Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Bandotan untuk Kesehatan, Mampu Atasi Maag

Manfaat Daun Bandotan untuk Kesehatan, Mampu Atasi Maag

Manfaat daun bandotan menarik untuk diulas. Daun bandotan dapat Anda manfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional. Tanaman herbal satu ini mengandung bioaktif yang menghasilkan berbagai aktivitas bermanfaat di dalam tubuh seseorang.

Baca Juga: Manfaat Daun Beluntas untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Dengan begitu, tanaman bandotan bisa diklasifikasikan sebagai tanaman herbal. Bagian dari tanaman bandotan yang sering masyarakat pakai sebagai pengobatan tradisional yaitu daun. Namun, beberapa pengobatan memakai akar maupun bunganya.

Umumnya, daun Bandotan banyak tumbuh di pekarangan rumah. Tumbuh dengan subur di taman serta tanah pertanian. Bandotan juga sangat umum Anda jumpai di lokasi yang terganggu maupun area yang terdegradasi. 

Manfaat Daun Bandotan untuk Kesehatan 

Tanaman bandotan dengan nama latin Chromolaena Odorata ini adalah jenis tanaman liar yang gampang Anda jumpai. Bahkan, hampir di seluruh wilayah Tanah Air. 

Umumnya, daun bandotan punya ukuran yang tak terlalu tinggi, serta bau khas yang begitu menyengat. Pada zaman dulu, daun tanaman satu ini kerap dipakai sebagai obat pendarahan oleh masyarakat. 

Bukan hanya itu, mulai dari sakit kepala sampai asam urat pun dapat Anda obati memakai daun tanaman liar satu ini. Untuk lebih jelasnya, simak berbagai khasiat daun bandotan berikut ini.

Bisa Obati Kista

Kista adalah benjolan di bawah permukaan kulit yang termasuk kategori tumor jinak. Meskipun jinak, namun kista bertambah besar dari waktu ke waktu. Selain itu juga bisa berubah jadi ganas serta berbahaya.

Selain dengan penanganan oleh dokter, cara alternatif memanfaatkan tanaman herbal juga bisa Anda lakukan guna mempercepat penyembuhannya. Cara alternatif yang mesti Anda coba yaitu dengan memakai daun bandotan ini.

Obat Alternatif untuk Penderita Maag

Manfaat daun bandotan selanjutnya yaitu sebagai obat alternatif bagi si penderita maag. Daun bandotan adalah obat tradisional yang diyakini mampu meredakan rasa nyeri yang menyerang karena sakit maag. 

Penyakit maag sendiri terbagi jadi 2, yakni maag biasa serta maag kronis. Apabila tingkatan maag sudah ada pada level kronis, maka penyakit satu ini sudah tak dapat kita anggap hal sepele.

Daun Bandotan Bermanfaat Bantu Turunkan Berat Badan

Punya tubuh ideal adalah impian semua orang di muka bumi. Mulai melakukan olahraga sampai diet ketat kerap kali dilakukan, hanya demi mempunyai postur tubuh idaman.

Baca Juga: Manfaat Urang Aring untuk Rambut dan Kesehatan Tubuh!

Tapi ternyata, daun bandotan yang terkenal sebagai hama ini, memiliki manfaat membantu Anda dalam mewujudkan mimpi tersebut. Apabila Anda tengah mencari obat diet alami tanpa efek samping yang membahayakan, daun bandotan dapat menjadi solusi cerdas. 

Bantu Cegah Diabetes

Penyakit diabetes atau kencing manis adalah salah satu penyakit yang kerap dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Faktor penyebabnya beragam, bisa karena keturunan atau meningkatnya lemak tubuh.

Selain menjaga pola hidup yang sehat, mengonsumsi daun bandotan juga bisa jadi jalan pencegahan diabetes yang cukup aman. Untuk hasil terbaik, mengonsumsi daun bandotan ini mesti Anda lakukan secara terjadwal dan rutin.

Sembuhkan Asam Urat

Membantu menyembuhkan asam urat juga menjadi ragam manfaat daun bandotan. Senyawa aktif di dalam tanaman bandotan, misalnya tanin, glikosida, dan flavonoid membuatnya punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Daun tanaman bandotan juga bisa membantu proses penyembuhan penyakit asam urat.

Umumnya, asam urat gampang sembuh, dengan konsumsi air putih serta menghindari makanan yang punya kandungan purin. Namun, dengan rutin mengonsumsi daun bandotan, dua aktivitas itu akan berjalan lebih efektif serta memberikan hasil maksimal.

Mengatasi Infeksi di Dalam Tubuh

Manfaat minyak esensial yang berasal dari daun bandotan bisa melenyapkan Staphylococcus aureus serta Bacillus. Tanaman bandotan juga bantu turunkan produksi aflatoksin atau racun di jamur yang bisa memicu infeksi di dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat Daun Pisang untuk Kesehatan, Kaya Akan Antioksidan

Daun bandotan bisa atasi pertumbuhan jamur di dalam tubuh serta mengobati berbagai infeksi dalam tubuh akibat jamur maupun bakteri. Misalnya, infeksi pada usus, infeksi tenggorokan, serta infeksi kandung kemih.

Obat Luka Luar di Kulit

Ekstrak metanol dari daun bandotan sudah teruji ampuh sembuhkan luka di kulit tikus selama 10 hari riset. Sejumlah negara, Brazil misalnya, daun bandotan sudah memanfaatkan tanaman ini sebagai pengobatan luka luar di kulit.

Itu tadi merupakan beraneka ragam manfaat daun bandotan yang biasanya hanya terkenal sebagai gulma tanaman saja. Nyatanya, begitu banyak manfaat tanaman bandotan bagi kesehatan. (R10/HR-Online)