Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita JabarDaerah Termiskin di Jawa Barat Ada 10, Mana Saja?

Daerah Termiskin di Jawa Barat Ada 10, Mana Saja?

harapanrakyat.com,- Daerah termiskin di Jawa Barat (Jabar) berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) tercatat ada 10 daerah dari 27 kota/kabupaten se-Provinsi Jawa Barat.

Mengutip dari laman resmi Badan Pusat Statistik, hingga saat ini kemiskinan masih menjadi permasalahan sosial di Jabar.

BPS mencatat per bulan Maret 2021, jumlah penduduk yang hidupnya berada di bawah garis kemiskinan mencapai 6,82 ribu jiwa, atau 4,2 persen penduduk Jabar. Sedangkan, garis kemiskinan per kapita per bulannya sebesar Rp 427,4 ribu.

Berikut ini 10 kota dan kabupaten termiskin di Jawa Barat yang persentase kemiskinannya tertinggi pada tahun 2021.

Daftar 10 Daerah Termiskin di Jawa Barat

Baca Juga: Jumlah Penduduk Miskin di Kota Banjar Capai 12.730 jiwa, Menurun 0,38 Persen

Kota Tasikmalaya

Urutan pertama daerah paling miskin di Provinsi Jawa Barat adalah Kota Tasikmalaya. Persentase angka kemiskinan di daerah ini per Maret 2021 mencapai 13,13 persen.

Angka sebesar itu meningkat 16 bps (basis points) dari bulan September 2020. Meningkatnya jumlah penduduk miskin di daerah tersebut akibat dampak dari pandemi Covid-19.

Kabupaten Kuningan

Kabupaten Kuningan menjadi salah satu kota dan kabupaten termiskin kedua di Provinsi Jawa Barat. Daerah ini memiliki penduduk miskin dengan persentase sebesar 13,1 persen.

Baca Juga: Kemiskinan Jadi Pemicu Meningkatnya Jumlah ODGJ di Pangandaran

Kabupaten Indramayu

Daerah termiskin ketiga di Jawa Barat adalah Kabupaten Indramayu dengan persentase jumlah penduduk miskinnya sebesar 13,04 persen.

Kabupaten Majalengka

Selanjutnya, Kabupaten Majalengka. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), persentase angka kemiskinan daerah tersebut mencapai 12,33 persen. Disusul Kabupaten Cirebon dengan persentase kemiskinannya sebesar 12,3 persen.

Kabupaten Bandung Barat Masuk Daerah Termiskin di Jawa Barat

Daerah termiskin di Provinsi Jabar yang berikutnya yaitu Kabupaten Bandung Barat. Persentase angka penduduk miskin daerah ini sebesar 11,30 persen.

Baca Juga: Apa Kabar Raperda Bantuan Hukum Warga Tak Mampu di Kota Banjar?

Kabupaten Cianjur

Setelah Kabupaten Bandung Barat, ada Kabupaten Cianjur dengan persentase angka kemiskinannya mencapai 11,18 persen.

Kabupaten Tasikmalaya

Kemudian, Kabupaten Tasikmalaya juga masuk dalam daftar daerah termiskin di Jawa Barat berdasarkan data BPS, yaitu sebesar 11,15 persen.

Kabupaten Sumedang

Kota dan kabupaten paling miskin di Provinsi Jabar yang berikutnya yakni Kabupaten Sumedang. Daerah yang memiliki ciri khas tahu ini tingkat kemiskinannya mencapai 10,71 persen.

Kabupaten Garut

Persentase tingkat kemiskinan di daerah yang terkenal sebagai kota dodol ini mencapai 10,65 persen berdasarkan data Badan Pusat Statistik per Maret 2022.

Dari 10 kota dan kabupaten paling miskin di Jawa Barat tersebut, Kota Tasikmalaya menduduki peringkat paling atas dengan persentase hingga 13,13 persen.

Sedangkan, Kabupaten Cianjur menjadi daerah yang paling banyak penambahan jumlah penduduk miskinnya, yakni mencapai 25,25 ribu orang.

Itulah 10 daerah termiskin di Jawa Barat berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada Maret 2021. Apakah daerah kamu termasuk ke dalam daftar tersebut? (R3/HR-Online/Editor-Eva)