Kamis, Februari 9, 2023
BerandaBerita TerbaruPintu Garasi Minimalis, Pilihan Terbaik untuk Rumah Elegan & Modern

Pintu Garasi Minimalis, Pilihan Terbaik untuk Rumah Elegan & Modern

Pintu garasi minimalis harus sesuai dengan konsep rumah. Dengan begitu, maka pintu garasi akan memberikan kesan elegan meski tampil minimalis. Model pintu garasi ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki rumah minimalis.

Sebagian besar rumah saat ini sudah memiliki garasi. Ini sebenarnya merupakan ruangan yang biasanya terpisah dengan bagian inti rumah.

Garasi biasanya berada di bagian samping rumah atau ada juga yang di bagian bawah. Ruangan ini berfungsi untuk menyimpan berbagai jenis kendaraan dari pemilik rumah.

Baca Juga: Model Pintu Minimalis dari Kayu, Ciptakan Gaya Unik dan Berkualitas!

Berbagai Desain Pintu Garasi Minimalis untuk Anda!

Dalam membangun rumah, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Apabila Anda memiliki kendaraan, maka sudah pasti harus menghadirkan garasi.

Tujuan dari menggunakan garasi sebenarnya adalah agar dapat melindungi kendaraan. Saat ini, sudah banyak model dan jenis pintu garasi yang bisa Anda jadikan referensi.

Pemilihan pintu garasi ini sangat penting karena dapat menentukan tampilan keseluruhan rumah. Tentunya Anda tidak mau pintu garasi merusak tampilan hunian yang sudah indah bukan.

Apa Fungsi dari Garasi?

Dalam menentukan model pintunya, Anda juga harus menyesuaikan hal tersebut dengan fungsi garasi itu sendiri.

Garasi merupakan bagian rumah yang menjadi tempat penyimpanan kendaraan maupun berbagai perlengkapan lainnya. Dengan garasi, maka kendaraan dapat terhindari dari pencurian hingga cuaca buruk yang dapat merusaknya.

Biasanya garasi akan berada di samping rumah, sehingga keberadaannya sangat terlihat. Karena sebagai tempat kendaraan, maka pintu garasi juga harus sesuai.

Pintu garasi dapat terbuka lebar, ada juga yang mampu terbuka secara manual. Anda bisa mencari pintu garasi minimalis yang sesuai dengan karakter rumah agar menambah nilai estetikanya.

Pilihan Model Pintu Garasi

Penggunaan pintu pada garasi berfungsi untuk memberikan perlindungan ekstra. Keberadaan pintu akan menambah keamanan kendaraan di dalam garasi.

Seiring berjalannya waktu, ada model pintu galaksi mulai beragam. Berikut ini beberapa inspirasinya.

Baca Juga: Pintu Garasi Minimalis Berikan Kesan Elegan dan Modern Sebuah Hunian

1. Pintu Garasi Sliding

Jenis pintu garasi ini dapat Anda geser ke arah samping. Pintu sliding menjadi rekomendasi karena menampilkan kesan minimalis dan modern.

Umumnya, pintu sliding menggunakan jalur vertikal pada sisi garasi dan jalur horizontal di bagian langit-langitnya.

2. Pintu Garasi Kaca

Material kaca menjadi salah satu yang tidak kalah populer. Pemilih rumah modern biasanya menggunakan pintu kaca untuk garasi karena memberikan kesan yang elegan.

3. Pintu Garasi Kayu

Kayu memberikan nuansa sederhana dan minimalis. Desainnya yang simpel membuatnya cocok untuk dijadikan pintu garasi.

Material kayu yang kuat akan melindungi kendaraan secara maksimal dari berbagai cuaca. Itulah kenapa pintu garasi minimalis kayu menjadi hal yang cukup umum.

4. Nuansa Rustic

Pintu garasi satu ini dapat Anda buka dengan cara menariknya. Pemilihan kayu bisa menambahkan kesan rustic pada garasi secara keseluruhan.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan tambahan tembok batu.

5. Pintu Garasi Besi

Desain pintu ini memiliki perawatan yang cukup mudah dan memiliki banyak pilihan warna serta motif. Tidak mengherankan jika banyak orang yang memilih besi sebagai bahan pintu garasi mereka.

6. Pintu Roller

Model pintu garasi satu ini mungkin sudah sangat umum. Pintu garasi roller menggunakan bahan yang ringan sehingga sistem bukaannya mampu terangkat ke atas dengan mudah sehingga menciptakan nuansa minimalis dan modern.

7. Garasi Satu Pintu

Pilihan pintu garasi minimalis terakhir untuk Anda adalah penggunaan satu pintu. Model pintu ini menjadi pilihan terbaik apabila Anda memiliki rumah dengan lahan terbatas. Model satu pintu akan membuat garasi tampak lebih luas dari ukuran aslinya.

Baca Juga: Model Rumah Pagar Minimalis dengan Berbagai Tampilan Menarik

Berapa Ukuran Garasi?

Selain memiliki bentuk atau jenis pintu yang berbeda-beda, garasi minimalis juga memiliki berbagai ukuran. Garasi minimalis bisa disesuaikan dengan ukuran rumah.

Namun, pada umumnya terdapat tiga ukuran garasi yang sudah menjadi standar. Pertama ada ukuran garasi untuk mobil kecil seperti city car, sedan, atau LCGC yang memiliki ukuran panjang 4,3 – 4,9 meter, lebar 1,5 – 1,8 meter, dan tinggi 1,2 – 1,5 meter.

Kemudian ada garasi untuk mobil berukuran sedang seperti SUV medium. Panjang garasi ini adalah 4,8 – 5,5 meter, lebar 1,7 – 1,9 meter, dan tinggi 1,4 – 1,8 meter.

Terakhir ada garasi untuk mobil-mobil besar dengan panjang 4,9 – 6 meter, lebar 1,8 – 2,2 meter, dan juga tinggi 1,5 – 1,8 meter. Andapun bisa menyesuaikan ukuran pintu garasi minimalis sesuai dengan ukurannya tersebut. (R10/HR-Online)