Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Umbi Ganyong, Bantu Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat Umbi Ganyong, Bantu Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat umbi ganyong mungkin saja masih terdengar asing. Padahal, selain mengenyangkan, umbi ganyong juga menawarkan manfaat lain. Di Indonesia sendiri, Anda bisa dengan mudah menjumpai tanaman bernama ganyong kaya manfaat ini.

Baca Juga: Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan, Kaya Akan Antioksidan!

Hal tersebut karena ganyong merupakan jenis tanaman tropis. Biasanya, ganyong tumbuh secara liar. Namun ada beberapa orang yang membudidayakan tanaman satu ini.

Canna edulis atau tanaman ganyong termasuk golongan genus Canna dari famili Cannaceae. Di setiap daerah, ganyong punya nama yang beragam.

Ada yang menyebutnya sebagai ganyal, sinetra, ubi pikul, buah tasbih, atau ganyol.

Ganyong sendiri memiliki nama asing, yakni queensland arrowroot. Sedangkan asal ganyong adalah dari Amerika Serikat. Kini, ganyong sudah tersebar dari Sabang hingga Merauke, khususnya di Jawa dan Bali.

Kandungan Gizi dan Manfaat Umbi Ganyong

Ganyong mengandung pati sejumlah 90%, yang mana kadar gulanya hanya 10% saja. Itulah yang menjadikan umbi ganyong punya rasa tidak begitu manis.

Dengan kandungan pati tinggi, ganyong kerap diekstrak patinya. Pati ganyong didapatkan melalui ekstraksi umbi ganyong.

Di dalam pati ganyong terkandung amilosa 24% dan amilopektin sejumlah 76%. Ganyong sangat berpotensi sebagai sumber karbohidrat.

Kandungan gizi  ganyong antara lain kalori, lemak, protein, kalsium, zat besi, vitamin C, vitamin B1, dan masih banyak lagi.

Di dalam umbi ganyong juga terkandung beberapa senyawa penting. Seperti flavonoida, polifenol, serta saponin. Mungkin, masyarakat modern sudah tidak begitu mengenal tumbuhan ganyong ini.

Sebab, memang tanaman ini identik dengan makanan “ndeso”. Namun, jangan terlalu meremehkan. Pasalnya di balik semua itu, nyatanya terdapat begitu banyak khasiat kesehatan dari ganyong.

Bagus untuk Pencernaan dan Usus

Ternyata, kandungan pati di dalam ganyong gampang dicerna oleh tubuh. Terlebih lagi dengan kandungan kimianya menjadikan umbi satu ini ampuh untuk melancarkan pencernaan serta menyehatkan usus.

Bubur dari umbi ganyong bagus untuk membantu mengatasi diare dan gangguan perut.

Mengatasi Mimisan

Manfaat umbi ganyong selanjutnya adalah mampu membantu mengatasi mimisan. Bukan hanya dialami oleh anak kecil, namun mimisan juga dapat terjadi pada orang dewasa.

Baca Juga: Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan, Makanan Sehat Tinggi Serat!

Darah kental yang keluar terus-menerus dari hidung adalah salah satu gejala dari munculnya penyakit lain. Nah, selain daun sirih, umbi ganyong ternyata juga punya manfaat hebat dalam mengatasi mimisan.

Meredakan Gejala Panas Dalam

Umbi ganyong memiliki kandungan vitamin C yang tentu memiliki manfaat besar dalam mengatasi berbagai keluhan yang kaitannya dengan gejala panas dalam.

Terlebih di musim panas, dimana orang bisa dengan mudah terjangkit gejala panas dalam. 

Selain cukup minum air putih, Anda juga dapat mengonsumsi umbi ganyong sebagai salah satu alternatif pengobatan.

Umbi Ganyong Bermanfaat sebagai Alternatif Makanan Pokok

Di Indonesia sendiri, tanaman ganyong memang cukup populer. Khususnya di kalangan petani. Sebab, biasanya ganyong dimanfaatkan sebagai alternatif makanan pokok saat musim kering.

Tanaman umbi-umbian ini masih dapat bertahan meskipun di lahan kering. Bagi para pasien diabetes yang tidak dapat mengonsumsi nasi juga bisa memakan ganyong sebagai solusi sumber karbohidrat.

Membantu Pertumbuhan Anak

Manfaat umbi ganyong juga bisa dirasakan oleh anak kecil. Sebab, tumbuhan ganyong adalah sumber energi yang bagus. Sehingga sangat recommended guna membantu memaksimalkan pertumbuhan anak.

Ganyong juga mudah dicerna. Sehingga sangat bagus serta aman dikonsumsi oleh bayi. Selain itu, tingginya kandungan zat besi, fosfor, serta kalsium dalam ganyong juga sangat baik untuk pertumbuhan balita.

Menyehatkan Tulang

Kalsium merupakan senyawa kimiawi yang berperan penting dalam membangun serta memperbaiki tulang. Kandungan kalsium pada ganyong cukup tinggi, yakni sebanyak 21,00 per 100 gramnya.

Efek Samping Ganyong

Selain menawarkan manfaat, ternyata umbi ganyong juga memiliki efek samping yang perlu Anda ketahui. Umbi ganyong punya senyawa antinutrisi bernama saponin dan tanin.

Baca Juga: Manfaat Jengkol untuk Kesehatan, Waspadai Juga Efek Sampingnya!

Tanin bakal membentuk kompleks dengan protein di dalam sistem pencernaan. Kemudian berinteraksi dengan enzim pencernaan.

Selain itu, tanin juga bisa menurunkan daya cerna protein dan menghambat aktivitas beberapa enzim pencernaan. Seperti kimotripsin, tripsin, lipase, dan amilase. 

Sementara, saponin adalah toxin yang dapat menghancurkan hemolisis alias butir darah. Saponin juga punya kemampuan mengikat kolesterol.

Tetapi, kedua senyawa tersebut akan menghilang sesudah ganyong melewati proses pengolahan. Mulai dari perendaman, perebusan, serta pemanasan.

Oleh sebab itu, supaya manfaat umbi ganyong bisa Anda dapatkan secara optimal, konsumsilah dalam kondisi matang. Selain itu, pastikan mengonsumsi umbi ganyong secara rutin dalam batas wajar. (R10/HR-Online)