Kamis, Desember 8, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Klakson Mobil Bunyi Terus, Segera Lakukan Hal Ini!

Penyebab Klakson Mobil Bunyi Terus, Segera Lakukan Hal Ini!

Penyebab klakson mobil bunyi terus cukup membingungkan. Ketika klakson mobil bunyi terus, maka jangan panik dulu. Anda bisa mencari penyebab masalah pada komponen mobil ini.

Mencari penyebab pastinya akan sangat membantu untuk menyelesaikan masalah. Ketika Anda sudah mengetahui penyebab klakson yang terus berbunyi, maka bisa langsung mencari jalan keluarnya.

Untuk melakukan hal tersebut, tentu saja Anda harus dalam keadaan tenang. Sebab, kepanikan bisa membuat segalanya runyam seketika.

Baca Juga: Pasang Relay Klakson yang Benar, Berikut Langkah-langkahnya!

Penyebab Klakson Mobil Bunyi Terus dan Cara Mengatasinya!

Klakson merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Komponen ini bisa mengeluarkan suara yang lantang dan dapat pengendara lain dengar.

Pastinya klakson mobil tidak dapat berbunyi sendiri. Anda harus menekan bagian tengah steering wheel atau roda kemudi agar klakson bisa berbunyi.

Namun demikian, klakson ternyata bisa saja mengalami error. Klakson bisa tiba-tiba berbunyi secara terus-menerus sehingga sangat mengganggu.

Selain itu, klakson yang terus berbunyi juga bisa sangat memalukan karena mobil akan menjadi perhatian para pengguna jalan, sedangkan itu bukanlah suatu hal yang bagus.

Apa Fungsi Bel pada Kendaraan?

Bel kendaraan atau klakson merupakan komponen yang sama. Tanpa kita semua sadari, keberadaan klakson ini sangatlah penting.

Fungsi utama klakson pada mobil adalah untuk memberikan isyarat kepada orang lain. Seperti misalnya untuk penyeberangan jalan, pejalan kaki, dan juga pengendara lain.

Pengendara biasanya akan membunyikan klakson saat akan menyalip kendaraan lain. Pastinya karena untuk peringatan, maka klakson memiliki suara yang cukup besar.

Itulah kenapa, klakson hanya dibunyikan saat tertentu saja. Sayangnya, komponen mobil ini sering mengalami masalah seperti terus berbunyi.

Untuk bisa mengatasi hal itu, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab klakson mobil bunyi terus.

Penyebab Klakson Bermasalah

Semua komponen pastinya memiliki peran mereka masing-masing. Oleh karena itu, perawatannya tentu tidak akan sama.

Klakson mobil sebagai salah satu komponen penting juga harus Anda rawat dengan rutin. Setidaknya Anda harus sering mengecek performa dari klakson tersebut.

Karena jika tidak, maka bisa saja terjadi kesalahan atau kerusakan pada klakson mobil. Salah satu jenis kerusakan yang sangat mengganggu adalah klakson yang terus menyala.

Jika ini terjadi, maka Anda harus segera mengatasinya agar tidak mengganggu orang lain. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari penyebab klakson mobil bunyi terus.

Biasanya, masalah ini terjadi karena adanya kegagalan saklar yang ada pada kemudi dan relay. Kegagalan ini bisa terjadi pada dua tempat dan berdampak ke fungsi klakson yang menjadi tidak maksimal.

Baca Juga: Cara Mengatasi Klakson Mobil Mati Termudah dan Pencegahannya!

Cara Mengatasi Klakson Mobil yang Tidak Bisa Berhenti

Apabila sudah mengetahui apa saja penyebab dari klakson mobil yang bermasalah, saatnya Anda mengetahui cara mengatasinya. biasanya, korsleting dapat terjadi karena kesalahan tidak serius.

Oleh sebab itu, langkah penanganannya pun juga cukup mudah. Berikut ini langkah yang harus Anda lakukan:

1. Menepi Terlebih Dahulu

Ketika klakson terus berbunyi secara tiba-tiba, maka pasti fokus Anda akan terbagi. Jadi, lebih baik Anda menepi terlebih dahulu agar tidak mengganggu kendaraan lain.

Carilah tempat yang tepat karena bisa saja proses yang akan Anda lakukan memakan waktu lama.

2. Mencari Posisi Sekring

Setelah berhasil menepi, langkah untuk mengatasi penyebab klakson mobil bunyi terus selanjutnya adalah dengan mencari posisi sekring yang biasanya berada di area mesin mobil.

Jika Anda masih bingung, maka bisa cari tulisan klakson. Apabila sudah ketemu, segera cabut bagian tersebut agar klakson terhenti.

3. Mencabut Baterai Aki Mobil

Apabila Anda tidak bisa menemukan sekring, maka sebaiknya cabut baterai aki mobil saja. Langkah ini sebenarnya akan lebih mudah untuk dilakukan.

Anda hanya perlu mematikan suara klakson terlebih dahulu agar tidak mengganggu pengguna jalan lain. Mencabut aki menjadi langkah yang paling mudah.

Baca Juga: Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi, Bisa Jadi Karena 4 Masalah Ini

4. Bawa Mobil ke Bengkel

Sekring mobil yang tercabut sebaiknya tidak Anda biarkan terlalu lama karena akan menimbulkan masalah baru.

Oleh karena itu, segera bawa mobil ke bengkel terdekat untuk penanganan lebih lanjut. Dengan membawanya ke bengkel, maka penyebab klakson mobil bunyi terus bisa segera teratasi. (R10/HR-Online)