Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita BisnisInvestasi Rumah Subsidi Bisa Dilakukan Tanpa KPR Subsidi

Investasi Rumah Subsidi Bisa Dilakukan Tanpa KPR Subsidi

Investasi rumah subsidi atau tidak sama saja. Keduanya merupakan instrumen investasi menguntungkan, termasuk rumah subsidi. Aset yang satu ini memang memiliki peminat yang banyak.

Hal ini karena rumah menjadi salah satu instrumen yang cukup membantu untuk bisa mendapatkan keuntungan besar. 

Menariknya lagi, harga properti rumah juga mengalami kenaikan terus menerus setiap tahunnya. Tidak heran jika sebagian besar investor memilih jenis investasi yang satu ini.

Bisa dengan menjualnya kembali atau cukup menyewakannya dengan harga yang lebih tinggi.

Baca Juga: Investasi Fixed Income Memiliki Jenis dan Keuntungan Tetap

Apakah Investasi Rumah Subsidi Menguntungkan?

Mengingat subsidi berarti bantuan pemerintah tentunya penawaran harga pun relatif lebih murah. Sebab, harganya sudah pemerintah tentukan sesuai dengan kriteria rumah itu sendiri.

Ada batasan-batasan harga yang diberikan yang menyesuaikan dengan lokasi seperti yang telah diputuskan dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kepmen PURN).

Harga rumah subsidi setiap tahunnya terus mengalami peningkatan yang pembeliannya menggunakan fasilitas KPR Sejahtera FLPP atau KPR subsidi.

Sebenarnya untuk menjalankan investasi ini bisa saja dilakukan, asalkan Anda tidak menggunakan KPR subsidi itu sendiri. Dengan begitu investasi rumah subsidi pun tetap menguntungkan.

Baca Juga: Keberhasilan Investasi SDM Berpengaruh pada Perusahaan

Tidak Menggunakan Fasilitas KPR Sejahtera

Menjalankan investasi rumah subsidi bisa saja Anda lakukan. Bahkan hal ini juga termasuk menguntungkan asalkan Anda tahu tekniknya. Apalagi setiap tahunnya harga rumah terus mengalami peningkatan.

Jika Anda memiliki kemampuan finansial dan ingin berinvestasi rumah, mengapa tidak. Pihak bank pun bisa menerima keputusan Anda.

Hanya saja, perlu Anda ingat ketika ingin membeli rumah subsidi jangan gunakan fasilitas KPR subsidi.

KPR subsidi itu sendiri adalah rumah yang harus ditempati. Anda pun tidak bisa membelinya jika untuk sekedar disewakan atau dikosongkan begitu saja.

Untuk itu, ketika hendak berinvestasi rumah hindari penggunaan fasilitas tersebut. Bahkan ada batasan maksimum penghasilan yaitu 4 juta karena hanya untuk masyarakat kalangan bawah.

Memilih rumah subsidi bisa saja, namun hindari penggunaan fasilitas KPR subsidi. Meski demikian, Anda pun tetap akan beruntung mengingat harga rumah yang terus meningkat.

Baca Juga: Investasi Infrastruktur di Indonesia Ini Memiliki Peran Sangat Penting

Keuntungan Memilih Rumah Subsidi

Menjalankan sebuah investasi memang dengan tujuan mampu memberikan keuntungan sesuai yang investor harapkan. Properti adalah investasi yang menjanjikan, bahkan mampu memberikan keuntungan besar.

Begitu pula dengan rumah subsidi yang memiliki banyak keuntungan. Hal ini mengingat jenis rumah yang satu ini memiliki harga rata-rata rendah dari pemerintah.

Keuntungan lain yang bisa Anda peroleh dari rumah subsidi selain harga murah, cicilannya pun rendah. Selain itu, untuk tenornya juga relatif panjang. 

DP rendah dengan kualitas bangunan lebih baik, meski harga murah. Menariknya lagi, rumah subsidi juga memiliki persyaratan mudah untuk pembeliannya.

Mengingat keuntungan yang bisa Anda dapatkan cukup banyak, tidak masalah jika memilih investasi rumah subsidi. Namun perlu Anda ingat jangan gunakan fasilitas KPR subsidi. (R10/HR-Online)