang lembab untuk wadah bayi gecko.

Dalam waktu 3-4 hari bayi gecko kemungkinan akan buang air besar pertama kali. Setelah itu, Anda bisa berikan pakan jangkrik kecil atau ulat hongkong.

Setelah 2 minggu kemudian ketika bayi gecko makannya sudah lancar Anda bisa mengganti alas dengan cocopeat atau dolomit.

Ketika gecko sudah bisa makan dan tumbuh dengan baik Anda pun bisa mulai menjualnya. Untuk harga gecko dewasa yang pernah mengikuti kontes tentu harganya akan bagus.

Harga gecko tersebut bisa mencapai Rp 300.000. Sedangkan untuk gecko biasa memiliki harga standar Rp 100.000. Semua bisa Anda lakukan dengan mudah.

Baca Juga: Usaha Ternak yang Menjanjikan, Modal Kecil dengan Masa Panen Cepat

Apalagi kemajuan dunia teknologi semakin canggih. Membuat Anda harus bisa memanfaatkannya untuk media promosi bisnis gecko. Sebab, saat ini pecinta reptil termasuk gecko semakin banyak bahkan di penjuru dunia sekalipun.

Meski awalnya hanya sebuah hobi tidak ada salahnya gunakan cara ternak gecko ini. Jika Anda teliti, rajin, dan sabar ternak gecko pun bisa menghasilkan keuntungan menjanjikan. (R10/HR-Online)