Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita TerbaruPembagian Iklim Matahari di Bumi, Berikut Ini Penjelasannya!

Pembagian Iklim Matahari di Bumi, Berikut Ini Penjelasannya!

Pembagian iklim matahari terbagi menjadi 4 kelompok. Iklim matahari ini terbagi ke seluruh wilayah di Bumi. Keberadaan iklim matahari di suatu wilayah akan mempengaruhi kehidupan di dalamnya.

Iklim sendiri memiliki definisi sebagai keadaan atau kondisi di suatu wilayah yang luas dan dalam periode waktu lama. Selain itu, iklim juga berarti ukuran rata-rata cuaca di suatu wilayah dalam periode waktu tertentu.

Perbedaan iklim di suatu wilayah akan mempengaruhi makhluk hidup yang ada di dalamnya. Adapun salah satu klasifikasi iklim adalah iklim Matahari.

Baca Juga: Gaya Gravitasi Matahari Sangat Kuat, Ketahui Penyebabnya!

Inilah Pembagian Iklim Matahari!

Iklim matahari merupakan pembagian atau klasifikasi iklim berdasarkan pada intensitas panas matahari yang diterima oleh permukaan Bumi.

Sudah dijelaskan sebelumnya, definisi dari iklim matahari merupakan penjumlahan jangka panjang dari unsur-unsur pada atmosfer selama periode waktu singkat yang bernama cuaca.

Daerah yang berada di lintang tropis akan memperoleh sinar matahari lebih banyak, sedangkan daerah dekat kutub/lintang tinggi mendapatkan lebih sedikit sinar matahari.

Iklim matahari ini menjadi klasifikasi iklim yang paling umum. Berikut ini macam-macam iklim matahari:

Iklim Pertama

Paling pertama ada iklim tropis, berada di sekitar khatulistiwa, garis lintang antara 23,5 derajat LU sampai 23,5 derajat LS.

Pada umumnya, wilayah ini mendapatkan penyinaran Matahari sepanjang tahun dan hanya terbagi menjadi dua musim, yaitu penghujan dan kemarau. Contoh wilayah iklim tropis adalah Indonesia.

Baca Juga: Matahari Memasuki Masa Lockdown, Bumi Bakal Kena Dampaknya

Iklim Sub Tropis

Selanjutnya ada iklim sub tropis yang terletak di 23,5 derajat LU-35 derajat LU dan 23,5 derajat LS-35 derajat LS. Sinar matahari akan terasa sangat panas ketika berada di titik lintang ini.

Di sisi lain, musim dinginnya tidak akan terlalu terasa atau hanya sejuk saja. Daerah ini memiliki 4 musim yaitu semi, panas, gugur, dan musim dingin.

Iklim Sedang

Untuk pembagian iklim matahari selanjutnya adalah iklim sedang. Wilayah iklim sedang terletak pada 35 derajat LU-66 derajat LU dan 35 derajat LS-66,5 derajat LS.

Daerah ini pada umumnya memiliki rentang suhu lebih luas di sepanjang tahun. Perubahan musim panas dan dingin biasa sejuk, tidak terlalu panas maupun terlalu dingin.

Baca Juga: Kenapa Matahari Tenggelam? Ini Dia Penjelasannya dalam Sains!

Iklim Dingin

Terakhir dalam kelompok iklim matahari adalah iklim dingin yang terletak di 66,5 derajat LU-90 derajat LU dan juga 66,5 derajat-90 derajat LS.

Sehingga, pada daerah beriklim dingin ini memiliki musim panas yang kurang. Hampir setiap bulan pada wilayah beriklim kutub memiliki suhu rata-rata kurang dari 10 derajat Celcius.

Di wilayah ini juga waktu siang dan malam tidak menentu dan bisa terjadi sepanjang hari, tergantung dari posisi Bumi dan matahari saat terjadi rotasi atau berevolusi.

Kebanyakan orang pasti akan lebih familiar oleh pembagian iklim matahari ini daripada yang lainnya. Itu karena memang istilah iklim di atas seringkali terdengar di kehidupan sehari-hari. (R10/HR-Online)