Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita TerbaruJok Belakang Mobil Bunyi, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Jok Belakang Mobil Bunyi, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Jok belakang mobil bunyi pastinya mengganggu. Ketika bunyi, artinya ada masalah jok belakang mobil tersebut. Jika sudah seperti itu, maka pastinya kita harus segera mengatasi masalah pada komponen mobil yang cukup penting tersebut.

Masalah jok bagian belakang yang berbunyi ini juga sangat mengganggu kenyamanan. Pastinya Anda ingin kondisi kabin yang senyap saat berkendara bukan.

Dengan jok belakang yang berbunyi, maka Anda akan mendengar suara bising selama perjalanan menggunakan mobil tersebut.

Baca Juga: Variasi Jok Mobil Bernuansa Mewah, Begini Cara Pilihnya!

Bagaimana Mengatasi Jok Belakang Mobil Bunyi?

Pada umumnya mobil keluarga memang memiliki jok belakang. Jok ini merupakan tempat para penumpang duduk selama berkendara.

Tanpa kita sadari, terkadang memang jok mobil belakang ini tidak lepas dari gangguan. Salah satunya adalah jok yang bersuara.

Mungkin beberapa dari Anda juga pernah mengalami hal ini. Jok mobil belakang yang berisik terjadi karena tidak terkunci dengan baik. Sehingga, jok akan berisik ketika tidak ada yang mendudukinya.

Jika mengalami hal ini, maka sudah pasti Anda juga akan terganggu. Anda bahkan bisa saja kehilangan konsentrasi ketika menyetir karena suaranya tersebut.

Hal ini sebenarnya bisa terjadi karena adanya gangguan pada jok belakang. Biasanya masalah jok belakang mobil bunyi karena perawatan yang kurang tepat.

Ada beberapa penyebab jok mobil belakang menjadi berisik. Ketika sudah tahu penyebabnya, berikut ini cara yang tepat untuk mengatasinya.

Mengganti Oli Gardan

Untuk mengatasi jok mobil berbunyi yang pertama adalah mencoba memberikan oli gardan. Hal ini dapat Anda lakukan apabila sumber masalahnya benar-benar terletak pada gardan mobil.

Gantilah oli gardan dengan yang lebih kental. Namun, dalam beberapa kasus Anda perlu mengganti komponen gardan mobil jika memang kerusakannya parah.

Baca Juga: Bahan Jok Mobil yang Bagus, Tahan Lama dan Nyaman Digunakan

Mengganti Komponen yang Rusak

Ketika jok mobil berbunyi, maka bisa jadi itu merupakan sebuah pertanda bahwa ada komponen yang rusak. Komponen ini kemudian menyebabkan jok mobil mengeluarkan suara aneh.

Biasanya jika suara berasal dari jok belakang, maka komponen yang rusak tersebut terletak di kaki-kaki mobil. Ketika bagian ini rusak, maka Anda akan mendengar sebuah suara dari jok belakang saat melaju dalam kecepatan tinggi.

Suara jok belakang mobil bunyi karena ini bisa terdengar dari kecepatan 50 km/jam. Penyebabnya bisa jadi karena bushing arm sudah aus atau bahkan pecah.

Selain itu, kemungkinan juga terjadi masalah di bagian tie rod, ball joint, atau bahkan shockbreaker. Untuk mengatasinya, maka Anda harus mengganti dengan yang baru.

Memasang Peredam Suara

Kemudian untuk solusi yang berikutnya adalah dengan memberikan peredam suara. Sebenarnya ini adalah solusi jika Anda sudah menemukan sumber masalah pada komponen mobil.

Peredam suara juga bisa terdiri dari berbagai material, salah satunya adalah karet yang berlapiskan aluminium foil. Kemudian ada juga berbahan glasswool dan hingga aspal.

Peredam suara yang terpasang mungkin menjadi hal penting. Misalnya, bagian dasar mobil terdapat peredam suara yang berfungsi mengurangi suara berisik.

Jadi, Anda bisa memasang peredam suara lainnya di bagian jok belakang jika memang tidak juga hilang. Bagaimanapun juga, jok belakang mobil bunyi sangatlah mengganggu.

Baca Juga: Cara Mengatur Posisi Jok Mobil untuk Kenyamanan Maksimal!

Melumasi dengan Grease

Alasan lainnya jok belakang mobil menjadi berisik adalah karena terjadinya gesekan antara logam yang ada di dalam kabin.

Jika hal ini Anda alami, maka sebaiknya segera periksa bagian dalam dan luar mobil. Dengan begitu, Anda akan tahu dengan pasti di mana sumber bunyi tersebut berasal.

Lebih baik lakukan pencarian dengan segera agar masalah tidak semakin parah. Ketika sudah berhasil Anda temukan, maka segera berikan pelumas dengan grease agar keduanya tidak lagi bergesekan.

Sesungguhnya jok belakang mobil yang berbunyi ini tidak hanya terjadi karena satu faktor saja. Sebelum memutuskan untuk memperbaikinya, maka sebaiknya periksa terlebih dahulu penyebab suara tersebut muncul dengan seksama.

Hal ini menghindari salah penanganan. Ketika terjadi salah penanganan, maka kondisi justru bisa saja menjadi lebih parah dan semakin tidak menyenangkan.

Berbeda apabila Anda sudah mengetahui dengan pasti apa penyebab jok belakang mobil bunyi. Jika sudah begini, maka pastinya Anda bisa langsung menanganinya dengan langkah paling tepat. (R10/HR-Online)