Selasa, Februari 7, 2023
BerandaBerita BisnisInvestasi Fixed Income Memiliki Jenis dan Keuntungan Tetap

Investasi Fixed Income Memiliki Jenis dan Keuntungan Tetap

Investasi fixed income memiliki banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Fixed income juga memiliki varian investasi. Dari sekian banyaknya jenis instrumen tersebut bisa mendatangkan keuntungan dalam periode tertentu.

Sehingga membantu para investor memperoleh keuntungan tetap dari hasil investasi. Keuntungan yang bisa investor peroleh berupa bunga dalam besaran tertentu sesuai ketentuan.

Dengan demikian modal investasi tidak akan berkurang. Sehingga perlu menyisihkan sebagian penghasilan untuk berbagai jenis investasi tersebut.

Baca Juga: Keberhasilan Investasi SDM Berpengaruh pada Perusahaan

Mengenal Investasi Fixed Income

Fixed income adalah pendapatan tetap yang investor dapatkan dari hasil penanaman modal dalam periode tertentu. Sama seperti investasi pada umumnya yang memiliki beragam jenis.

Investasi yang satu ini juga memiliki beberapa jenis dengan keuntungan berbeda. Untuk hasil keuntungan dari investasi ini secara otomatis akan masuk ke dalam rekening pribadi Anda.

Baca Juga: Investasi Generasi Sandwich di Bibit yang Aman, Ini Alasannya

Jenis Fixed Income

Menjalankan sebuah investasi saat ini menjadi bagian yang banyak dipilih kaum milenial. Hal ini karena investasi menjadi cara mudah yang bisa membantu mempersiapkan kebutuhan finansial masa depan. Adapun beberapa jenis dari investasi fixed income yaitu:

  1. Deposito, memberikan investor untuk mendapatkan imbal hasil optimal daripada tabungan biasa. Instrumen investasi perbankan memiliki berbagai jenis sesuai jangka waktu yang diinginkan. Nasabah bisa menyimpan uang di bank dalam kurun waktu 3, 6, hingga 24 bulan.
  2. Reksadana, menjadi jenis yang kedua untuk bisa menjadi alternatif investasi. Jika ingin mengoptimalkan sebagai penghasilan dalam kurun waktu di bawah 5 tahun. Sebaiknya memilih reksadana pendapatan tetap.
  3. SBN atau Surat Berharga Negara, menjadi investasi jangka pendek yang mampu memberikan pendapat setiap bulannya. SBN menjadi instrumen investasi yang mendorong masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam pembangunan negara.

Baca Juga: Keuntungan Investasi Jalan Tol Masih Cukup Tinggi di Indonesia

Keuntungan Fixed Income

Selain mengenal investasi fixed income dan jenisnya tentu memiliki keuntungan. Adapun keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menjalankan investasi ini antara lain:

  • Memiliki risiko rendah sehingga cocok untuk investor pemula untuk dapat mengoptimalkan penghasilan.
  • Investasi dengan imbal hasil pasti karena mendapatkan penghasilan tetap dalam periode tertentu Bisa hitungan bulan atau tahunan sekalipun. Investor dapat bunga sebagai keuntungan dalam berinvestasi.
  • Volatilitas lebih rendah sehingga ukuran perubahan berupa statistik harga investasi dalam satu periode.
  • Cocok untuk investasi jangka pendek dan menengah kurang lebih periode 1-3 tahun. Untuk pemilihan investasi jangka pendek deposito menjadi instrumen tepat. Sedangkan untuk jangka menengah 2-3 tahun ilih instrumen SBN atau reksadana.
  • Fixed incom menjadi investasi yang praktis dan aman. Seperti yang kita ketahui jika saat ini banyak bank yang menawarkan deposito dengan imbalan hasil berbeda. Jika ingin mengalokasikan dana ke SBN atau reksadana bisa dilakukan via online. 

Menjalankan sebuah investasi harus tepat, ketahui jenis dan keuntungannya. Termasuk investasi fixed income yang memberikan bunga keuntungan pasti. (R10/HR-Online)