Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruLayar HP Rusak, Ini Beberapa Jenis dan Penyebabnya

Layar HP Rusak, Ini Beberapa Jenis dan Penyebabnya

Layar HP rusak menjadi masalah yang merepotkan. Karena itu, jika layar HP Anda mulai rusak, maka Anda harus segera memperbaikinya. Jika layar HP tidak segera Anda perbaiki maka Anda tidak bisa menggunakan HP dengan maksimal.

Layar tentunya menjadi salah satu bagian yang sangat penting bagi HP. Apalagi pada model HP zaman sekarang yang kebanyakan bertipe layar sentuh. Layar menjadi bagian utama saat kita menggunakan HP untuk berbagai kebutuhan.

Melalui layar, kita bisa melihat dan mengakses segala sesuatu yang ada dalam HP. Artinya jika layar rusak maka kita tidak bisa menggunakan ponsel sebagaimana mestinya. Bahkan jika kerusakannya parah kita sama sekali tidak akan bisa menggunakan HP.

Baca Juga: Penyebab Kamera HP Buram, Lensa yang Kotor dan Berembun

Jenis-Jenis Layar HP Rusak

Karena sering kita gunakan, layar juga termasuk bagian yang mudah mengalami kerusakan. Penyebab dan jenis kerusakan layar HP sangat beragam dan bisa berasal dari berbagai faktor. Bisa saja karena kesalahan atau kelalaian dari pengguna sendiri.

Jika layar sudah rusak maka tentu saja pengguna yang akan mengalami kerugian. Sebab ia menjadi tidak bisa menggunakan HP sebagaimana mestinya dan harus memperbaikinya. Jika kerusakan parah maka biaya perbaikannya juga semakin banyak.

Bahkan jika layar sudah benar-benar tidak bisa kembali normal, maka Anda harus membeli HP baru. Hal tersebut tentu sangat merugikan, sebab Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak lagi. Selain itu, Anda juga bisa kehilangan data penting dalam ponsel.

Untuk mencegah kerugian tersebut maka kita harus selalu menjaga keamanan ponsel dari berbagai kerusakan. Seperti yang telah disebutkan, jenis layar HP rusak yang bisa terjadi sangat beragam. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh jenis kerusakannya yang harus Anda hindari.

Layar Retak

Kerusakan yang pertama dan cukup sering terjadi di antara pengguna yaitu layar retak. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan layar HP menjadi retak. Misalnya yaitu HP terjatuh dari ketinggian, terbentur benda keras atau tertindih sesuatu yang berat.

Meskipun tampak mengkhawatirkan, namun layar yang retak ini sebenarnya masih aman. Sebab Anda masih bisa menggunakan HP ini seperti biasanya. Namun tentunya penampilan layar akan terganggu dengan adanya retakan di atasnya.

Selain masih bisa Anda gunakan, HP dengan layar retak ini bahkan juga bisa Anda jual. Namun meskipun begitu, biasanya harga jualnya akan turun atau lebih murah. Untuk memperbaiki masalah ini, mau tidak mau Anda harus mengganti layar dengan yang baru.

Baca Juga: LCD HP Bergaris dan Berkedip, Begini Cara Mengatasinya!

Layar Pecah

Selain retak, ada pula masalah yang lebih serius yaitu layar HP rusak karena pecah. Jika sudah begini maka bisa saja HP benar-benar tidak bisa Anda gunakan lagi. Sebab layar pecah terkadang sampai tidak bisa menampilkan sesuatu dalam HP.

Penyebab layar pecah ini juga beragam dan mirip dengan penyebab layar pecah. Misal HP terjatuh dengan posisi layar di bawah, HP terbanting keras dan sebagainya. Untuk mengatasinya tentu Anda harus mengganti layar dengan yang baru.

Layar Kurang Sensitif

Selain mengalami kerusakan fisik, layar juga bisa mengalami kerusakan yang tak terlihat. Misalnya yaitu tingkat sensitivitas layar sentuh ponsel sudah mulai berkurang. Akibatnya terkadang layar tidak merespon adanya gerakan jari di atasnya.

Layar HP rusak ini tentunya sangat mengganggu ketika kita menggunakan HP. Penurunan sensitivitas layar juga bisa terjadi karena berbagai penyebab tersendiri. Misalnya yaitu karena penggunaan HP yang terlalu berlebihan setiap harinya.

Karena itu sebaiknya Anda mulai membiasakan diri untuk membatasi penggunaan ponsel. Tujuannya tentu untuk mencegah terjadinya kerusakan pada layar seperti masalah ini. Selain itu pun penggunaan yang tepat juga akan membuat HP lebih awet dan aman.

Baca Juga: Solusi Layar HP Tergores, Salah Satunya dengan Pasta Gigi

Layar Burn In

Masalah satu ini sering terjadi pada baru yang menggunakan layar AMOLED dan IPS. Layar burn in bisa terjadi bukan karena kesalahan pengguna, namun berasal dari pabriknya. Jika Anda mengalami masalah ini maka cobalah berkonsultasi dan servis HP.

Itulah beberapa jenis layar HP rusak yang sering terjadi. Sebenarnya pun masih ada banyak masalah yang bisa menyerang layar HP Anda. Karena itu Anda harus selalu berhati-hati selama menggunakan HP. (R10/HR-Online)