Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Sawi Hijau untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Akan Antioksidan

Manfaat Sawi Hijau untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Akan Antioksidan

Manfaat sawi hijau untuk kesehatan mungkin masih jarang diketahui. Padahal, sawi hijau memiliki manfaat yang menakjubkan untuk kesehatan. Sawi hijau sendiri merupakan jenis sayuran yang mudah ditemukan di Indonesia.

Jenis sayuran satu ini dapat dibilang sebagai salah satu makanan super. Pasalnya, kandungan gizi di dalam sawi hijau cukup tinggi. Sawi hijau punya kandungan vitamin, fitonutrien, serta mineral yang bagus untuk kesehatan. 

Untuk menikmati sayur sawi ini pun terbilang cukup mudah. Anda dapat mengolahnya menjadi berbagai hidangan. Mulai dari tumisan, sayuran berkuah, sebagai campuran, bahkan memasaknya dengan cara diasinkan.

Baca Juga: Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan, Ampuh Atasi Batuk

Ketahui Manfaat Sawi Hijau untuk Kesehatan

Sawi hijau atau yang juga populer sebagai caisim merupakan tanaman yang punya nama ilmiah Brassica rapa var parachinensis. Tanaman ini biasa dimasak sebagai bahan makanan.

Berdasarkan publikasi dari University of Florida, sawi hijau berasal dari China. Sawi hijau memiliki tekstur renyah dan empuk.

Bukan hanya sebagai bahan makanan, sawi hijau juga punya berbagai manfaat kesehatan. Sawi hijau juga kaya akan folat (vitamin B9) serta karotenoid.

Di dalam sawi hijau juga terkandung senyawa sulfur tingkat tinggi, sehingga mampu mengurangi potensi penyakit kardiovaskuler dan beberapa jenis kanker.

Berikut beberapa manfaat sawi hijau untuk kesehatan.

Sumber Vitamin K

Ketimbang jenis sayuran lain, sumber vitamin K di dalam sawi hijau lebih besar. Vitamin K memiliki peran penting untuk membantu pembekuan darah, kesehatan jantung, maupun tulang.

Kekurangan vitamin K bisa meningkatkan risiko penyakit jantung serta osteoporosis. Selain itu juga meningkatkan risiko gangguan fungsi otak, penyakit alzheimer, dan demensia.

Anti Kanker

Sawi hijau juga tergolong sayur anti-karsinogenik yang punya kandungan senyawa alami glucosinolate. Senyawa tersebut kemudian dikonversi tubuh ke isothiocyanate yang punya sifat anti kanker.

Selain itu, di dalam sawi hijau juga mengandung antioksidan, vitamin, serta mineral cukup tinggi. Sehingga, sangat bagus untuk membantu menurunkan risiko terserang kanker.

Baca Juga: Manfaat Daun Pepaya dan Daun Singkong, Bagus untuk Kesehatan

Untuk Detoksifikasi

Manfaat sawi hijau untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk membantu proses detosifikasi. Pola makan kurang sehat dan polusi yang tersebar di sekitar tentu menjadi racun untuk tubuh.

Sawi hijau sendiri mampu berperan sebagai detoksifikasi alami lantaran kaya akan antioksidan. Sehingga, bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan membuangnya lewat proses buang air besar.

Selain itu, turunan klorofil dalam sawi hijau juga berkhasiat untuk menetralkan logam berat maupun bahan kimia yang terdapat di dalam tubuh. Dengan demikian, tubuh Anda bakal menjadi lebih sehat serta terbebas dari racun.

Kaya Antioksidan

Sawi adalah sumber fitonutrien alias tanaman yang menghasilkan nutrisi dan antioksidan. Selain vitamin A dan C, sawi juga punya kandungan isorhamnetin, asam hydroxycinnamic, kaempferol, serta quercetin.

Semua itu merupakan fitonutrien antioksidan kunci yang sawi hijau bawa. Tingginya fitonutrien di dalam sawi hijau ini mampu mengurangi stres oksidatif pada sel-sel di dalam tubuh.

Sehingga bisa untuk membantu mencegah kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat, kanker kandung kemih, kanker paru-paru, serta kanker ovarium.

Antioksidan juga berperan di dalam menjadikan kulit bersih dan sehat bebas kerutan. Itulah mengapa tubuh manusia membutuhkan banyak antioksidan.

Menjaga Kondisi Tubuh Agar Tetap Fit

Kandungan vitamin C di dalam sawi hijau berperan sebagai vasodilator serta antioksidan guna mencegah tubuh dari kerusakan sel. Sehingga bisa menguatkan serta mencegah timbulnya berbagai penyakit.

Vitamin C juga berguna untuk memproteksi tubuh dari infeksi penyakit maupun virus. Oleh sebab itu, ketika musim penghujan serta pancaroba tiba, pastikan Anda konsumsi sawi hijau dalam menu makanan Anda.

Kaya Akan Serat

Makanan yang kaya akan serat tentu bisa menjadikan tubuh lebih kuat di dalam menjalani rutinitas. Serat bakal diubah menjadi energi. 

Sehingga, Anda punya tenaga serta lebih siap menjalani aktivitas. Riset juga mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi sawi hijau maupun jenis sayuran hijau yang lain cenderung lebih sehat. 

Baca Juga: Manfaat Daun Sembung Nyawa, Ternyata Bisa Obati Kanker

Mencegah Diabetes

Antioksidan di dalam sawi hijau juga berkhasiat untuk penyakit diabetes. Di dalam sawi hijau mengandung alpha-lipoic acid yang berperan untuk menekan kadar glukosa, sehingga menjadi lebih rendah.

Nah, itulah segudang manfaat sawi hijau untuk kesehatan tubuh jika Anda mengonsumsinya secara rutin. Mau mengonsumsinya selagi masih hangat maupun setelah dingin, sayuran satu ini tetap menawarkan kelezatan yang tak tergantikan. (R10/HR-Online)