Minggu, Januari 29, 2023
BerandaBerita TerbaruMakanan yang Baik untuk Kesuburan Pria, Kaya Akan Nutrisi!

Makanan yang Baik untuk Kesuburan Pria, Kaya Akan Nutrisi!

Makanan yang baik untuk kesuburan pria penting diketahui. Beberapa jenis makanan memang bisa membantu meningkatkan kesuburan pria. Terutama jenis makanan sehat.

Perlu Anda ketahui, kesuburan pria merupakan kemampuan laki-laki untuk bereproduksi tanpa adanya bantuan medis.

Permasalahan kesuburan pria dapat menyebabkan pasangan sulit untuk memperoleh momongan secara alami. Sama halnya dengan perempuan, pria juga disarankan untuk konsumsi makanan sehat dan bergizi.

Hal tersebut sebagai penambah atau penyubur sperma. Sehingga bisa meningkatkan peluang kehamilan. Makanan yang sehat dan tepat juga akan membantu meningkatkan kualitas sperma.

Baca Juga: Makanan Manis Rendah Kalori, Aman untuk Diet

Daftar Makanan yang Baik untuk Kesuburan Pria

Bagi pasangan yang tengah mendambakan momongan, tentunya sangat membutuhkan sperma yang sehat. Sebab, kualitas sperma merupakan faktor penting didalam proses pembuahan.

Sperma yang berkualitas dan sehat pastinya mempunyai hubungan dengan kesuburan. Dimana hal tersebut mampu berpengaruh terhadap kehamilan.

Agar bisa meningkatkan kualitas sperma, salah satu hal yang mesti diperhatikan oleh laki-laki yaitu asupan nutrisinya. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa asupan nutrisi yang buruk bisa mengurangi kualitas sperma.

Dengan demikian, peluang untuk hamil pun menjadi lebih kecil. Selain itu, makanan bergizi dapat meminimalisir risiko kerusakan pada sperma.

Laki-laki dengan asupan makanan maupun dari mikronutrien tertentu, seperti vitamin A, C, zinc, dan folat bisa memproduksi sperma dengan lebih sedikit kerusakan DNA. Terlebih pada pria yang usianya lebih tua.

Beberapa studi juga memaparkan bahwa jenis makanan yang baik untuk kesuburan pria adalah yang punya kandungan likopen tinggi.

Selain itu juga makanan yang kaya akan antioksidan, mineral, karbohidrat, protein, maupun vitamin. Merangkum dari berbagai sumber, berikut makanan terbaik untuk menyuburkan sperma.

Tauge

Konsumsi tauge secara teratur mampu membantu meningkatkan kualitas sperma. Kandungan vitamin E, terutama E-alfa adalah antioksidan yang bisa memproteksi sel-sel dari paparan radikal bebas.

Sehingga, dengan teratur mengkonsumsi tauge, harapannya sperma akan terjaga dari berbagai kerusakan maupun serangan radikal bebas. Kualitas sperma pun meningkat. 

Tiram

Tiram juga merupakan makanan untuk kesuburan laki-laki yang bisa meningkatkan kualitas sperma. Sebab, di dalam tiram ada kandungan zinc yang merupakan salah satu nutrisi untuk meningkatkan jumlah maupun kualitas sperma.

Anda juga dapat menemukan zinc di dalam beberapa jenis makanan yang lain. Seperti kepiting, produk olahan susu, daging merah, serta sereal yang sudah difortifikasi.

Laki-laki yang mengonsumsi zinc, baik dari makanan maupun suplemen, kemungkinan mengalami peningkatan kadar hormon testosteron serta produksi jumlah spermanya.

Baca Juga: Makanan untuk Trigger Finger dan Cara Mengatasinya, Simak Ini!

Telur

Makanan yang baik untuk kesuburan pria selanjutnya adalah telur. Telur memiliki kandungan nutrisi asam lemak omega-3 yang bagus untuk kesuburan.

Omega-3 bisa membantu meningkatkan jumlah, mobilitas, sampai bentuk sperma. Selain itu, makanan ini juga baik untuk meningkatkan kesuburan perempuan. Omega-3 juga bisa meningkatkan sirkulasi darah ke organ reproduksi dalam tubuh.

Tomat

Tomat mempunyai banyak khasiat bagi tubuh. Salah satunya untuk kesuburan dan meningkatkan kualitas sperma laki-laki.

Tomat mengandung likopen, likopen merupakan antioksidan pemberi warna merah yang dapat membantu membentuk karotenoid. Tomat juga punya kandungan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas.

Gandum Utuh

Di dalam gandum utuh terkandung nutrisi yang bagus untuk sperma. Seperti vitamin B9 dan folat. Pria membutuhkan folat agar bisa meningkatkan kualitas sperma, sehingga dapat membuahi sel telur. 

Alpukat

Makanan yang kaya akan lemak tak jenuh seperti alpukat ini umumnya juga tinggi kandungan antioksidan. Buah dengan kandungan antioksidan yang tinggi bisa membantu melindungi sperma dari adanya kerusakan sel.

Antioksidan juga menjaga sperma agar tetap kuat dan lincah. Sperma bisa bertahan lebih lama ketika harus “berenang” menuju tuba falopi lalu membuahi sel telur.

Baca Juga: Manfaat Beras Basmati bagi Tubuh yang Penting untuk Anda Tahu

Asparagus

Pria juga harus mencukupi asupan folat di dalam tubuhnya. Pasalnya, kekurangan asupan folat, pria berisiko memproduksi sperma abnormal yang punya kandungan sedikit atau terlalu banyak kromosom.

Asparagus sendiri merupakan salah satu sumber folat terbaik. Pria disarankan untuk konsumsi satu porsi asparagus yang mampu mencukupi 50% kebutuhan asam folat per hari.

Pada pria yang punya kualitas sperma rendah, konsumsi asparagus sangatlah bagus. Sebab, kandungan asam amino L-Carnitine yang ada di dalamnya bisa menormalkan sel sperma serta memperbaiki motilitas sperma.

Nah, itulah beberapa makanan yang baik untuk kesuburan pria. Selain bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan, makanan di atas juga kaya akan nutrisi yang bagus untuk kesehatan secara menyeluruh. (R10/HR-Online)