Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Kemuning untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Kemuning untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat daun kemuning sayang untuk dilewatkan. Selain manfaat kesehatan, daun kemuning juga menawarkan khasiat untuk kecantikan. Kemuning terkenal sebagai salah satu jenis tanaman hias yang bisa tumbuh di mana saja, termasuk pekarangan rumah.

Baca Juga: Manfaat Rambut Jagung untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

Tanaman ini menghasilkan bunga dengan warna putih dan cantik bentuknya. Kemuning ini kerap dijadikan sebagai hiasan yang sangat populer di kalangan penggemar tanaman hias.

Kendati begitu, kemuning bukan hanya bermanfaat sebagai tanaman hias. Tetapi, tanaman ini juga dapat Anda jadikan sebagai bahan baku obat herbal.

Sebab, kemuning sudah terbukti ampuh bisa mengobati beberapa jenis penyakit. Hingga saat ini semakin banyak orang yang membudidayakan tanaman tersebut. Baik di pekarangan maupun kebun pribadi.

Kandungan dan Manfaat Daun Kemuning

Asal Anda tahu, tanaman yang punya nama lain Murraya paniculata ini cukup populer di dunia pengobatan herbal. Sebab, kemuning memiliki sifat anti radang, anti rematik, anestesia, dan penenang.

Daun kemuning adalah salah satu jenis tanaman obat yang sangat bagus untuk Anda konsumsi sebagai alternatif pengobatan herbal.

Sebab, daun ini punya kandungan yang cukup baik. Apalagi daun tersebut mempunyai 60 senyawa minyak atsiri yang kaya akan manfaat bagi tubuh.

Bukan hanya minyak atsiri, di dalam daun kemuning juga terkandung senyawa lain yang baik. Seperti saponin, alkaloid indol, serta glukosa jantung.

Daun kemuning juga mengandung tanin, eugenol, serta coumurrayin. Ada juga kandungan geraniol, bisabolene, Careen-3, cadin, dan paniculata yang diyakini bisa menjaga daya tahan tubuh maupun mencegah berbagai penyakit.

Secara morfologi, daun kemuning punya karakter bunga bertekstur putih yang rasanya pedas, pahit, serta menghangatkan. Oleh karena itu, daun tersebut menjadi salah satu pengobatan herbal yang bagus bagi organ tubuh.

Merangkum dari beberapa sumber, berikut khasiat dari daun kemuning, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Membantu Atasi Peradangan

Manfaat daun kemuning yang pertama adalah membantu atasi gejala peradangan. Pasalnya, kemuning punya zat aditif yang berperan penting di dalam mengobati luka-luka.

Daun Kemuning Bermanfaat Menurunkan Berat Badan

Daun kemuning yang Anda campur dengan buah mengkudu serta temu giring, ternyata bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

Ya, untuk Anda yang sedang berjuang menurunkan berat badan, konsumsi daun kemuning bisa menjadi pilihan alternatif. Di dalam daun kemuning mengandung senyawa yang memiliki manfaat menghambat pertumbuhan enzim lipase di pankreas.

Baca Juga: Manfaat Daun Bandotan untuk Kesehatan, Mampu Atasi Maag

Caranya adalah dengan memecah lemak. Dengan begitu, lemak tidak bisa terserap oleh tubuh.

Anda hanya perlu menghaluskan tiga bahan di atas. Kemudian rebuslah ke dalam air sampai matang. Sesudahnya, saring lalu konsumsi air rebusan tersebut tiap pagi hari sebelum makan.

Meredakan Sakit Gigi

Gigi sensitif atau sakit gigi adalah sesuatu hal yang sangat tidak mengenakkan bukan? Bahkan kondisi tersebut bisa berpengaruh terhadap aktivitas keseharian.

Anda dapat memanfaatkan selembar daun kemuning lalu tumbuk sampai rata. Kemudian oleskan pada gigi Anda yang sakit.

Adapun, proses pengobatan gigi ini dapat Anda aplikasikan jika gigi ngilu maupun pasca cabut gigi.

Mengatasi Batu Ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring kotoran lalu membuangnya lewat urin. Apabila fungsi ginjal terganggu atau mengalami penurunan, maka bisa menyebabkan komplikasi penyakit lainnya.

Konsumsi rebusan daun kemuning secara teratur dan rutin dianggap ampuh untuk mencegah penyakit pada ginjal. Hal tersebut berkat kandungan senyawa aktif di dalam daun kemuning.

Menghaluskan Kulit

Selain sebagai pengobatan, daun kemuning juga punya khasiat kecantikan. Manfaat daun kemuning untuk kecantikan salah satunya adalah membantu menghaluskan kulit wajah.

Untuk mendapatkan manfaat ini juga cukup mudah. Ambil beberapa lembar daun kemuning lalu tumbuklah sampai halus dan pakailah sebagai masker wajah.

Tingginya kandungan antioksidan di dalam daun kemuning sangat bagus untuk kesehatan kulit wajah.

Obat Infeksi Saluran Kencing

Manfaat daun kemuning selanjutnya adalah mengobati infeksi saluran kencing. Kandungan senyawa serta atsiri yang bagus membuat daun kemuning ini sangat ampuh untuk membantu mengatasi penyakit di saluran kemih.

Baca Juga: Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya!

Proses penyembuhan yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara konsumsi rebusan air dari daun herbal ini secara rutin.

Cegah Penuaan Dini

Selain mencerahkan, daun kemuning ternyata juga punya kemampuan untuk mencegah penuaan dini. Baik dari sisi wajah maupun organ tubuh yang lain.

Pasalnya, daun herbal ini punya kemampuan yang bagus dalam mengangkat sel-sel kulit mati yang sumbernya dari berbagai senyawa organik.

Untuk mencegah penuaan dini, sebaiknya Anda konsumsi rebusan air daun kemuning secara teratur, sebelum tidur. Walaupun manfaat daun kemuning cukup beragam, tetapi Anda juga mesti tetap berhati-hati saat mengonsumsinya. Pemakaian secara terus-menerus dalam kurun waktu lama, tentu juga tidak bagus untuk kesehatan tubuh. (R10/HR-Online)