Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Buah Kedondong bagi Kesehatan Kulit hingga Kolesterol

Manfaat Buah Kedondong bagi Kesehatan Kulit hingga Kolesterol

Manfaat buah kedondong ternyata cukup banyak. Tak hanya sebagai buah untuk rujak saja, ternyata buah kedondong punya manfaat bagi kesehatan. Manfaat buah ini diperoleh karena banyak nutrisi dan kandungan vitamin yang ada dalam buah ini.

Baca Juga: Manfaat Bunga Rosella untuk Kesehatan, Begini Cara Mengolahnya!

Sejak dulu, buah kedondong memang sudah banyak dikonsumsi sebagai buah yang segar. Rasanya yang asam manis ini membuat banyak orang menyukainya. Buah ini bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah ataupun sudah matang.

Kedondong merupakan jenis tanaman yang sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Tak heran jika kita sering menjumpai buah ini di pasaran.

Ragam Manfaat Buah Kedondong bagi Kesehatan

Buah kedondong sangat mudah kita jumpai di Indonesia. Rasa kedondong yang setengah matang biasanya memiliki kadar asam yang lebih tinggi dari pada yang sudah matang.

Dalam buah kedondong terdapat kandungan vitamin A sebanyak 233 IU dan vitamin C sebanyak 30 mg. Tak hanya itu saja, dalam kedondong ini juga mengandung kalsium sebanyak 15 mg kalsium, 3 mg zat besi, serta sebanyak 22 gram zat fosfor.

Menariknya, bagian daging kedondong juga mengandung serat makanan dan juga vitamin B kompleks, antara lain seperti thiamin dan juga riboflavin.

Rasa buah asam manis segar ini ternyata membawa banyak manfaat untuk tubuh. Adapun manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah kedondong ini antara lain sebagai berikut:

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah kedondong memang kaya akan vitamin C dan juga zat besi. Kandungan vitamin dan zat besi tersebut meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu bisa juga untuk melawan bakteri sumber penyakit.

Kedondong bisa membuat penyerapan zat besi ke dalam aliran darah menjadi lebih meningkat. Dengan begitu, kedondong ini bisa membantu Anda mencegah dari berbagai penyakit serta bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Dalam 100 gram buah yang dalamnya penuh duri ini terdapat sebanyak 40 kalori. Jadi, buah kedondong memiliki manfaat serta khasiat besar dalam membantu program diet Anda.

Baca Juga: Manfaat Daun Dewa Bagi Kesehatan, Bisa Obati Diabetes hingga Stroke!

Tak hanya itu saja, buah ini juga kaya akan kandungan serat, jadi pencernaan dapat lancar dan berat badan bisa turun dengan lebih cepat.

Pencernaan yang lancar tentunya juga dapat menjauhkan Anda dari gangguan pencernaan seperti susah BAB atau sembelit. Seperti yang kita tahu, gangguan pencernaan seperti ini bisa mengganggu program penurunan berat badan.

Buah Kedondong Bermanfaat Cegah Anemia

Manfaat besar dalam buah kedondong karena memiliki kandungan zat besi dan juga vitamin B1 yang tinggi. Zat besi dan vitamin B1 yang ada dalam kedondong tersebut bisa membantu dalam proses pembentukan sel darah merah.

Kandungan zat tersebut juga bisa bermanfaat dalam proses pengaliran oksigen ke dalam tubuh. Sehingga aliran darah dalam tubuh bisa menjadi lancar. Tak heran jika buah kedondong mampu mencegah anemia.

Membantu Mengendalikan Kolesterol

Vitamin C yang yang terdapat dalam kedondong ini juga memiliki berbagai macam manfaat. Manfaat buah kedondong selanjutnya yaitu bisa membantu menstabilkan kadar kolesterol dalam darah. 

Vitamin C juga bisa membantu metabolisme kolesterol pada tubuh untuk menjadi asam empedu.Sehingga, kolesterol yang ada dalam darah bisa menjadi lebih stabil. Dengan begitu bisa terhindar dari risiko kesehatan yang membahayakan tubuh.

Menjaga Kesehatan Kulit

Tak hanya terdapat kandungan vitamin B1 dan vitamin A, kedondong juga mengandung vitamin C yang tinggi dan memiliki kadar antioksidan yang cukup besar.

Baca Juga: Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan, Makanan Sehat Tinggi Serat!

Kandungan vitamin A dan B1 tersebut mampu bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit serta merawat kecantikan kulit dari dalam.

Manfaat buah kedondong juga bisa untuk mencegah paparan radikal bebas sebab memiliki kandungan antioksidan yang Tinggi.

Menjaga Kesehatan Mata

Harus Anda tahu, jumlah vitamin A yang terdapat dalam kedondong bisa membantu menjaga kesehatan mata dan meningkatkan penglihatan. Jadi, Anda bisa mengonsumsi buah ini secara teratur.

Untuk mendapatkan manfaat buah kedondong tersebut, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus. Anda bisa membuat jus dengan kedondong yang matang. Jangan lupa untuk menambahkan madu ke dalam jus kedondong tersebut untuk memenuhi kebutuhan vitamin A pada tubuh Anda. (R10/HR-Online)