Senin, Desember 4, 2023
BerandaBerita TerbaruPenyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi yang Paling Umum

Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi yang Paling Umum

Penyebab klakson mobil tidak bunyi tidak hanya satu. Ada beberapa yang menyebabkan klakson mobil tidak bisa bunyi. Mengetahui sumber masalah dari komponen mobil ini membuat Anda bisa memperbaikinya segera.

Sebagai bagian dari kendaraan, pastinya klakson akan memiliki tugas atau fungsinya sendiri. Ketika terjadi masalah pada klakson, maka tentu saja akan sangat mengganggu.

Satu permasalahan klakson yang cukup sering terjadi adalah mati secara tiba-tiba. Tidak jarang klakson mobil akan mati ketika berada di jalan, padahal sebelumnya masih baik-baik saja.

Jika sudah begini, maka pastinya Anda harus sebisa mungkin mengembalikan klakson ke kondisi semula. Sehingga bisa menjalankan fungsinya seperti biasa.

Baca Juga: Jenis Klakson Mobil, Wajib Tahu Beragam Pilihannya!

4 Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi

Klakson kendaraan berfungsi sebagai alat komunikasi para pengendara ketika ada di jalan. Komponen kendaraan satu ini sangat penting karena bisa menjadi pengingat.

Bahkan ketika Anda ingin menyalip kendaraan pun bisa menggunakan klakson ini. Gunanya adalah agar pengendara di depan mengetahui bahwa Anda ingin mendahului, sehingga risiko kecelakaan semakin mengecil.

Hampir setiap kendaraan pasti memiliki klakson, termasuk kendaraan roda empat atau mobil. Pastinya klakson pada mobil ini juga memiliki ciri khas suara sendiri.

Biasanya klakson mobil akan memiliki suara lebih keras dari pada sepeda atau sepeda motor. Namun, apa jadinya jika klakson mati begitu saja?

Pada kenyataannya, kondisi ini cukup sering terjadi. Klakson mobil bisa saja tidak mau mengeluarkan bunyi padahal sebelumnya baik-baik saja.

Apabila klakson mati, maka berkendara pastinya jadi lebih merepotkan. Tidak perlu khawatir, Anda bisa memperbaikinya sesuai dengan penyebab klakson mobil tidak bunyi. Berikut penjelasannya.

Terjadi Masalah pada Switch Klakson

Kemungkinan penyebab klakson mobil tidak berbunyi yang pertama adalah terjadi masalah pada switch kendaraan. Switch kendaraan ini terletak di tombol klakson, berdekatan langsung dengan setir kendaraan.

Agar klakson dapat berfungsi kembali, maka Anda harus memperbaiki letak switch yang bermasalah tersebut dengan membuka setir mobil.

Sebaiknya pilih bengkel terpercaya untuk membongkarnya karena bisa saja terkena tinju airbag saat terbongkar.

Baca Juga: Penyebab Klakson Mobil Bunyi Terus, Segera Lakukan Hal Ini!

Terjadi Kerusakan pada Sekring

Kemungkinan penyebab klakson mobil tidak bunyi selanjutnya adalah terdapat masalah pada sekring. Ini merupakan suatu komponen yang berfungsi untuk mengamankan rangkaian listrik agar mobil tidak kelebihan muatan atau daya.

Saat sekring mengalami kerusakan maupun kabel terputus, maka hal ini akan berdampak pada sistem kelistrikan klakson. Akibatnya, suara akan melemah bahkan bisa mati total.

Klakson yang Rusak

Penyebab lainnya dari klakson yang tidak mampu mengeluarkan bunyi adalah bisa jadi karena komponen itu sendiri. Kemungkinan, klakson sudah tidak dalam kondisi bagus lagi.

Untuk membuktikannya, Anda bisa melakukan tes dengan pemberian arus listrik. Lakukan langkah berikut ini:

  1. Hubungkan alat probe untuk mengukur elektronik mendekat ke bagian kabel klakson.
  2. Pasangkan kabel jumper agar kedua ujung terminal baterai positif dan bagian lain pada klakson dapat terhubung.
  3. Sentuhkan kawat jumper ke ujung bagian klakson. Lakukan ini dengan cepat agar kawat tidak terlalu lama bersentuhan dengan klakson.

Apabila saat dilakukan hal ini klakson tetap tidak mengeluarkan bunyi, maka artinya memang penyebab klakson mobil tidak bunyi adalah kerusakan pada komponen itu sendiri.

Baca Juga: Klakson Keong Terbaik, Suara Khas dengan Volume yang Keras

Relay Klakson yang Bermasalah

Kemungkinan terakhir kenapa klakson mobil tidak bisa berbunyi adalah karena relaynya bermasalah. Ini hanya bisa terjadi pada mobil yang memiliki relay.

Sebab, memang tidak semua mobil memilikinya. Rela sendiri memiliki fungsi yang hampir sama seperti sekring dalam sistem kelistrikan mobil.

Komponen satu ini berperan sebagai jembatan yang akan menghubungkan antara arus listrik dengan baterai pada mobil. Biasanya, relay yang sudah dalam kondisi kotor atau usang akan mempengaruhi klakson.

Jika hanya kotor, maka Anda masih bisa membersihkannya saja. Namun, jika relay mobil sudah rusak artinya Anda harus segera menggantinya dengan yang baru agar sistem kelistrikan mobil bisa kembali bekerja, termasuk klaksonnya.

Beberapa penyebab klakson mobil tidak bunyi perlu Anda ketahui. Anda harus melakukan pengecekan satu per satu terhadap komponen yang terhubung dengan klakson untuk mengetahui penyebab kerusakan yang pasti dan bisa segera memperbaikinya. (R10/HR-Online)

Cek berita dan artikel HarapanRakyat.com yang lain di Google News