Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya!

Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya!

Manfaat daun sambiloto untuk kesehatan sangat beragam. Walau rasanya pahit, tetapi manfaat kesehatan daun sambiloto tak perlu diragukan lagi. Tanaman herbal satu ini bahkan telah dipakai sejak lama sebagai obat tradisional.

Baca Juga: Manfaat Jengkol untuk Kesehatan, Waspadai Juga Efek Sampingnya!

Andrographis paniculata (Burm.F), Ness atau Justicia paniculata alias sambiloto ini merupakan tanaman herbal yang berasal dari kawasan Asia Selatan. Sambiloto juga tumbuh subur di Tanah Air, khususnya di dataran 1 hingga 700 meter di atas permukaan laut.

Bagian yang menonjol dari tanaman herbal ini yaitu daun berbentuk pedang atau lanset. Bunga sambiloto berwarna putih. Tanaman satu ini berjuluk “King of Bitter” alias raja pahit. Sebab, ras daunnya luar biasa pahit.

Kandungan dan Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan

Di dalam daun sambiloto terkandung andrografolid yang sangat aktif. Zat tersebut mempunyai sifat anti inflamasi, antibakteri, dan antivirus.

Tanaman herbal satu ini juga kaya akan kandungan antioksidan. Seperti flavonoid, tanin, saponin, dan terpenoid. Selain itu, daun sambiloto juga mengandung alkana, keton, natrium, aldehida, kalsium, kalium, resin, serta pasir asam.

Zat lain yang terkandung di dalam daun sambiloto adalah panikulin, lakton, hablur kuning, serta kalmegin. Berbagai kandungan zat kimia tersebut menjadikan daun sambiloto diyakini memiliki banyak khasiat, terutama untuk menjaga kesehatan tubuh.

Turunkan Demam

Membantu menurunkan demam merupakan salah satu manfaat daun sambiloto untuk kesehatan. Demam adalah salah satu reaksi tubuh karena peradangan.

Demam biasanya terjadi ketika tubuh mengalami infeksi. Baik akibat bakteri, virus, maupun zat berbahaya yang lain.

Kandungan anti inflamasi pada tanaman herbal ini bisa membantu menurunkan demam secara alami. Khasiat daun sambiloto ini juga berasal dari sifat antivirus serta antibakteri.

Turunkan Kadar Gula Darah

Penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak sambiloto bisa menurunkan serta mengontrol kadar glukosa dalam darah. 

Daun sambiloto mampu memberikan manfaat mendukung efektivitas pengobatan diabetes dengan metformin. Namun, apabila Anda konsumsi secara berlebihan, sambiloto justru berpotensi menyebabkan efek samping yang berbahaya, yakni hipoglikemia.

Daun sambiloto juga dianggap bisa memproteksi kulit dari infeksi maupun sinar matahari dan mempercepat proses penyembuhan pada luka.

Daun Sambiloto Bermanfaat Perkuat Imun Tubuh

Khasiat serta manfaat daun sambiloto berikutnya adalah untuk membantu meningkatkan kinerja sistem kekebalan atau imun tubuh.

Tanaman herbal ini mampu memperbaiki serta merangsang kinerja sel-sel darah putih. Nah, leukosit alias sel darah putih tersebut berperan penting di dalam memproduksi antibodi guna membasmi zat berbahaya dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan Tubuh, Ternyata Menakjubkan!

Sehingga, tubuh akan lebih efektif dalam melawan virus, parasit, bakteri, maupun zat berbahaya lain yang masuk ke tubuh. Dengan demikian, Anda menjadi jarang sakit.

Menghambat Sel Kanker

Manfaat daun sambiloto untuk kesehatan berikutnya adalah membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Andrographolide merupakan komponen utama daun sambiloto yang sudah teruji menggunakan beberapa jenis sel kanker.

Seperti dikutip dari laman BPOM, pengujian tersebut guna membuktikan seberapa efektif aktivitas antikanker andrographolide di dalam mencegah pertumbuhan sel kanker.

Alhasil, andrographolide mampu menghambat perkembangbiakan berbagai sel tumor yang mewakili sejumlah tipe kanker secara in vitro.

Hal tersebut memperlihatkan bahwa andrographolide di dalam daun sambiloto memiliki potensi untuk dikembangkan jadi terapi bagi pasien kanker. 

Atasi Gejala Amandel

Manfaat daun sambiloto untuk kesehatan yang lainnya adalah membantu untuk mengatasi gejala radang amandel. Fungsi amandel adalah untuk menangkal berbagai bakteri, kuman, serta virus yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut.

Namun, bagian tubuh satu ini dapat mengalami radang karena infeksi bakteri atau virus. Tonsilitis atau gejala amandel seperti nyeri dan demam bisa Anda atasi dengan mengkonsumsi daun sambiloto.

Efek Samping Daun Sambiloto

Umumnya, sambiloto tidak berbahaya apabila Anda konsumsi dengan dosis yang tepat serta dalam jangka waktu pendek. Meskipun begitu, sambiloto tetap bisa menyebabkan beberapa efek samping.

Baca Juga: Manfaat Buah Kedondong bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui!

Seperti muntah, diare, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, kelelahan, serta reaksi alergi. Konsumsi sambiloto dalam kurun waktu lama atau dengan dosis yang cukup tinggi juga berisiko menyebabkan efek samping berbahaya, contohnya kerusakan hati.

Ibu hamil dan menyusui serta orang yang memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya tidak mengonsumsi tanaman ini. Misalnya penyakit autoimun, tekanan darah rendah, atau kelainan darah.

Konsumsi daun sambiloto juga tidak disarankan bersamaan dengan obat-obatan. Pasalnya, dapat menyebabkan efek interaksi obat. 

Supaya lebih aman ketika konsumsi sambiloto, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter lebih dulu. Terlebih, jika Anda ingin menggunakan tanaman herbal ini sebagai pengobatan. Sehingga, manfaat daun sambiloto untuk kesehatan lebih optimal. (R10/HR-Online)