Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita TasikmalayaKuliner Makanan Pedas di Tasikmalaya, Bisa Jadi Penghilang Stres

Kuliner Makanan Pedas di Tasikmalaya, Bisa Jadi Penghilang Stres

Kuliner makanan pedas di Tasikmalaya merupakan jenis kuliner yang paling banyak penggemarnya. Secara umum, orang Sunda memang menyukai makanan gurih dan pedas. Oleh karena itu, keberadaan makanan pedas hampir tidak pernah sepi peminat.

Jenis makanan pedas yang tersedia juga beraneka ragam. Mulai dari jajanan pinggir jalan dengan harga murah meriah sampai menu makanan sejuta umat, pastinya selalu berhasil memuaskan pelanggan. Terutama di saat cuaca sedang hujan atau selepas beraktivitas, makanan ini menjadi anti depresan alami.

Berikut lima kuliner Tasikmalaya yang menawarkan rasa mantap dengan harga hemat.

Lima Kuliner Makanan Pedas di Tasikmalaya

Selama kita mengkonsumsi makanan pedas sewajarnya dan tidak berlebihan, maka resiko kesehatan bisa dicegah. Untuk menetralisir capsaisin yang menyebabkan lidah panas, kita juga bisa mengkonsumsii makanan pedas dengan air jeruk atau susu.

Seblak Alung

Bagi masyarakat Sunda, seblak kuliner makanan pedas di Tasikmalaya untuk sejuta umat karena terjangkau oleh berbagai kalangan.

Begitupun dengan Seblak Alung yang terkenal sebagai salah satu kuliner makanan pedas di Tasikmalaya dan berlokasi di Jalan Sukalaya Barat, Gang Hegarsari 4. Meski lokasinya berada di dalam gang, namun suasana kedai selalu ramai baik di siang maupun malam hari.

Baca Juga: Cafe Romantis di Tasikmalaya, Ngedate kayak di Drama Korea

Biasanya, pelanggan memilih sendiri bahan-bahan apa saja yang akan dimasak kemudian juru masak menyajikan pesanan dengan kuah sesuai tingkat kepedasan tertentu.

Aneka topping yang tersedia ada telur, tulang, cilok, pangsit, dan tahu. Untuk harga berkisar antara 16.000 hingga 30.000 per porsi.

Cilok Goang Golden

Selain seblak, cilok goang juga punya peminat yang tidak kalah banyak. Cilok Goang Golden merupakan kuliner makanan pedas di Tasikmalaya yang menawarkan dua varian, yaitu cilok kuah dan cilok goreng. Harga per porsi di kedai ini cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 14 ribu per porsi.

Cilok Goang Golden memiliki dua kedai, yang pertama ada di Jalan Riung Asih nomor 24. Sedangkan Cilok Goang Golden 2 lokasinya berada di Jalan BKR nomor 1-13, sehinga menjadi jajanan yang digemari oleh kalangan pelajar.

Pelanggan yang makan di tempat bisa menambahkan sendiri sambal pedas sesuai selera. Selain itu, pelanggan juga bisa membeli seblak instan untuk persediaan di rumah sebagai antisipasi tidak bisa kemana-mana saat hujan.  

Mie Progo

Bagi pecinta mie, kuliner makanan pedas satu ini tidak boleh terlewat. Mie Progo merupakan hidangan mie yang menggunakan resep bumbu rempah khas Nusantara. Ada tiga varian, yaitu mie progo, mie reog, dan mie dewata. Pelanggan bisa memilih sendiri tingkat kepedasan sesuai selera.

Menu makanan di Mie Progo sangat terjangkau, mulai dari Rp 12 ribu per porsi, pelanggan sudah bisa makan sampai kenyang.

Baca Juga: Bakso Legend di Tasikmalaya, Tetap Laris Hingga Kini

Tempat ini juga menyediakan Steak Progo, olahan daging ayam tepung yang disajikan dengan bumbu rempah pedas. Lokasi berada di Jalan Siliwangi nomor 70, tepatnya di perempatan lampu merah Universitas Siliwangi (Unsil).

Richeese Factory

Olahan ayam goreng dengan tepung selalu menjadi favorit, apalagi jika disajikan dengan bumbu pedas. Richeese Factory merupakan restoran cepat saji yang terkenal dengan menu Fire Chicken atau ayam pedas dengan tingkat kepedasan tertentu. Menariknya, pelanggan bisa menikmati ayam pedas dengan saus keju yang gurih dan creamy.

Richeese Factory telah memiliki banyak outlet di Indonesia. Sebagai bagian dari kuliner makanan pedas di Tasikmalaya, outletnya berada di kawasan mall Asia Plaza sehingga mudah ditemukan.

Untuk satu potong ayam sekitar Rp 25 ribuan, meski terbilang mahal namun rasa dan ukuran daging benar-benar sepadan dengan harganya.

Baca Juga: Baso Aci Acay Tasikmalaya, Jajanan Pedas Asal Garut

Baso Aci Acay

Kuliner makanan pedas di Tasikmalaya yang terakhir adalah Baso Aci Acay yang menggunakan resep asli dari Garut.

Baso aci merupakan versi yang lebih ekonomis dari baso daging sapi, namun tetap enak karena disajikan bersama siomay dan cuanki. Lokasi kedai beralamat di Jalan BKR nomor 10, memiliki area rooftop yang estetik dan pemandangan street view.

Baso Aci Acay memiliki slogan “Benaran bikin ngacay” sehingga pelanggan yang mencoba produknya harus siap-siap ‘ngacay’ karena kepedasan.

Pelanggan bisa memilih menu kuah pedas atau mie samyong ala korea dengan taburan wijen yang harum. Tak hanya itu, kedai ini juga menyediakan aneka minuman kekinian untuk menjadi teman nongkrong.

Itulah lima kuliner makanan pedas di Tasikmalaya yang bisa jadi penghilang stres. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)