Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Dewa bagi Kesehatan, Obat Diabetes hingga Stroke

Manfaat Daun Dewa bagi Kesehatan, Obat Diabetes hingga Stroke

Manfaat daun dewa ternyata baik untuk kesehatan. Daun dewa (Gynura divaricata) merupakan tanaman liar yang menyimpan banyak manfaat. Menariknya, manfaat daun ini bisa untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit.

Baca Juga: Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan, Bantu Cegah Asam Urat!

Daun dewa sebenarnya merupakan jenis tanaman yang sering kita jumpai. Akan tetapi, tanaman ini sebenarnya merupakan tanaman asal China yang banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara dan Afrika. Ukuran daun bisa tumbuh mencapai panjang 20 cm dan lebar 10 cm.

Manfaat Daun Dewa untuk Kesehatan Tubuh

Perlu Anda tahu, daun dewa ini mempunyai berbagai nutrisi yang baik manfaatnya untuk tubuh. Mulai dari minyak atsiri, flavonoid, polifenol, saponin, asam hidroklorik, hingga vitamin K. Sayangnya belum banyak yang mengetahui khasiat akan tumbuhan ini.

Walaupun belum banyak yang mengetahuinya, akan tetapi khasiat daun dewa ini sangatlah beragam. Khususnya digunakan sebagai pengobatan alternatif. Adapun khasiat yang terdapat dalam daun dewa ini antara lain sebagai berikut!

Bisa untuk Mengobati Masalah Kulit

Perlu Anda tahu, daun dewa ternyata bisa bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan kulit. Mulai dari mengurangi tingkat iritasi kulit akibat digigit serangga, herpes, memar, jerawat, hingga scabies.

Pemanfaatan daun ini yaitu untuk obat luar saja. Meski demikian, khasiat daun dewa untuk masalah kulit ini cukup efektif.

Mengobati Diabetes

Daun dewa juga bisa Anda manfaatkan untuk mengobati diabetes. Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang timbul karena kadar gula darah dalam tubuh yang berlebih.

Dalam sebuah penelitian terbukti jika ekstrak daun ini dapat membantu menurunkan angka indeks glikemik yang cukup signifikan.

Mengatasi Penyakit Stroke

Seperti yang kita tahu, stroke merupakan masalah kesehatan yang terjadi akibat adanya kerusakan pada jaringan otak. Parahnya, stroke bisa membuat seseorang menjadi cacat dalam jangka panjang, terutama untuk orang yang dewasa.

Tak hanya itu saja, penyakit ini juga menjadikan penderitanya banyak yang meninggal dunia.

Baca Juga: Manfaat Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan, Bantu Atasi Asam Urat

Nah, Anda bisa memanfaatkan daun dewa ini sebagai pengobatan dan juga untuk pencegahan penyakit stroke. Daun dewa ini bisa Anda konsumsi dalam bentuk rebusan air daun tersebut. Anda bisa menambahkan dengan madu dan biji ginko.

Mengobati Penyakit Rematik

Rematik merupakan suatu gangguan kesehatan yang bisa berpengaruh terhadap sendi tulang. Penyakit ini akibat adanya peradangan serta nyeri yang ada pada persendian atau otot.

Nah, sebagai pencegahan terjadinya penyakit rematik, sebaiknya Anda mencoba mengonsumsi berbagai macam makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks.

Bisa juga Anda mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein pada tingkat sedang serta rendah lemak.

Anda juga harus melakukan berbagai macam pencegahan dengan cara lain, yaitu dengan mencoba herbal daun dewa. Cobalah untuk mengonsumsi air rebusan daun dewa yang sudah Anda campurkan dengan jahe merah serta akar verna cinerea.

Adanya manfaat ini karena dalam daun ini mengandung berbagai macam zat yang bermanfaat. Mulai dari zat bioaktif, alkaloid, dan juga zat steroid.

Steroid dan alkaloid yang terdapat dalam tanaman daun dewa ini bermanfaat untuk menangkal peradangan.

Daun Dewa Bermanfaat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat daun dewa selanjutnya juga bisa untuk menurunkan masalah tekanan darah tinggi. Hipertensi adalah kondisi penyakit kritis yang bisa mengakibatkan beberapa komplikasi.

Komplikasi ini merupakan risiko utama untuk beberapa penyakit kardiovaskular. Diantaranya adalah penyakit pembuluh darah koroner serta stroke. Hal ini jangan sampai terjadi.

Baca Juga: Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan, Makanan Sehat Tinggi Serat!

Cobalah menurunkan tekanan darah tinggi dengan memanfaatkan tanaman obat dengan efek terapi antihipertensi. Termasuk salah satunya yaitu daun dewa ini. Selain bisa mencegah hipertensi, daun dewa juga bisa meningkatkan produksi oksida nitrat pada pembuluh darah.

Mengobati Batuk Darah

Salah kesehatan seperti gangguan pernafasan mungkin kerap terjadi di lingkungan sekitar kita. Sebagai contoh yaitu penyakit batuk. Batuk tak kunjung sembuh hingga mengeluarkan darah perlu Anda waspadai.

Salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan daun ini sebagai ramuan untuk membantu pengobatan gangguan pernapasan tersebut.

Untuk mengobati penyakit tersebut, Anda bisa meminum satu porsi dari rebusan daun tersebut kurang lebih sebanyak tiga kali sehari. Minumlah secara rutin, sekali minum setengah gelas.

Dengan mengetahui banyaknya manfaat daun dewa untuk kesehatan ini, sebaiknya Anda tidak ragu lagi mencoba memanfaatkan daun ini ketika ada keluhan pada kesehatan Anda. (R10/HR-Online)