Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita TerbaruTermodinamika dalam Kehidupan Sehari-hari, Punya 3 Sistem

Termodinamika dalam Kehidupan Sehari-hari, Punya 3 Sistem

Termodinamika dalam kehidupan sehari-hari ada di kajian ilmu Fisika. Dalam kehidupan sehari-hari, kita memang bisa menemukan berbagai contoh penerapan termodinamika. Untuk lebih memahami seperti apa materi ilmu Fisika ini, Anda bisa cermati pembahasan berikut.

Baca Juga: Cara Perpindahan Kalor: Konduksi, Konveksi, Radiasi dengan Contohnya

Penerapan Termodinamika dalam Kehidupan Sehari-hari

Pada dasarnya, termodinamika berasal dari dua kata di dalam bahasa Yunani yakni thermos dan dynamic. Kata thermos memiliki pengertian yaitu panas. Sementara untuk kata dynamic artinya perubahan atau dinamis.

Oleh karena itu, bisa kita tarik kesimpulan bahwa termodinamika berkaitan erat dengan perubahan energi panas. Akan tetapi, konsep dalam termodinamika tidaklah sesederhana yang kita bayangkan.

Konsep salah satu materi dalam ilmu Fisika ini berupa proses pengubahan kalor menjadi energi. Hal tersebut tak terkecuali dengan proses yang berasal dari aliran energi lengkap dengan akibat dari adanya perpindahan energinya.

Masih berbicara mengenai definisi termodinamika, kajian ilmu Fisika ini fokus seputar temperatur dan panas.

Hal ini juga mencakup gerak dan energi yang melibatkan keduanya. Lantas apa saja contoh penerapan termodinamika dalam kehidupan sehari-hari?

Mesin Kendaraan Bermotor

Salah satu contoh penerapannya bisa Anda temukan di mesin kendaraan bermotor. Mesin kendaraan bermotor bisa menjalankan fungsinya secara optimal dan bermanfaat bagi pengendara karena menggunakan termodinamika. Lebih tepatnya termodinamika yang mengusung sistem terbuka.

AC

Selain mesin kendaraan bermotor, contoh penerapan termodinamika juga bisa Anda lihat dari penggunaan AC. Baik itu AC yang ada di dalam ruangan, mobil, dan lain sebagainya.

Sebagaimana yang kita tahu bahwa AC mampu mengatur temperatur dengan sangat baik. Hal ini memungkinkan Anda tak akan merasa gerah ketika ada AC.

Alat pendingin ini juga berbekal filter tambahan yang membantu Anda dalam menyaring polutan di udara.

Alhasil, penggunaan AC tak hanya menyejukkan, melainkan juga menyehatkan. Mengingat Anda tak akan terpapar polusi udara.

Baca Juga: Contoh Benda Konduktor yang Ada di Sekitar Kita, Wajib Tahu Sifatnya!

Lemari Es

Contoh penerapan termodinamika dalam kehidupan sehari-hari selanjutnya yaitu lemari es atau yang biasa terkenal dengan sebutan refrigerator. Perlengkapan elektronik yang satu ini sudah dapat terlihat di dalam rumah tangga.

Kegunaannya pun cukup beragam. Lemari es bisa pengguna manfaatkan sebagai tempat penyimpanan bahan makanan, minuman, pembuatan es batu, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa menguapkan bahan dingin tersebut, jelas membutuhkan panas yang cukup.

Termos

Benda yang ada di dalam rumah tangga ini ternyata juga termasuk contoh termodinamika dalam kehidupan sehari-hari.

Termos adalah salah satu contoh penerapan termodinamika dengan sistem terisolasi. Hal ini bisa diketahui dengan melihat konsep termos.

Termos didesain sedemikian rupa dengan tabung sisi dalam berperan penting sebagai wadah air. Tabung tersebut terisolasi dari lingkungan luarnya karena terdapat hampa udara.

Karena mengusung desain tersebut, maka termos tak mengalami perpindahan kalor. Baik itu perpindahan kalor dari sistem ke lingkungan ataupun sebaliknya.

Jenis Sistem Termodinamika

Sistem termodinamika terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari sistem tertutup, sistem terbuka, dan sistem terisolasi. Tiap jenis sistem termodinamika tersebut memiliki pengertian tersendiri.

Sistem Tertutup

Sesuai dengan namanya, sistem termodinamika dalam kehidupan sehari-hari ini mengalami pertukaran energi, akan tetapi tak terjadi pertukaran benda dan lingkungan.

Pada umumnya, sistem bisa terjadi pertukaran gas apabila terdapat sifat pembatas berupa adiabatik dan rigid.

Sistem Terbuka

Dalam sistem ini terjadi pertukaran energi dan benda dengan lingkungan. Pembatas memperbolehkan adanya pertukaran benda yang terkenal dengan sebutan permeabel. Salah satu contoh dari sistem terbuka ini yaitu samudra.

Baca Juga: Teori Kinetik Gas pada Fisika, Ini Pengertian dan Hukum Gas Idealnya!

Sistem Terisolasi

Pada jenis sistem yang satu ini, tidak ada pertukaran panas, kerja, ataupun benda dengan lingkungan. Selain termos seperti halnya contoh penerapan termodinamika di atas, sistem ini juga terlihat dalam penggunaan tabung gas.

Sebagaimana yang kita tahu, gas terisolasi di dalam tabung sehingga tak bisa keluar dan membahayakan lingkungan sekitar.

Dengan menyimak review di atas, Anda pasti mengetahui apa saja contoh penerapan termodinamika dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, Anda juga bisa tahu mengenai ragam jenis sistem termodinamika yang ada di kajian ilmu Fisika. Harapannya, hal ini bisa menambah wawasan sekaligus memudahkan Anda dalam mempelajari Fisika. (R10/HR-Online)