Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita CiamisRechecking Lomba PKK Gagah Bencana, Ini Pesan Bupati Ciamis

Rechecking Lomba PKK Gagah Bencana, Ini Pesan Bupati Ciamis

harapanrakyat.com,- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya ikut hadiri kegiatan rechecking lomba PKK Gagah Bencana atau Gerakan Keluarga Sehat Tanggal dan Tangguh Bencana. Kegiatan dilaksanakan di Dusun Cikembang, Desa Selamanik, Kecamatan Cipaku, Rabu (30/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menegaskan mengikuti lomba dan menjadi juara bukan tujuan utama. Namun lebih kepada peningkatan motivasi dan dorongan kesiapsiagaan keluarga dalam menghadapi bencana. Sekaligus motivasi untuk masyarakat dalam melakukan perilaku hidup bersih sehat dan lingkungan hidup bersih sehat.

“Kita ikuti rechecking lomba PKK Gagah Bencana ini, tapi bukan sekadar ingin jadi juara atau meraih penghargaan. Tapi dengan kegiatan ini bisa memberi dorongan dan motivasi kepada masyarakat agar keluarga siap menghadapi berbagai kemungkinan bencana,” ungkap Herdiat.

Menurut Herdiat, kegiatan ini juga sebagai upaya mempersiapkan masyarakat terutama respon dalam menghadapi bencana. Mengingat saat ini kondisi cuaca cukup ekstrim.

Baca Juga: Jadi Juara 1 Lomba Posyandu di Jabar, TP PKK Ciamis Dikunjungi PKK Sukabumi

“Selain siap menghadapi bencana juga bagaimana masyarakat agar berprilaku hidup sehat dari mulai menata lingkungan rumah,” katanya.

Herdiat pun mengaku bersyukur, mayoritas penduduk Ciamis adalah petani. Sehingga bisa menerapkan pola tanam tepat guna, untuk menjaga ketahanan pangan. Petani pun berjasa dalam menekan informasi dan mempertahankan laju pertumbuhan ekonomi.

“Petani Ciamis harus dapat menerapkan pola tanam tepat guna. Salah satu yang dapat mengatasi rawan pangan adalah petani,” jelasnya.

Sementara itu, Ricki Herdiansyah, Ketua Tim Rechecking Jawa Barat, mengatakan lomba PKK Gagah Bencana ini sudah launching sejak 14 Maret 2022. Kemudian TP PKK daerah kota/kabupaten menindaklanjutinya.

“Dengan rechecking ini dapat menetapkan pelaksana terbaik untuk setiap jenis kegiatan,” jelasnya. (R9/HR-Online/Editor-Dadang)