Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita CiamisPemkab Ciamis Bagikan Ribuan DOC Ayam Sentul ke Peternak Selama 2022

Pemkab Ciamis Bagikan Ribuan DOC Ayam Sentul ke Peternak Selama 2022

harapanrakyat.com,- Selama tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis melalui Dinas Peternakan dan Perikanan telah membagikan ribuan ekor DOC (day old chick) ayam sentul kepada sejumlah kelompok peternak.

Hal tersebut sebagai bukti keseriusan Pemkab Ciamis dalam melakukan pengembangan ayam sentul sebagai ayam khas Ciamis.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis Syarief Nurhidayat mengatakan pihaknya saat ini mengembangkan dua jenis ayam sentul. Yakni ayam sentul batu dan ayam sentul debu.

Dari hasil pengembangan Balai Pembibitan Ayam Sentul, pihaknya telah berhasil menghasilkan ribuan DOC ayam Sentul.

“Hasil anakannya atau DOC ayam sentul kami bagikan kepada para kelompok peternak Ciamis,” ujar Syarief Nurhidayat, Kamis (1/12/2022).

Baca Juga: Potensi Ayam Sentul Asli Ciamis Sangat Tinggi di Pasaran

Syarief menjelaskan saat ini Pemkab Ciamis telah mempunyai Indukan ayam sentul batu dan sentul debu sebanyak 600 ekor jantan dan 100 ekor betina. Setiap bulannya selalu mengalami produksi telur hingga penetasan.

“Kebetulan dalam menetaskan telur kita mempunyai beberapa mesin tetas. sehingga induk ayam sentul tidak melakukan pengeraman,” katanya.

Syarief mengungkapkan untuk mekanisme penyebaran ayam sentul kepada Kelompok yaitu harus mengajukan terlebih dahulu proposal. Nantinya akan ada proses verifikasi lapangan oleh tim teknis.

“Setelah lolos bahwa kelompok itu benar adanya maka pihak akan memberikan bantuan DOC ayam sentul sebanyak 200 ekor. Namun kelompok harus besabar menunggu permohonan, karena produksi ayam sentul Ciamis masih sangat terbatas,” pungkasnya. (Fahmi/R9/HR-Online/Editor-Dadang)