Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita BisnisStrategi Bisnis Barbershop Menjanjikan, Selalu Ramai Konsumen

Strategi Bisnis Barbershop Menjanjikan, Selalu Ramai Konsumen

Strategi bisnis barbershop akan membantu kelancaran bisnis itu sendiri. Barbershop termasuk bisnis berpeluang tinggi asal tahu strateginya. Sama seperti jenis usaha pada umumnya tentu membutuhkan yang namanya program dan teknik untuk bisa menjalankannya.

Barbershop memang cukup mudah ditemui di beberapa tempat baik area kota maupun desa. Karena persaingan yang cukup ketat di pasaran, sebaiknya Anda menentukan strategi yang tepat.

Baca Juga: Strategi Bisnis Kosmetik Mulai dari Izin hingga Pemasaran Produk

Strategi Bisnis Barbershop yang Menguntungkan

Barbershop adalah salah satu jenis bisnis yang dijadikan pilihan bagi kaum pria. Bisnis ini semakin tumbuh dengan banyaknya permintaan style gaya rambut masyarakat.

Sehingga menjadikan peluang bisnis bagi Anda yang memiliki keahlian dalam menata rambut. Menjalankan semua jenis bisnis tidak bisa sembarangan. Sebab setiap jenis bisnis tentu memiliki strategi untuk bisa sukses dan menguntungkan.

Sebaiknya ditentukan berdasarkan keahlian, pengalaman serta etika ketika melayani konsumen. Pastikan juga memiliki keahlian dalam pemangkasan rambut, penataan sesuai trend yang berkembang saat ini.

Apalagi kemajuan dunia teknologi juga berpengaruh terhadap peralatan yang digunakan. Sebab memiliki keahlian khusus dalam urusan potong rambut dengan menggunakan bantuan pengadaan peralatan canggih dan modern seperti saat ini.

Barbershop mengubah kesan potong rambut lebih modern dengan berbagai fasilitas yang diberikan. Memilih barbershop tentu jauh lebih nyaman sesuai fasilitas yang diberikan.

Meski harga jasanya lebih tinggi dari potong rambut biasa, namun ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan. Jika Anda salah satu yang ingin mencoba peluang usaha barbershop gunakan strategi berikut ini:

Lokasi

Menjalankan sebuah bisnis tidak bisa sembarangan. Pastikan Anda tahu strategi dan cara untuk menjalankan usaha tersebut.

Cara ini membantu menghasilkan keuntungan sesuai yang Anda harapkan termasuk menjalankan bisnis barbershop.

Salah satu strategi bisnis barbershop yaitu dari lokasi yang dijadikan pilihan. Jika Anda sudah memiliki keahlian dalam bidang penatan rambut bisa memanfaatkan untuk buka barbershop.

Namun hal utama yang harus Anda ketahui yaitu dengan menentukan lokasinya. Lokasi strategis dalam membuka barbershop akan berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis.

Cari lokasi yang mudah dijangkau, ramai dilalui masyarakat. Selain itu, tentukan sesuai target konsumen. Jika targetnya para mahasiswa, Anda bisa memilih lokasi yang dekat dengan kampus atau tempat kost.

Baca Juga: Bisnis Sprei Rumahan Modal Kecil Untung Besar, Begini Tipsnya

Promosi Melalui Berbagai Media

Saat ini sudah banyak hal yang masyarakat lakukan melalui media internet. Anda pun bisa mencoba merasakan atau melakukan promosi menggunakan media sosial.

Misalnya dengan memesan terlebih dahulu, sehingga melakukan booking sebelum datang ke barbershop. Anda bisa mencoba membuat website tentang barbershop yang Anda miliki. Strategi bisnis barbershop ini juga bisa Anda terapkan pada bisnis lainnya.

Melalui website membantu bisnis akan mudah terkenal. Website secara otomatis akan membantu para calon konsumen untuk memahami produk dan jasa.

Apalagi dengan adanya informasi terkait dengan website sudah membantu konsumen untuk tahu lebih cepat.

Selain website, media aplikasi lain juga bisa Anda gunakan. Misalnya aplikasi IG, Facebook, dan beberapa aplikasi lain. Anda bisa memberikan aktivitas untuk update aktivitas Anda sehari-hari.

Fasilitas Pelayanan

Sedangkan untuk strategi bisnis barbershop yang lain yaitu dari segi layanan. Sebagian besar orang memilih menata rambutnya di barbershop karena alasan tertentu.

Salah satunya karena pelayanan yang pemilik berikan cukup memuaskan. Sehingga konsumen merasa betah untuk menunggu giliran untuk potong rambut. Anda bisa membuat ruangan senyaman mungkin.

Misalnya dengan menyediakan layanan ruang ber AC, menyediakan TV, majalah, mini cafe, dan WiFi. Selain itu, berikan pelayanan lengkap sehingga tidak hanya potong rambut saja.

Misalnya untuk cukur kumis dan jenggot, pewarnaan, dan yang lainnya. Anda pun bisa meningkatkan daya tarik konsumen agar dapat kembali lagi yaitu dengan menyediakan voucher potongan harga.

Promo khusus yang bisa menarik konsumen untuk melakukan perawatan rambut di barbershop Anda. Pastikan menyediakan layanan lengkap, hasil terbaik dan ramah.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Dessert Box Melalui Media Sosial yang Efektif

Menjalankan bisnis tidaklah mudah. Namun dengan strategi yang tepat dan bersungguh-sungguh dalam menjalankannya bisnis akan mampu berkembang.

Termasuk strategi bisnis barbershop yang bisa Anda jalankan tanpa harus kalah bersaing dengan pebisnis lainnya. Anda bisa memilih strategi pelayanan terbaik, lengkap dan memiliki keahlian pada bidang tersebut. (R10/HR-Online)