Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita CiamisJalan Nasional di Panawangan Ciamis Amblas, Pengendara Takut Kecelakaan

Jalan Nasional di Panawangan Ciamis Amblas, Pengendara Takut Kecelakaan

harapanrakyat.com,– Akses jalan nasional di Blok Tonjong, Desa/Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat amblas. Sejumlah pengendara khawatir amblasnya jalan memicu terjadinya kecelakaan.

Sulaeman pengguna jalan asal Rajadesa, Kabupaten Ciamis mengatakan, amblasnya jalan Nasional yang berada di Tonjong Desa Panawangan diduga disebabkan oleh tingginya intensitas hujan. Selain itu juga karena banyaknya kendaraan bermuatan berat yang melewatinya.

“Amblas dan retaknya badan jalan hampir memakan sebagian badan jalan. Sehingga di lokasi tersebut tidak bisa berpapasan dengan kendaraan yang datang dari arah berlawanan,” kata Sulaeman, Jumat (9/12/2022).

Baca Juga: Gempa Bumi di Sukabumi Terasa di Ciamis, Anak Sekolah Berhamburan

Menurut Sulaeman, ketika melewati jalan tersebut, pengendara motor maupun mobil harus ekstra hati-hati,sebab tidak menutup kemungkinan badan jalan tiba-tiba ambruk. 

“Khawatir menjadi pemicu terjadinya kecelakaan dan sebelum kerusakannya semakin bertambah, sebagai pengguna jalan berharap agar Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui instansi terkait dapat mengusulkan perbaikannya ke tingkat Provinsi maupun Pusat,” ujar Sulaeman,

Lanjutnya menambahkan, banyaknya kendaraan bermuatan berat yang melintas, ditambah curah hujan, kerusakan jalan pasti terjadi. Apalagi kontur tanahnya juga labil.

“Ya, sebelum hal yang tidak diharapkan terjadi, sebagai pengguna jalan berharap jalan tersebut segera diperbaiki. Sebab lancar tidaknya aktivitas masyarakat maupun pemerintah bergantung pada akses jalan yang dilalui,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online/Editor-Ndu)