Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita JabarInilah Sosok Pelaku Bom Astana Anyar Bandung, Eks Napi Terorisme

Inilah Sosok Pelaku Bom Astana Anyar Bandung, Eks Napi Terorisme

harapanrakyat.com,- Agus Sujatno alias Abu Muslim ditengarai merupakan pelaku bom di Polsek Astana Anyar, Bandung, Rabu (7/11/2022).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengatakan, Agus Sujatno merupakan warga Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Bandung.

Identitas pelaku bom di Astana Anyar tersebut terungkap setelah kepolisian menyelidiki sidik jari dan face recognition yang identik dengan sosok Agus Sujatno.

“Hasil Sidik Jari dan Face Recognition identik menyebutkan identitas pelaku Agus Sujatno,” kata Listyo. 

Agus Sujatno bukanlah orang baru dalam hal terorisme, warga Bandung yang dikenal dengan nama Abu Muslim tersebut rupanya pernah mendekam di Lapas Nusakambangan.

Baca Juga: Korban Bom Bunuh Diri di Astana Anyar Bandung, RK: Seorang Polisi Meninggal Dunia

Ia bebas pada Maret 2021 lalu setelah mendekam selama 4 tahun di Lapas Kelas II A Pasir Putih Nusakambangan karena kasus terorisme.

Dari informasi yang didapat harapanrakyat.com, meskipun Agus tercatat sebagai warga Bandung, namun ia sudah lama tinggal di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Aksi Agus yang melakukan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar telah menewaskan satu orang anggota kepolisian. Selain itu, terdapat 9 orang luka-luka terkena serpihan bom. Sementara Agus sendiri tewas di lokasi.

Agus datang ke Polsek Astana Anyar menerobos barisan polisi yang sedang apel pagi sekitar pukul 08.00 WIB. 

Sambil mengacungkan senjata tajam, Agus meledakkan dirinya dengan bom. Sejumlah anggota polisi sempat menghindar. Namun naas, sejumlah polisi terluka dan satu orang tewas atas nama Aipda Sofyan.

Sementara itu di media sosial tersebar motor yang diduga digunakan Agus untuk sampai ke Polsek Astana Anyar. Di motor tersebut tertempel simbol ISIS dan sebuah tulisan, “KUHP HUKUM SYIRIK/KAFIR. PERANGI PARA PENEGAK HUKUM SETAN, Q.S 9:29”. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)