Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Buah Pare untuk Kesehatan, Bisa Bantu Obati HIV

Manfaat Buah Pare untuk Kesehatan, Bisa Bantu Obati HIV

Manfaat buah pare untuk kesehatan cukup menakjubkan. Walaupun pahit, buah ini ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Ya, di balik rasanya yang kurang nikmat, nyatanya pare tergolong bahan makanan dengan kandungan gizi tinggi.

Buah yang kerap disebut dengan sayur ini punya nama ilmiah Momordica charantia. Di Indonesia sendiri, ada sejumlah sebutan untuk buah yang termasuk golongan suku labu-labuan ini. Seperti pepareh dan parai.

Sementara, di dalam bahasa Inggris, pare terkenal dengan sebutan balsam pear atau bitter melon. Meskipun rasanya pahit banyak orang yang gemar mengonsumsinya. Baik dengan cara menumis, merebus, maupun mengolahnya menjadi beraneka macam makanan.

Baca Juga: Manfaat Batang Pohon Pisang untuk Kesehatan, Kontrol Tekanan Darah

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Pare untuk Kesehatan

Pare segar dalam keadaan mentah mengandung berbagai macam nutrisi. Seperti air, kalori, protein, lemak, zat besi, natrium, kalium, dan karbohidrat. Selain itu juga mengandung serat, kalsium, fosfor, vitamin C, zinc, dan masih banyak lagi.

Pare juga mengandung senyawa antioksidan, seperti fenol dan flavonoid. Kandungan nutrisi tersebut menjadikan pare punya banyak khasiat. Berikut ulasan lengkapnya!

Turunkan Berat Badan

Manfaat buah pare untuk kesehatan yang pertama adalah membantu menurunkan berat badan. Selain rendah kalori, pare juga punya kandungan serat yang menjadikan tubuh merasa kenyang lebih lama.

Pare bisa meningkatkan pembakaran serta mengurangi kadar lemak di dalam perut. Selain itu, pare mengandung charantin yang berfungsi meningkatkan penyerapan glukosa serta sintesis glikogen.

Hal tersebut menjadikan sel-sel lemak pada tubuh juga berkurang. Sehingga, berat badan dapat turun.

Menjaga Kesehatan Miss V

Di sejumlah negara seperti Brazil, India, Kuba, dan Peru, pare kerap kali dipakai sebagai pengobatan tradisional. Pasalnya, di negara-negara tersebut, pare dianggap punya khasiat untuk mengatasi keputihan serta masalah menstruasi.

Namun, berbagai manfaat buah pare untuk miss V tersebut belum didukung oleh penelitian lebih lanjut.

Mengendalikan Jumlah Gula dalam Darah

Diketahui, pare mampu meningkatkan produksi hormon insulin yang bisa memecah glukosa jadi energi di dalam tubuh. Sehingga, kadar glukosa dalam darah bisa terkendali.

Hal tersebut membuat pare juga bagus bagi para pasien diabetes untuk mengonsumsinya. Kendati begitu, efektivitas maupun keamanan konsumsi pare guna menurunkan kadar gula darah ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Baca Juga: Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan, Ampuh Atasi Batuk

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah pare untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu memelihara kesehatan mata. Di dalam pare terkandung senyawa flavonoid, seperti ╬▒-karoten, ╬▓-karoten, lutein, serta zeaxanthin yang mampu meningkatkan kesehatan mata.

Kandungan lain di di dalam pere juga bisa membantu mencegah katarak disertai glaukoma akibat komplikasi diabetes. Berkat kandungan nutrisi tersebut, pare bisa meningkatkan fungsi penglihatan.

Terlebih permasalahan penghilangan saat malam hari akibat rabun senja. Selain itu juga bisa memperlambat degenerasi makula.

Bantu Penyembuhan Herpes dan HIV

Pare juga mempunyai kandungan senyawa MAP30, senyawa tersebut berkhasiat untuk menghambat infeksi virus HIV.

Dalam hal ini, MAP30 bakal meningkatkan sel yang punya peranan penting untuk melawan infeksi. Senyawa MAP30 juga berpotensi mempercepat proses penyembuhan penderita herpes virus-1 (HSV-1).

Cara kerjanya yakni dengan menekan jumlah virus. Sehingga tidak bertambah banyak serta melemahkannya.

Membantu Meredakan Asma

Pare memiliki kandungan yang bisa mencegah penyakit pernapasan umum. Seperti pilek, batuk, dan flu.

Di dalam pengobatan tradisional Tiongkok, ternyata jus buah pare juga dimanfaatkan untuk pengobatan kondisi pernapasan tertentu. Seperti bronkitis, batuk kering, serta asma.

Pare mempunyai sifat antihistamin, anti virus, serta anti-inflamasi. Hal itu menjadikan pare merupakan makanan tambahan yang ideal untuk memelihara kesehatan pernapasan.

Obat Jerawat

Manfaat buah pare untuk kesehatan selanjutnya adalah sebagai obat jerawat. Pare mengandung antioksidan serta antimikroba yang bisa menghilangkan racun dalam darah.

Pare juga dapat meningkatkan peredaran darah. Hal itulah yang menjadikan pare efektif untuk mengobati jerawat serta penyakit kulit yang lain. Seperti gatal-gatal, kurap, dan bisul.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Perlu Anda ketahui, kandungan antioksidan pada pare dipercaya bisa menghambat pertumbuhan serta penyebaran sel kanker. Seperti kanker usus besar, kanker payudara, kanker lambung, maupun kanker paru-paru.

Baca Juga: Manfaat Buah Plum untuk Diet yang Sehat, Alami, dan Aman

Memelihara Kesehatan Tulang

Vitamin K di dalam pare mampu membantu untuk menjaga kepadatan tulang dengan cara mempercepat pengedaran kalsium ke seluruh tubuh. Vitamin tersebut juga berperan untuk menguatkan tulang. Sebab, membantu memproduksi protein osteokalsin.

Nah, itulah segudang manfaat buah pare untuk kesehatan. Walaupun kaya akan manfaat, hindari konsumsi pare secara sembarangan dalam jumlah banyak. Pasalnya, sebuah riset menunjukkan konsumsi pare dalam jangka waktu lama berpotensi memicu impotensi, mematikan sperma, merusak buah zakar, serta merusak hati. (R10/HR-Online)