Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita TerbaruPenyebab Kamera HP Buram, Lensa yang Kotor dan Berembun

Penyebab Kamera HP Buram, Lensa yang Kotor dan Berembun

Penyebab kamera HP buram perlu diketahui. Sebab, jika Anda tahu penyebabnya, maka akan dengan mudah mengatasi kamera HP yang buram tersebut. Ada berbagai faktor yang menjadikan kamera HP buram.

Kamera sendiri merupakan komponen penting pada sebuah smartphone. Fungsi dari kamera adalah untuk mengabadikan berbagai momen. Baik dalam bentuk foto maupun video.

Terlepas dari begitu banyaknya fitur kamera keren di ponsel pintar, permasalahan kamera tidak jernih, buram, cenderung noise, bahkan tampak gelap tentu merupakan hal yang paling dihindari.

Hal tersebut kadang kala terjadi di antara para pengguna ponsel Android. Tentu saja bagi yang memiliki hobi selfie atau memotret, ini adalah masalah yang bikin repot.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Kamera HP Error, Ini Solusi Mudahnya!

Ketahui Penyebab Kamera HP Buram Berikut Ini!

Sebagian dari Anda mungkin pernah mengalami kamera buram ketika hendak memotret. Hal tersebut pastinya menjadikan Anda jengkel, bukan?

Sebab, kamera ponsel yang ingin Anda pergunakan untuk memotret menjadi terkendala. Saat Anda membuka kamera handphone menjadi buram, maka gambar maupun objeknya pun terlihat kabur.

Sehingga Anda mesti segera mengatasinya supaya dapat menghasilkan foto maupun video yang berkualitas. Semua tipe smartphone dapat mengalami permasalahan serupa.

Baik buatan Vivo, Xiaomi, Samsung, Infinix, Realme, Oppo, dan berbagai merek yang lain. Tentu banyak yang bertanya-tanya, mengapa kamera ponselnya menjadi buram. Padahal sebelumnya tampak baik-baik saja.

Tidak jarang juga ada yang merasa panik serta menganggap kamera HPnya mengalami kerusakan. 

Padahal yang menyebabkan kamera buram belum tentu karena rusak. Masih banyak faktor lain yang dapat menjadikan kamera HP buram.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa penyebab kamera HP buram yang perlu Anda ketahui.

Terdapat Banyak Minyak atau Sidik Jari pada Lensa Kamera

Ketika Anda memasukkan ponsel ke dalam tas atau saku, HP akan bersentuhan dengan debu maupun serat. Nah, saat mengeluarkannya, terdapat kemungkinan jika Anda menyentuh kamera serta melihat terdapat sidik jari di lensanya.

Alangkah baiknya apabila Anda membersihkan lensa kameranya lebih dulu sebelum memotret. Sesudah membersihkannya, cobalah untuk mengambil gambar lalu cek apakah hasilnya masih buram.

Baca Juga: Cara Menyimpan Video CCTV ke HP dengan Mudah, Anti Ribet!

Terdapat Air di Kamera

Untuk Anda yang punya HP dengan rating IP68 tentu tak akan ragu memasukkan ponsel ke dalam air. Tetapi, hal tersebut bisa berbahaya.

Pasalnya, kerap kali air masuk ke dalam kamera dan menjadikan lensanya mengembun. Apabila hal itu terjadi, jangan heran jika kamera jadi buram saat Anda pergunakan untuk memotret foto maupun merekam video.

Embun biasanya akan hilang dengan sendirinya. Anda hanya perlu bersabar menanti hingga embun itu menghilang.

Apabila ternyata tidak hilang, solusi terakhir yakni Anda mesti membongkar back cover smartphone. Kemudian bersihkan embun pada lensa tersebut.

Pencahayaan Kurang

Penyebab kamera HP buram berikutnya yaitu karena kondisi pencahayaan yang kurang bagus. Kamera smartphone punya batasan di dalam mengambil foto pada kondisi minim cahaya.

Apabila minim pencahayaan, maka cahaya yang masuk ke lensa pun akan berkurang. Sehingga hasil fotonya juga terlihat buram.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan fitur “Night Mode” yang terdapat pada hampir semua smartphone rilisan terbaru. Hasilnya memang tidak sebagus ketika memotret saat siang hari.

Tetapi, hal tersebut tidak menjadi masalah selama hasil fotonya tampak lebih terang.

Tangan Goyang Ketika Memotret

Kestabilan tangan ketika mengambil foto sangatlah penting. Apabila tangan goyang atau tidak stabil, dapat menyebabkan foto menjadi blur (buram). 

Biasanya, hal tersebut terjadi pada ponsel yang belum lengkap dengan OIS (stabilizer). Jika smartphone Anda belum punya OIS, sebaiknya gunakan tripod. Sehingga, foto yang Anda ambil dan video yang Anda rekam lebih stabil.

Menggunakan tripod memang ribet. Solusi lainnya yaitu menstabilkan tangan bergerak ketika mengabadikan setiap momen supaya hasilnya tidak buram.

Baca Juga: Cara Mengubah DPI Foto di Android, Praktis untuk Pemula

Kamera Tidak Fokus

Penyebab kamera HP buram lainnya adalah karena kamera yang tidak fokus. Rata-rata smartphone sudah lengkap dengan fitur autofocus yang menjadikan kamera dapat membidik titik fokus tertentu.

Dengan fitur ini, hasil foto bisa terhindar dari blur atau buram. Tetapi, kerap kali kamera mengalami miss focus akibat objek bergerak maupun penyebab yang lain.

Apabila sudah miss fokus, hasil jepretan foto maupun rekaman video tentu tidak akan bagus. Sehingga, tentukan lebih dulu titik fokus ketika mengambil foto.

Nah, itulah beberapa penyebab kamera HP buram. Kamera ponsel yang buram tidak selalu karena ada kerusakan. Akan tetapi, bisa juga akibat lensa yang kotor atau berembun. (R10/HR-Online)