Minggu, Januari 29, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Rambut Jagung untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

Manfaat Rambut Jagung untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

Manfaat rambut jagung untuk kesehatan terdengar asing. Padahal, rambut jagung kaya akan antioksidan yang bagus untuk kesehatan. Rutin konsumsi air rebusan rambut jagung dipercaya mampu memberikan manfaat dalam mengobati beberapa jenis penyakit.

Baca Juga: Manfaat Daun Bandotan untuk Kesehatan, Mampu Atasi Maag

Saat mengolah jagung, kerap kali Anda membuang rambut jagung. Sebab, Anda menganggapnya sebagai limbah.

Namun, siapa sangka ternyata rambut jagung ini punya kandungan senyawa aktif. Sehingga berkhasiat untuk kesehatan.

Rambut jagung mempunyai bioaktivitas yang luar biasa. Itulah mengapa, bagian dari jagung tersebut berpotensi mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Kandungan dan Manfaat Rambut Jagung untuk Kesehatan

Silk corn alias rambut jagung punya rasa sedikit sepat dan agak manis. Di dalamnya terkandung gula, vitamin B, garam mineral, zat besi, dan asam maisenat.

Selain itu, rambut jagung juga memiliki kandungan vitamin K, potassium nitrat, beta sitosterol, alfa tokoferil kuinon, volatil alkalod, asam yashushu, dan stigmasterol.

Manfaat rambut jagung juga berasal dari berbagai zat lain yang terkandung di dalamnya. Mulai dari minyak atau lemak, karbohidrat, protein, kalsium, magnesium, dan kalium.

Menyinggung ulasan sebelumnya, rambut jagung mengandung antioksidan tinggi. Hal itu berkat adanya kandungan saponin, tanin, dan flavonoid di dalam rambut jagung.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat rambut jagung untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. 

Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan adalah sebuah zat penting yang tubuh butuhkan. Zat satu ini mampu memproteksi tubuh dari kerusakan karena paparan radikal bebas dan stres oksidatif.

Stres oksidatif merupakan salah satu penyebab utama seseorang dapat menderita penyakit kronis. Seperti  penyakit jantung kanker, diabetes, serta peradangan di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan flavonoid di dalam rambut jagung juga berperan sebagai pelindung tubuh dari terjadinya kerusakan stres oksidatif.

Rambut Jagung untuk Kesehatan Bermanfaat Bantu Detoksifikasi

Detoksifikasi adalah proses alami atau normal dari tubuh guna membuang (menetralkan) racun.

Khasiat tersebut yakni dari kandungan antioksidan dalam rambut jagung. Antioksidan bisa memicu penetralan racun yang tersimpan di dalam tubuh.

Dengan demikian, khasiat ini mampu mengurangi kinerja hati. Sehingga bisa membantu menurunkan risikko perlemakan hati. 

Mencegah Gagal Ginjal

Rutin konsumsi air rebusan rambut jagung bisa membantu mencegah gagal ginjal. Gagal ginjal dapat terjadi akibat kelebihan zat kapur dan kurang minum.

Baca Juga: Manfaat Kembang Sepatu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan yang terdapat di dalam rambut jagung bisa membantu memperlancar urine dalam tubuh. Sehingga dapat mencegah adanya penyakit gagal ginjal.

Mencegah Gangguan Mata

Manfaat rambut jagung untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menyehatkan mata. Rambut jagung disebut-sebut bisa mencegah gangguan pada penglihatan.

Hal tersebut berdasarkan sebuah penelitian yang mengungkap bahwa ekstrak rambut jagung dosis tunggal bisa menurunkan tekanan bola mata.

Peningkatan tekanan bola mata bisa menambah risiko glaukoma serta gangguan mata yang lainnya. Sehingga dapat mengakibatkan kebutaan.

Atasi Diabetes

Diabetes adalah keadaan saat tubuh tak lagi mampu mengontrol kadar gula di dalam darah. Sehingga kadar glukosa darah dalam tubuh mengalami lonjakan.

Penyebab diabetes antara lain yakni adanya permasalahan pada produksi insulin. Bisa juga karena tubuh yang tidak lagi merespon insulin (resistensi insulin).

Ternyata, rambut jagung punya manfaat serta khasiat untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Rambut jagung juga dapat membantu untuk mengelola gejala diabetes.

Kandungan antioksidan di dalamnya pun mampu menurunkan risiko penyakit ginjal karena diabetes. 

Mengatur Tekanan Darah Tinggi

Rambut jagung sangat bagus untuk orang-orang yang tengah berjuang melawan tekanan darah tinggi. Sebab, rambut jagung mengandung flavonoid yang bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Flavonoid juga bisa mengatur tekanan darah ke seluruh tubuh. Selain itu, rambut jagung juga dapat mengontrol tingkat natrium di dalam tubuh. Natrium sendiri adalah salah satu penyebab tekanan darah tinggi.

Melindungi Saluran Kemih

Menjaga kesehatan saluran kemih juga merupakan manfaat rambut jagung untuk kesehatan. Rambut jagung mempunyai sifat antiseptik dan diuretik.

Baca Juga: Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan, Kaya Akan Antioksidan!

Sehingga mampu mencegah adanya infeksi yang berpengaruh terhadap saluran kemih. Konsumsi teh rambut jagung secara teratur dapat mengurangi peradangan dan mencegah iritasi. Selain itu juga mengurangi pertumbuhan bakteri.

Atasi Nyeri Sendi

Sifat anti inflamasi serta basa dari bahan organik satu ini juga sangat bagus untuk pengobatan nyeri sendi. Teh rambut jagung bisa mengurangi tingkat keasaman tubuh serta meminimalisir kemungkinan adanya reaksi inflamasi.

Nah, itulah beberapa manfaat rambut jagung untuk kesehatan. Sebaiknya, hindari konsumsi rambut jagung bersamaan dengan obat tekanan darah, diuretik, diabetes, serta pengencer darah. Pasalnya, rambut jagung dapat memicu buang air kecil. (R10/HR-Online)