Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TasikmalayaSaung Hegarsari Tasikmalaya, Surganya Olahan Gurame

Saung Hegarsari Tasikmalaya, Surganya Olahan Gurame

Jika sedang mencari olahan gurame yang sedap, maka Saung Hegarsari Tasikmalaya adalah tempatnya.

Rumah makan tradisional dengan konsep lesehan ini berada di Jalan BKR nomor 68, Kahuripan, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat yang dapat dilewati oleh rute ke arah Dadaha. Lokasinya berada di samping Alfamart BKR atau seberang Mie Baso Jul-Jol.

Masakan Sunda merupakan salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia, khususnya bagi masyarakat Jawa Barat.

Baca Juga: Kedai Hongdae Tasikmalaya, Masakan Korea Harga Mahasiswa

Ciri dari masakan ini adalah bahan-bahan yang segar, lalap dengan sambal, serta karedok yang menjadi kegemaran orang Sunda. Menyantap makanan dengan sayuran mentah juga membuat sajian terasa lengkap.

Ngaliwet di Saung Hegarsari Tasikmalaya

Untuk merencanakan acara perkumpulan keluarga atau teman, berikut ini ada beberapa poin menarik yang ada di Saung Hegarsari Tasikmalaya.

Pastikan kamu membawa uang tunai ya, karena saat ini kasir hanya menerima pembayaran cash saja. Sebagai catatan, di dalam Alfamart BKR tersedia mesin ATM BCA.

Rumah Makan Bergaya Lesehan

Saat memasuki area Saung Hegarsari Tasikmalaya, pelanggan bisa menemukan taman kecil dengan jalan setapak di tengah-tengah.

Pelanggan bisa memilih tempat duduk dengan kursi atau lesehan. Kalau jumlah orangnya ada banyak, biasanya pelanggan memilih lesehan di gazebo yang terbagi-bagi dengan sekat bambu.

Terdapat beberapa pohon yang menghalau panas matahari, sehingga terasa sedikit sejuk saat siang hari. Umumnya, masyarakat Sunda terbiasa mencuci tangan dengan kobokan sebelum menyantap makanan.

Akan tetapi, rumah makan ini menyediakan sarana mencuci tangan dengan kran air bersih dan sabun anti bakteri di setiap partisi gazebo sehingga higienitas lebih terjamin.

Suasana di Saung Hegarsari Tasikmalaya akan terasa lebih hidup di malam hari, karena lampu-lampu dekorasi yang menyala menjadikan seluruh area tampak indah. Rumah makan ini pun terbilang ramah anak karena menyediakan sarana bermain.

Makan Nasi Liwet, Sate Maranggi, dan Olahan Gurame

Salah satu kegiatan seru yang menjadi budaya masyarakat Sunda adalah ngaliwet atau menyantap nasi liwet. Pelanggan yang datang berkelompok bisa memesan Nasi Liwet sesuai jumlah orang yang hadir.

Pesanan akan dimasak menggunakan tungku dengan bumbu sereh, laos, serta daun salam yang membuat nasi menjadi wangi.

Baca Juga: Dadaha Junction Tasikmalaya, Foodcourt di Komplek Olahraga

Hidangan yang populer dari Saung Hegarsari Tasikmalaya salah satunya Sate Maranggi, dengan harga Rp 40 ribu per porsi.

Menu sate ini terbuat dari daging sapi dengan bumbu rempah-rempah khas Sunda, dan laris manis setiap akhir pekan. Agar tidak kehabisan, pelanggan selalu melakukan booking terlebih dulu melalui telepon sebelum datang ke tempat.

Selain itu, ada aneka olahan ikan gurame yang memadukan rasa asam manis, asam gurih, dan pedas. Pelanggan bisa memesan Gurame Bakar, Gurame Goreng, atau Sop Gurame yang cukup banyak dipesan. Sedangkan untuk minumannya, pelanggan bisa mendapatkan teh panas secara gratis. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)