Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita TerbaruSejarah Buah Tin dalam Al Quran dan Segudang Manfaatnya

Sejarah Buah Tin dalam Al Quran dan Segudang Manfaatnya

Sejarah buah tin dalam Al Quran menjadi pembelajaran yang sangat berharga bagi kita akan kuasa Allah SWT. Dalam Al Quran dan sejarah Islam seringkali kita jumpai kisah mengenai buah-buahan. Buah tin tercantum dalam Al Quran sebagai buah tanpa biji.

Tak hanya sejarahnya, buah tin juga memiliki segudang manfaat. Hal inilah yang membuat buah tin sebagai salah satu buah yang istimewa.

Sejarah Buah Tin dalam Al Quran, Tercantum dalam Surat At-Tin

Buah tin disebutkan dalam Quran Surat At-Tin ayat pertama. Beberapa ulama memberikan penafsiran mengenai ayat tersebut.

Baca juga: Bukit Sinai dalam Surat At-Tin, Sumpah Allah & Tempat Bersejarah

Sejumlah ulama berpendapat dan menafsirkan, bahwa terjemahan dalam ayat tersebut merupakan buah tin itu sendiri. Akan tetapi, beberapa ulama lainnya memberikan penafsiran lain.

Kata tin atau at-tin dalam Quran Surat At-Tin merupakan julukan atau sebutan untuk nama tempat. Seperti halnya, masjid, gunung, bukit, maupun tempat-tempat lainnya.

Sebutan buah tin yang termuat dalam Al Quran ini juga merupakan isyarat dari Allah SWT. Di mana, buah tersebut memiliki banyak manfaat bagi hamba-hambaNya.

Keutamaan Surat At-Tin

Selain sejarah buah tin dalam Al Quran, surat At-Tin memiliki banyak keutamaan. Buah tin dan buah zaitun adalah dua jenis buah yang memiliki banyak manfaat.

Hal inilah yang membuat kita dianjurkan untuk menanam kedua buah tersebut. Keutamaan lainnya, Allah SWT akan memberikan kemuliaan kepada manusia dengan menciptakan manusia dengan bentuk yang sebaik-baik dari makhluk Allah SWT lainnya.

Allah SWT telah memberikan kemuliaan kepada seorang muslim saat menerima perpanjangan usia. Saat manusia memasuki usia senja, amalan dari muslim tersebut tetap tercatat seperti ia ketika masih muda.

Luar biasanya lagi, Allah SWT senantiasa memberikan kebaikan dan juga menjauhkan manusia dari keburukan serta kemungkaran.

Manfaat Membaca Surat At-Tin

Tak hanya mendapatkan manfaat dengan mengetahui sejarah buah tin dalam Al Quran. Bagi siapa saja yang membaca dan mengamalkan kandungan surat ini, maka mendapatkan limpahan manfaat dan pahala.

Baca juga: Awal Penulisan Al Quran, Begini Sejarah dan Penjelasannya!

Setiap orang yang membaca surat At-Tin, mendapatkan surga dari Allah SWT. Selain itu, surat At-Tin bisa kita jadikan sebagai doa maupun wasilah supaya makanan yang kita makan menjadi lebih baik.

Surat At-Tin merupakan surat yang termasuk dalam surat Mufashshal yang Allah SWT turunkan kepada Rasulullah SAW. Hal inilah yang membuat Rasulullah SAW memiliki keistimewaan dan keutamaan dari nabi dan rasul pendahulunya.

Segudang Manfaat Buah Tin

Tak terlepas dari sejarah buah tin dalam Al Quran, berikut ini berbagai manfaat dari buah tersebut.

1. Menurunkan Kolesterol

Buah tin dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Buah tin memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga mampu memperlancar pencernaan.

Hal inilah yang kemudian membantu tubuh mengurangi kadar kolesterol. Ditambah lagi, buah tin memiliki kandungan zat-zat ekskresi.

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Buah tin, merupakan salah satu buah yang tinggi kalsium maupun potassium. Kandungan mineralnya tersebut berfungsi untuk meningkatkan kesehatan tulang.

Baca juga: Keutamaan Surat An Nas yang Dahsyat Dapat Melindungi dari Sihir

Dengan rutin mengonsumsi buah tin, kita dapat mencegah berbagai penyakit tulang, seperti osteoporosis. Tulang yang sehat membuat kita lebih aktif dalam bergerak, ibadah pun menjadi lancar.

3. Mencegah Penyakit Kronis

Manfaat lainnya dari buah tin, yakni dapat mencegah penyakit kronis. Dalam buah tin, terdapat kandungan penting sepert fenolik, flavonoid, dan kandungan antioksidan lainnya.

Berkat kandungannya inilah, mampu mencegah terjadinya penyakit kronis. Seperti penyakit jantung, diabetes, katarak, dan penyakit kronis lainnya.

4. Menjaga Berat Badan

Buah tin adalah buah dengan banyak nutrisi penting. Cocok untuk kita jadikan sebagai salah satu menu diet. Berkat kandungan nutrisinya inilah membuat tubuh kenyang lebih lama.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah tin bisa kita manfaatkan sebagai obat penurun tekanan darah tinggi. Hal ini karena kandungan kaliumnya yang tinggi.

Selain itu, kandungan serat yang terdapat dalam buah tin bisa membantu membuang kelebihan natrium dari sistem tubuh kita. Manfaat buah tin yang disinggung dalam Al Quran ini sangat baik untuk anak-anak hingga lanjut usia.

Demikianlah ulasan mengenai sejarah buah tin dalam Al Quran, keutamaan hingga segudang manfaatnya. Melalui informasi ini, harapannya dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT. (R10/HR-Online)