Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita TerbaruMenghidupkan HP Tanpa Tombol Power, Simak Alternatif Mudahnya!

Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power, Simak Alternatif Mudahnya!

Menghidupkan HP tanpa tombol power bisa dilakukan dengan mudah. Terdapat beberapa alternatif menghidupkan HP apabila tombol power rusak. Jika tombol power mengalami kerusakan, tentunya Anda akan sulit untuk menyalakan dan mematikannya, bukan?

Kerusakan pada ponsel pintar memang sangat lumrah terjadi. Nah, salah satu kerusakan yang paling umum dialami oleh kebanyakan pengguna smartphone adalah tombol power HP rusak.

Kerusakan tersebut terjadi entah karena Anda terlalu keras menekan tombolnya atau memang casing dari ponsel tersebut bermasalah. Pastinya, hal tersebut menjadi penghambat jika perangkat Anda dalam kondisi nonaktif alias mati total.

Baca Juga: Tombol Volume HP Tidak Berfungsi, Simak Solusi Mudah Mengatasinya!

Cara untuk Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

Seluruh benda elektronik cepat atau lambat pasti bakal mengalami kerusakan. Baik itu dari segi hardware maupun software.

Hal tersebut merupakan sebuah fakta yang tidak terbantahkan. Terlebih untuk barang seperti HP yang selalu ada pada genggaman penggunanya.

Sehingga, saat terdapat tombol HP yang mengalami kerusakan, ini pasti sangat mengganggu. Apalagi fungsi tombol itu sangat vital.

Kendala yang muncul bisa jadi akibat fisik tombol yang tidak bekerja dengan baik sampai masuknya air atau debu. Sehingga mengakibatkan tombol power ini tidak dapat berfungsi dengan normal. Penyebab lain yaitu jalur tombol power yang terputus.

Memang ada beberapa kemungkinan yang terjadi. Apabila ponsel Anda terkena air atau minyak, biasanya akan muncul kerak. Sehingga menyebabkan jalur tidak terhubung dengan sempurna.

Selain itu juga karena switch pada tombol power yang sudah aus. Sehingga, tembaga yang terdapat di dalam switch tidak mampu lagi menyalurkan listrik.

Ketika tombol power ponsel rusak, tentunya Anda merasa sangat kesal. Sebab, Anda akan kesulitan untuk mematikan, menyalakan, bahkan me-restart ponsel. 

Apabila Anda mengalami hal tersebut, jangan panik dulu! Pasalnya, ada beberapa cara untuk menghidupkan HP tanpa tombol power yang dapat Anda lakukan.

Baca Juga: Penyebab Smartphone Mendadak Lemot, Ini Tips Agar Kembali Lancar

Sambungkan dengan Benda Lain

Untuk beberapa kasus, tombol power yang mengalami kerusakan atau tidak berfungsi adalah karena bagian luar alias cover-nya hilang. Sehingga hanya menyisakan karet yang berada di dalamnya.

Apabila Anda menemukan kondisi seperti itu, Anda bisa memakai beberapa benda khusus. Seperti SIM card ejector, tusuk gigi, atau yang sejenisnya. Gunakan benda tersebut untuk bisa menekan bagian benjolan yang ada di dalamnya.

Gunakan Charger atau Power Bank

Untuk menyalakan ponsel tanpa tombol power selanjutnya bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan sambungan charger. Anda bisa memakai adapter charger biasa maupun dengan powerbank.

Apabila ponsel Anda masih dalam kondisi menyala atau aktif, maka nantinya layar bakal menyala secara otomatis ketika Anda sambungkan ke charger.

Selanjutnya, Anda tinggal membuka kunci layar ponsel tersebut. Baik dengan cara swipe atau memasukkan pola maupun PIN.

Gunakan Fitur Sensor Android

Berbagai macam sensor yang tersemat pada perangkat Android, seperti sidik jari (fingerprint), face unlock, maupun sejenisnya sangat bermanfaat ketika tombol power ponsel Anda mengalami masalah secara mendadak. 

Sensor-sensor tersebut bisa menjadikan layar HP aktif dan menyala. Sehingga, dapat juga Anda gunakan untuk menyalakan ponsel tanpa menekan tombol power.

Baca Juga: Speaker HP Rusak Karena Jatuh, Perbaiki dengan Cara Ini!

Aktifkan Fitur Double Tap to Wake

Solusi berikutnya, Anda dapat menggunakan fitur bawaan HP yang kerap disebut sebagai double tap to wake. Fitur satu ini sangat membantu di dalam menghidupkan HP tanpa tombol power.

Namun, fitur double tap to wake ini hanya tersedia pada smartphone rilisan terbaru, yaitu mulai 2017 ke atas. Sehingga, apabila ponsel Anda masih tipe lama, Anda harus melakukan root terlebih dulu untuk menggunakan fitur ini.

Cara mengaktifkan fitur double tap to wake ini adalah:

  1. Silahkan Anda buka dan masuk menu Setting/Pengaturan
  2. Scroll ke bawah dan temukan “Tentang Ponsel”
  3. Ketuk 7x pada Nomor Bentukan atau Build Number
  4. Sesudahnya, kembali pada menu Pengaturan
  5. Cari lalu temukan fitur double tap to wake dan langsung saja aktifkan fitur tersebut.

Nah, itulah beberapa cara mudah untuk menghidupkan HP tanpa tombol power. Sehingga Anda tidak perlu panik apabila ponsel Anda mengalami hal serupa. Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan mengikuti tutorial di atas. (R10/HR-Online)