Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita CiamisUnik, Pemilihan Ketua RT di Ciamis Ini Calonnya 10 Orang

Unik, Pemilihan Ketua RT di Ciamis Ini Calonnya 10 Orang

harapanrakyat.com,- Pemilihan Ketua RT di Dusun Pasir Datar, Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis terbilang unik. Pasalnya, dalam kontestasi pemilihan ketua itu calonnya mencapai 10 orang. 

Endang, Ketua Panitia yang juga mantan ketua RT menjelaskan, setelah ia menjabat sebagai ketua RT selama 24 tahun, akhirnya saat ini antusiasnya begitu besar. 

Bahkan, para calon pimpinan di tingkat RT itu mencapai 10 orang. Hal ini pun terbilang cukup unik dan langka. 

“Kalau dulu untuk menentukan seorang RT warga cukup dengan menunjuk salah satu orang saja melalui rapat RT. Tapi hasilnya itu-itu saja,” ungkapnya, Jumat (2/12/22). 

Baca juga: Agun Apresiasi Program dan Inovasi Bank Sampah Tumras Ciamis

Namun kata Endang, karena masa jabatan sudah habis, maka ketua RT harus berganti.

Sebelum pemilihan, lanjutnya, warga diminta untuk bisa mencalonkan pada pemilihan saat ini dan hasilnya ada sepuluh orang yang maju dalam pemilihan RT.

“Hak pilih ada 176 dan yang hadir 152. Sehingga ada 24 tidak hadir karena di luar kota. Alhamdulillah acaranya lancar dan antusiasnya luar biasa,” imbuhnya. 

Menurutnya, dalam pemilihan ketua RT biasanya banyak yang tidak mau. Namun di wilayahnya itu justru berbeda, yakni ada 10 calonnya. 

“Dari sepuluh calon tersebut akhirnya terpilih dengan nomor urut satu. yaitu Dwi Aryanto 64 suara,” pungkasnya. 

Kades Mekarjaya Elan Kuswaya mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia pun menyebut pemilihan ini adalah sejarah pertama di desanya yang mana jumlah calon ketua RT mencapai 10 orang.

“biasanya pemilihan RT hanya ada dua atau tiga calon saja. Namun ini menjadi rekor tersendiri dan pastinya menjadi rekor juga di seluruh desa di kabupaten Ciamis,” katanya.

Ia pun berpesan agar ketua yang baru itu bisa menjalankan tugasnya dengan baik agar proses pemerintahan bisa berjalan dengan baik. (Es/R6/HR-Online)