Kamis, Juni 1, 2023
BerandaBerita TerbaruMenyalakan AC Mobil Saat Parkir Apakah Aman? Ini Penjelasannya!

Menyalakan AC Mobil Saat Parkir Apakah Aman? Ini Penjelasannya!

Menyalakan AC mobil saat parkir terkadang memang dibutuhkan. Ketika mobil berhenti parkir, pengendara biasanya akan menyalakan AC mobil agar tidak gerah. Sebab, AC mobil memang menjadi salah satu komponen yang berfungsi menyejukkan udara dalam mobil.

Menyalakan AC ketika parkir sebenarnya tak hanya dilakukan mereka yang perlu istirahat dari perjalanan jauh. Hal ini juga banyak orang lakukan saat menunggu di dalam mobil. Tujuannya agar tidak merasa gerah dan panas saat berada dalam mobil.

Baca Juga: Cara Kerja AC Mobil serta Berbagai Komponen dan Fungsinya!

Menyalakan AC Mobil Saat Parkir, Apakah Aman?

Berada dalam kabin mobil yang sedang dalam kondisi terparkir memang akan membuat kita merasa gerah. Tak hanya terasa gerah, hal ini juga akan terasa membosankan.

Maka dari itu, tak heran jika banyak yang tetap menyalakan mesin dan AC mobil beserta hiburan dari head unit mobil.

AC dalam kondisi tetap menyala saat mobil terparkir sebenarnya tidakĀ  menjadi masalah. Sebab, arus aki mobil tetap terisi dan akan terus tergantikan selama mobil masih dalam keadaan menyala.

Akan tetapi, menyalakan AC mobil saat parkir juga tidak boleh Anda lakukan dalam waktu yang lama. Jika Anda selalu menyalakan AC ketika mobil terparkir dalam waktu lama, maka ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan pengemudi dan penumpangnya.

Bahaya AC Mobil Menyala Saat Parkir

Mesin mobil yang menyala akan mengeluarkan gas beracun lewat knalpot. Gas buang lewat knalpot mobil tersebut bisa membahayakan orang sekitar yang menghirupnya.

Adapun gas beracun tersebut antara lain seperti hidrokarbon (HC), Nitrogen Oksida (NO), dan karbon monoksida (CO).

Nah, untuk karbon monoksida atau CO ini termasuk gas yang berbahaya. Terlebih lagi jika gas ini terhirup dengan jumlah yang berlebihan.

Apabila gas buang tersebut masuk ke dalam ruang kabin saat mobil menyala melalui celah yang ada, maka bisa membuat penumpang yang ada dalam mobil terancam bahaya.

Akan lebih bahaya lagi, jika saat mobil kondisi menyala dan  jendela kabin mobil berada dalam keadaan tertutup rapat.

Gas yang keluar tersebut akan terperangkap dalam kabin mobil. Hingga pada akhirnya terhirup oleh penumpang yang berada dalam kabin mobil.

Pada saat seseorang menghirup udara dengan kandungan karbon monoksida yang tinggi, maka tubuh akan menggantikan oksigen yang terdapat pada sel darah merah dengan karbon monoksida ini.

Nah, hal seperti ini bisa menyebabkan kerusakan jaringan. Parahnya lagi, keracunan gas karbon monoksida ini bisa menyebabkan kematian.

Baca Juga: Service Kompresor AC Mobil Lebih Hemat, Lakukan Langkah Ini!

Cara Aman Menyalakan AC Mobil Ketika Parkir

Menghidupkan AC mobil saat parkir tanpa ada penumpangnya juga tetap memiliki risiko yang membahayakan. Sebab, gas buang yang terkumpul dalam kabin tidak bisa hilang dengan sepenuhnya, namun membutuhkan waktu beberapa saat.

Dengan begitu, pengemudi atau penumpang yang langsung masuk ke dalam mobil bisa terkena paparan gas buang yang membahayakan kesehatan tersebut.

Apabila Anda tetap ingin menghidupkan AC dan mesin mobil ketika parkir, cara aman agar Anda bisa terhindar dari gas beracun tersebut yaitu dengan membuka jendelanya.

Dengan membuka jendela mobil, maka gas buang yang ada dalam kabin bisa terdorong keluar lewat jendela mobil yang terbuka.

Selain itu, sirkulasi udara juga akan menjadi tetap lancar. Dengan demikian, pernapasan orang yang ada dalam kabin mobil tidak akan terganggu.

Selain itu, ketika Anda meninggalkan mobil yang terparkir dalam kondisi AC menyala, maka saat akan masuk mobil Anda bisa membuka pintu dan mengeluarkan gas buang yang ada dalam mobil tersebut.

Baru setelah itu Anda bisa masuk ke mobil, sehingga tidak keracunan gas beracun yang tersisa.

Baca Juga: AC Mobil Panas Tiba-Tiba? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Menyalakan AC Saat Mobil Jalan

Perlu Anda pahami, permasalahan ini tidak akan terjadi jika Anda menyalakan AC saat mobil dalam keadaan berjalan.

Sebab, ketika mengendarai mobil atau mobil berjalan, gas buang yang berasal dari mobil tersebut tidak akan ikut naik dan masuk ke dalam kabin mobil.

Sebab, gas buang yang beracun tersebut sudah keluar dan ikut terdorong ke belakang mobil lewat knalpot.

Maka dari itu, apabila Anda ingin menyalakan AC mobil saat parkir dalam kondisi mesin menyala, sebaiknya Anda tidak melakukannya dalam waktu yang lama. (R10/HR-Online)

Cek berita dan artikel HarapanRakyat.com yang lain di Google News