Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita Jabar5 Daerah Terdingin di Jawa Barat, Apakah Daerah Kamu Termasuk?

5 Daerah Terdingin di Jawa Barat, Apakah Daerah Kamu Termasuk?

Daerah terdingin di Jawa Barat menurut BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) sedikitnya ada 5 daerah kabupaten/kota. Bahkan, salah satunya menjadi daerah terdingin di Indonesia.

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang letaknya berada di antara pegunungan. Sehingga, suhu udaranya terasa sangat dingin, terutama malam hari.

Lantas, kabupaten dan kota mana saja yang jadi daerah terdingin di Prov Jabar? Langsung saja simak ulasan berikut ini berdasarkan data BMKG.

Inilah 5 Daerah Terdingin di Jawa Barat

Bandung Barat

Baca Juga: Tempat Wisata Gratis di Bandung Apa Saja? Ini Rekomendasinya

Lembang yang masuk wilayah Kabupaten Bandung Barat merupakan daerah terdingin di Provinsi Jawa Barat. Lokasinya berada pada ketinggian 1.312 sampai 2.084 meter DPL (Di Atas Permukaan Laut.

Rata-rata suhu di Lembang berkisar antara 17-27 derajat celcius. Bahkan, tahun 1991 daerah ini pernah mengalami suhu terendah, yakni 9,8 derajat celcius.

Itu menandakan bahwa Lembang adalah tempat terdingin di Jawa Barat. Sedangkan, tempat tertinggi di Lembang adalah puncak Gunung Tangkuban Parahu. 

Lembang sendiri memiliki berbagai tempat wisata yang sudah terkenal hingga ke luar daerah. Seperti Farm House, Hobbiton dan Floating Market.

Garut

Baca Juga: Meski Cuaca Ekstrim di Tahun Baru 2023, BMKG Pastikan Pangandaran Aman Dikunjungi

Daerah terdingin di Jawa Barat kedua adalah Kabupaten Garut. Ketinggian daerahnya rata-rata mencapai 750 meter DPL Suhu di Garut berkisar antara 24 hingga 13 derajat celcius.

Sama halnya seperti Bandung Barat, daerah ini juga dikelilingi pegunungan. Gunung yang mengelilingi Kabupaten Garut meliputi Gunung Guntur, Gunung Papandayan, Gunung Cikuray dan Gunung Karacak.

Kabupaten Garut juga terkenal dengan makanan olahan berupa dodol, serta peternakan domba yang menghasilkan domba berkualitas.

Bogor

Urutan ketiga daerah terdingin di Jawa Barat adalah Bogor. Suhu udara di daerah yang terkenal dengan kawasan Puncak itu relatif dingin. Sedangkan, suhu terendahnya mencapai 16 derajat celcius saat siang hari. Tentu saja pada malam hari suhunya lebih menggigil.

Baca Juga: Kota Paling Hemat di Jabar, Dana Pengeluarannya Lebih Kecil dari PAD

Ada beberapa tempat yang turut menyumbang suhu udara dingin di Bogor, yakni Gunung Sanggabuana, Gunung Gede Pangrango, dan Gunung Halimun Salak.

Sukabumi

Daerah terdingin di Jawa Barat yang berikutnya yaitu Sukabumi. Pada siang hari rata-rata suhunya mencapai 19-18 derajat celcius.

Hal itu karena angin pasat Tenggara yang bertiup dari Australia melewati daerah Sukabumi. Sehingga suhu pada siang hari rata-rata mencapai 19-18 derajat celcius.

Bahkan, Sukabumi juga pernah mengalami suhu terendah yang mencapai 15 derajat celcius. Menurut BMKG, biasanya suhu terdingin menjadi pertanda akan memasuki musim kemarau.

Sumedang

Daerah terdingin di Jawa Barat yang terakhir yaitu Kabupaten Sumedang. Mendengar nama daerah ini mungkin bagi sebagian orang akan langsung terpikir sama makanan khasnya berupa tahu.

Ya, suhu harian di daerah yang memiliki ciri khas tahunya tahu ini mencapai 30 derajat saat siang hari. Sedangkan, pada malam hari suhunya rata-rata mencapai 23 derajat celcius.

Demikianlah beberapa daerah terdingin di Jawa Barat. Bahkan ada yang menjadi daerah terdingin di Indonesia. Apakah daerah kamu termasuk? (R3/HR-Online/Editor-Eva)