Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita CiamisGalendo dan Kopi Paling Laku Terjual Saat Gelaran Porprov di Ciamis

Galendo dan Kopi Paling Laku Terjual Saat Gelaran Porprov di Ciamis

harapanrakyat.com,-  Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DKUKMP) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menyebut, galendo dan kopi menjadi produk UMKM yang paling laku selama pagelaran Porprov Jabar, di Ciamis 12-18 November 2022.

DKUKMP mencatat banyak pelaku UMKM yang meraup untung saat berjualan di lokasi venue.

Selain itu, pagelaran Porprov di Ciamis mampu mengenalkan berbagai jenis olahan makanan hasil produk UMKM ke para atlet dan kontingen dari daerah lain.

“Produk UMKM yang paling laku dibeli para kontingen yaitu galendo dan juga kopi asli buatan Ciamis, dengan omset hingga Rp 30 juta selama satu minggu gelaran Porprov,”ungkap Kepala Bidang Perdagangan Asep Sulaeman, Rabu, (30/11/2022).

Baca juga: DKUKMP Ciamis Dorong Pengembangan Usaha Mikro

Lanjut Asep, karena galendo merupakan olahan makanan khas dari kabupaten Ciamis, setiap stand di lokasi venue yang ada, baik atlet maupun pengurus cabang olahraga (cabor), mencari olahan galendo tersebut.

Tak Hanya Galendo dan Kopi, Cilok juga Laku Saat Porprov di Ciamis

Tidak hanya itu kata Asep, untuk galendo mereka beli sebagai oleh-oleh, namun banyak juga olahan makan lainnya yang setiap hari dijual oleh para pelaku usaha kecil di tempat pertandingan, seperti olahan makanan cilok.

“Selain makanan, kopi asli Ciamis juga menjadi buruan para kontingen untuk minuman di lokasi tempat tinggal selama mengikuti Porprov di kabupaten Ciamis, makanya banyak cafe-cafe yang didatangi para atlet,” jelasnya

Untuk jenis kopi yang laku terjual tambah Asep yakni kopi Kalijaya, kopi Rajadesa, kopi Panawangan dan kopi Sukawening Cipaku.

“Semuanya hasil olahan dari perkebunanan kopi yang ada di kabupaten Ciamis ini,” katanya.

Kata Asep, dengan adanya event besar sekelas Porprov ini, maka DKUKMP Ciamis secara langsung bisa menghadirkan berbagai jenis makanan olahan hasil dari UMKM binaannya, salah satunya galendo dan kopi.

Tentunya, selain mendapatkan hasil, produk yang dihasilkan UMKM di Ciamis ini bisa dikenal oleh orang-orang dari luar Ciamis.

“Mudah-mudahan kedepan pihak pemerintah Ciamis bisa mengadakan event-event besar lainnya di bidang olahraga, karena saat ini kita sudah memiliki tempat untuk bisa melakukan kegiatan yang sifatnya bisa mengundang orang banyak,” pungkas Asep Sule (sapaannya). (es/R8/HR Online/Editor Jujang)