Selasa, Februari 7, 2023
BerandaBerita JabarGempa Mengguncang Garut, Puskesmas Selaawi Terima Korban Tertimpa Reruntuhan Rumah

Gempa Mengguncang Garut, Puskesmas Selaawi Terima Korban Tertimpa Reruntuhan Rumah

Gempa mengguncang Garut, Jawa Barat  dengan kekuatan 6,4 skala richter pada Sabtu (3/12/22) sore. Puskesmas Selaawi mulai menerima korban yang tertimpa reruntuhan rumah.

Korban merupakan seorang ibu bernama Iin warga Kampung Lembur Tengah, Desa Putra Jawa, Kecamatan Selaawi, Garut, Jawa Barat.

Berdasarkan keterangan kakak korban, Lala, saat gempa terjadi plafon beserta genting rumahnya roboh dan menimpa Iin sehingga mengalami luka pada bagian kepala.

“Waktu gempa, plafon dan genting roboh, karena reruntuhan menimpa Iin, Ia mengalami luka di kepala,” katanya.

Baca Juga : Diguncang Gempa Garut, Rumah Warga di Banjarsari Ciamis Alami Kerusakan

Selain sang ibu, Lala melanjutkan, anaknya yang masih berusia dua tahun juga ikut tertimpa reruntuhan.

“anaknya juga sempat tertindih, untungnya hanya mengalami luka ringan,” ungkap Lala.

Rumah dan Fasilitas Umum Terdampak Gempa yang Mengguncang Garut

Akibat gempa berkekuatan 6,4 skala richter itu, warga pun merasakan guncangan besar. bahkan getaran juga terasa sampai di beberapa wilayah lain, seperti Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran.

Berdasarkan laporan dari BMKG, gempa pertama berlokasi di 46 kilometer arah Barat Daya dengan kedalaman sekitar 118 kilometer.

Kemudian, guncangan susulan terjadi sekitar 70 menit setelahnya dengan kekuatan 2,9 skala richter. Berlokasi di 61 kilometer Barat Daya dan memiliki kedalaman 107 kilometer.

Dari informasi yang HR Online terima, akibat gempa mengguncang garut rumah warga serta fasilitas umum seperti sekolah mengalami kerusakan di beberapa kecamatan.

Antara lain di Kecamatan Cisompet terdapat satu unit rumah rusak, kemudian di Kecamatan Pakenjeng terdapat satu unit sekolah mengalami kerusakan.

Namun, hingga saat ini belum terdapat informasi lebih lanjut mengenai jumlah keseluruhan rumah warga dan fasilitas umum yang terdampak.

Beruntung, meskipun terdapat laporan rumah warga dan fasilitas umum yang rusak akibat gempa mengguncang garut, namun tidak terdapat laporan korban jiwa. (Pikpik/R12/HR-Online/Editor-Rizki)