Minggu, Februari 5, 2023
BerandaBerita TerbaruKhasiat Wedang Uwuh, Konsumsi Rutin untuk Tubuh Sehat dan Bugar

Khasiat Wedang Uwuh, Konsumsi Rutin untuk Tubuh Sehat dan Bugar

Khasiat wedang uwuh tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, wedang uwuh memiliki ragam khasiat untuk kesehatan maupun kebugaran. Terbuat dari berbagai bahan alami, banyak orang yang tertarik untuk merasakan berbagai manfaat wedang yang satu ini.

Wedang uwuh sendiri adalah minuman tradisional yang asalnya dari Imogiri, DI Yogyakarta. Di dalam bahasa Jawa, “wedang” mempunyai arti minuman. Sementara itu, “uwuh” adalah sampah.

Minuman tersebut dinamakan “uwuh” lantaran komposisinya mirip sampah dedaunan yang dikumpulkan jadi satu. Wedang uwuh ini terdiri atas kombinasi berbagai rempah alami khas Nusantara.

Baca Juga: Manfaat Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan, Bantu Atasi Asam Urat

Kandungan dan Khasiat Wedang Uwuh

Wedang uwuh adalah minuman tradisional khas Yogyakarta yang mirip wedang secara umumnya. 

Perbedaan wedang uwuh dengan jenis wedang yang lain yaitu pada wedang uwuh ini terdapat tambahan beberapa rempah lainnya, selain kayu secang.

Berikut berbagai jenis kandungan yang ada dari bahan-bahan rempah di dalam wedang uwuh:

1. Jahe

Bahan utama dalam pembuatan wedang uwuh yang mengandung jahe yang banyak vitamin C serta magnesium.

2. Kayu secang

Komponen penting di dalam wedang uwuh yang punya kandungan antioksidan sehingga bisa menangkal radikal bebas yang tidak bagus untuk tubuh.

3. Cengkeh

Bahan yang mengandung banyak ekstrak hidrokarbon, sehingga bisa menjaga kepadatan tulang.

4. Kayu manis

Rempah-rempah yang mengandung  banyak vitamin serta mineral. Selain itu, kayu manis berperan sebagai antioksidan, antibakteri, serta antiradang.

5. Pala

Bahan alami yang tinggi kandungan flavonoid, polifenol, dan saponin. Sehingga bisa mengobati berbagai macam penyakit.

6. Sereh

Sereh yang punya kandungan seperti zat besi, magnesium, dan lain-lain.

7. Kapulaga

Salah satu bahan dalam wedang uwuh yang terdiri atas zat-zat penting. Sehingga bisa menjaga kesehatan tulang serta mengobati batuk.

8. Gula Batu

Bahan dalam wedang uwuh yang satu ini berkhasiat untuk menambah cita rasa wedang uwuh.

Baca Juga: Manfaat Kayu Manis untuk Kesuburan Wanita, Percepat Promil

Manfaat Wedang Uwuh

Nah, manfaat wedang uwuh untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Mengatasi Asam Urat

Salah satu khasiat wedang uwuh adalah untuk membantu mengatasi asam urat. Asam urat sendiri adalah penyakit yang ditandai dengan keadaan meningkatnya kadar asam urat di dalam darah. Sehingga menimbulkan rasa sakit di area persendian.

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Jahe adalah bahan utama yang terdapat di dalam wedang uwuh. Nah, jahe ini sangat berkhasiat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, konsumsi wedang uwuh secara rutin juga bisa mencegah terjadinya penumpukan lemak pada pembuluh darah.

Sebagai Antioksidan

Berbagai bahan yang terdapat di dalam wedang uwuh mempunyai banyak kandungan antioksidan. Antioksidan sendiri berperan penting untuk menangkal berbagai macam radikal bebas yang bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan tubuh.

Menjaga Kesehatan Tulang

Wedang uwuh mengandung kapulaga yang punya khasiat untuk memelihara kesehatan tulang, mencegah osteoporosis, dan sebagainya.

Menghilangkan Bau Tidak Sedap pada Mulut

Rempah-rempah alami, khususnya kayu manis dan cengkeh di dalam wedang uwuh ternyata juga bermanfaat untuk menghilangkan bau nafas yang tidak sedap. Pasalnya, kedua jenis rempah tersebut punya kandungan yang sifatnya antimikroba.

Meredakan Masuk Angin

Wedang uwuh ini merupakan jenis minuman hangat yang mampu memelihara suhu tubuh manusia. Pasalnya, jenis wedang satu ini memberikan efek yang menghangatkan. Hal tersebut bisa berkhasiat untuk menghilangkan masuk angin.

Bantu Atasi Perut Kembung

Selain bisa mengatasi masuk angin, wedang uwuh juga bisa Anda jadikan sebagai minuman hangat yang bisa meredakan perut kembung karena masuk angin.

Tingkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Khasiat wedang uwuh selanjutnya adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa bahan di dalam wedang uwuh mengandung vitamin C serta magnesium.

Sehingga mempunyai manfaat untuk meningkatkan sistem imun di dalam tubuh.

Memperlancar Sirkulasi Darah

Bahan utama dari wedang uwuh yaitu jahe. Sedangkan, jahe adalah bahan rempah-rempah yang terkenal sangat berkhasiat untuk memperlancar sistem peredaran darah.

Baca Juga: Manfaat Kayu Secang sebagai Pencegah Pertumbuhan Sel Tumor

Menghilangkan Rasa Lelah

Selain bermanfaat untuk membantu menyembuhkan dari berbagai macam penyakit, wedang uwuh juga berkhasiat di dalam membantu menghilangkan rasa capek dan letih pada tubuh.

Nah, itu tadi segudang khasiat wedang uwuh yang selama ini masih jarang diketahui. Konsumsi wedang uwuh secara rutin dengan takaran yang tepat akan membuat badan terasa lebih segar dan berenergi. (R10/HR-Online)