Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita CiamisIngin Maju Jadi Bakal Calon Ketua DPD KNPI Ciamis? Catat Ini Syaratnya

Ingin Maju Jadi Bakal Calon Ketua DPD KNPI Ciamis? Catat Ini Syaratnya

harapanrakyat.com,- Syarat untuk menjadi bakal calon Ketua DPD KNPI Ciamis sudah muncul dan tersebar ke setiap Pimpinan Kecamatan (PK) serta OKP.

Ketua Steering Committee (SC) Musda KNPI Ciamis, Dani Alinurdin mengatakan, bahwa Musda yang akan berlangsung pada Desember 2022 ini, sudah ada beberapa bakal calon ketua yang sudah muncul ke publik. 

“Iya benar, sudah ada dan kami juga sudah sebar kepada OKP dan juga PK. Termasuk juga  tahapan Musda ke XV tahun 2022 ini,” katanya kepada HR Online, Selasa (6/12/2022).

Syarat Jadi Bakal Calon Ketua DPD KNPI Ciamis

Lanjutnya menambahkan, dalam syarat-syarat menjadi bakal calon Ketua KNPI Ciamis itu ada 17 poin.

Adapun persyaratan tersebut antara lain, yakni mengisi formulir pendaftaran bakal calon Ketua KNPI Ciamis periode 2022-2025.

Kemudian, berdomisili di Kabupaten Ciamis. Siap menandatangani pakta integritas kesediaan untuk bertanggung jawab melaksanakan amanat organisasi hingga akhir masa jabatan.

Baca Juga: Bursa Pemilihan Ketua KNPI Ciamis, Koko Koswara Didukung 3 PK

“Selain itu, mendapat rekomendasi dukungan secara tertulis minimal 6 OKP dan 3 PK yang berada di wilayah Kabupaten Ciamis,” paparnya.

Poin selanjutnya, PK KNPI hanya bisa memberikan 1 rekomendasi kepada bakal calon ketua. Termasuk juga OKP yang bisa memberikan 1 rekomendasi kepada 1 orang bakal calon.

“Jadi, apabila rekomendasi tersebut dikeluarkan kepada lebih 1 dukungan kepada bakal calon ketua lainnya, maka surat dukungan tersebut dinyatakan batal seluruhnya,” tegasnya.

Syarat selanjutnya, yaitu tidak pernah menjadi Ketua DPD KNPI Ciamis dalam 2 periode secara berturut-turut, sebelum pelaksanaan Musda XV. Kemudian berusia maksimal 40 tahun.

Melampirkan surat bebas dari penyalahgunaan narkoba dari rumah sakit umum pemerintah, dan melampirkan daftar riwayat hidup.

Baca Juga: Musda KNPI, Ketua Pemuda Bulan Bintang Ciamis, Koko Koswara Siap Maju Jadi Balon Ketua

Selanjutnya melampirkan visi dan misi menjadi Ketua KNPI Ciamis periode 2022-2025 secara tertulis.

“Kemudian daftar riwayat hidup, visi dan misi serta foto close up diri berwarna terbaru diserahkan kepada SC,” ucapnya.

Lebih lanjut Dani menambahkan, bahwa saat ini yang muncul di lapangan baru ada bakal calon Ketua KNPI, jadi belum kepada calon ketua. Karena nanti ada tahapan selanjutnya.

“Iya kalau calon belum ada, karena saat ini masih pada tahapan bakal calon. Kalau bakal calon Ketua DPD KNPI Ciamis sudah ada beberapa orang yang muncul ke publik,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online/Editor-Adi)