Minggu, Januari 29, 2023
BerandaBerita TerbaruAki Kering Motor Bisa Dicas atau Tidak? Ini Jawabannya!

Aki Kering Motor Bisa Dicas atau Tidak? Ini Jawabannya!

Aki kering motor bisa dicas? Pertanyaan aki kering sepeda motor sebenarnya bisa dicas atau tidak ini mungkin membuat Anda penasaran. Sebab biasanya aki motor yang bisa dicas hanyalah jenis aki kering.

Sebelumnya, aki merupakan salah satu komponen motor yang berfungsi untuk menyimpan listrik. Pada sepeda motor, aki berperan ketika kita melakukan starter atau menyalakan sistem kelistrikan. Jika aki rusak, maka sistem kelistrikan bisa terganggu sehingga kinerja motor juga menurun.

Aki terdiri atas dua jenis yang berbeda, yaitu aki basah dan aki kering. Aki basah merupakan jenis aki yang memiliki elektrolit berbentuk cairan. Karena itu, cairan elektrolitnya mudah menyusut sehingga harus sering diisi ulang.

Sementara itu, jenis aki kedua yaitu aki kering yang memiliki elektroda berbentuk gel. Karena itu, jenis aki ini terbilang lebih awet dan juga minim penguapan daripada aki basah.

Baca Juga: Penyebab Aki Motor Berjamur dan Cara Membersihkannya

Aki Kering Motor Bisa Dicas atau Tidak?

Kebanyakan orang mungkin hanya mengetahui jika hanya aki basah saja yang bisa dicas. Namun ternyata jenis aki kering juga bisa dicas bahkan dianjurkan. Hal tersebut karena setiap aki pastinya mengalami discharge atau pengurangan daya.

Beberapa produsen aki kendaraan mungkin juga sudah menawarkan alat untuk mengecas aki. Harganya juga bervariasi, mulai dari ratusan ribu bahkan hingga di atas satu juta. Setiap harga tersebut tentunya juga memiliki kualitas aki yang berbeda-beda.

Biasanya semakin mahal harganya maka aki tersebut memiliki fitur yang lebih banyak. Misalnya yaitu memiliki fitur bisa digunakan untuk aki motor Eropa yang memiliki soket berbeda.

Meskipun begitu, tentunya aki dengan harga yang lebih terjangkau mungkin juga memiliki kualitas yang baik.

Waktu Pengecasan Aki

Aki kering motor bisa dicas ketika Anda mulai merasa aki sudah lemah. Aki lemah sendiri menjadi masalah yang sering terjadi pada kendaraan sepeda motor. Salah satu penyebabnya yaitu karena motor jarang Anda gunakan untuk berkendara.

Ada beberapa ciri-ciri yang menandakan bahwa kondisi aki sudah lemah. Misalnya yaitu seperti suara klakson menjadi lemah dan lampu motor menjadi redup. Kemudian starter motor otomatis susah menyala dan lain sebagainya.

Cara Mengecas Aki Kering Motor

Setelah mengetahui kapan waktunya untuk mengecas aki, kita akan membahas cara mengecasnya yang benar. Nah, berikut adalah cara mengecas aki kering yang bisa Anda terapkan:

Baca Juga: Cara Mengatasi Aki Motor Kurang Setrum yang Paling Simpel

1. Siapkan Cas dan Aki

Aki kering motor bisa dicas dengan charger yang tepat sehingga Anda harus menyiapkannya. Anda tidak boleh sembarangan menggunakan cas maupun tergoda cas dengan ampere besar. Ampere yang besar memang bisa mempercepat durasi pengecasan.

Misal pada cas aki 4,2 ampere hanya memerlukan waktu 30 hingga 60 menit hingga penuh. Meskipun cepat, namun efeknya aki malah akan lebih cepat rusak. Untuk menghindarinya maka lebih baik jika menggunakan cas dengan 2 ampere saja.

Kemudian Anda juga bisa memilih cas yang memiliki fitur cut off. Fitur tersebut berfungsi untuk memutus aliran listrik saat pengisian sudah selesai. Hal tersebut sangat penting untuk menghindari terjadinya overcharge aki.

2. Pastikan Aliran Listrik Stabil

Selanjutnya Anda harus memastikan bahwa listrik stabil dan tidak akan mati di tengah pengecasan.

Sebab, jika tiba-tiba listrik mati di tengah pengecasan maka beberapa cas akan mengulang proses pengisian. Hal tersebut tentunya kurang baik, sebab hanya membuang waktu dan konsumsi listrik.

3. Sambungkan Kabel Cas

Aki kering motor bisa dicas setelah menghubungkan kabel cas ke aki. Kabel merah untuk terminal plus sedangkan kabel hitam untuk terminal minus.

Jangan sampai salah memasangnya karena bisa menyebabkan terjadinya korsleting.

Baca Juga: Penyebab Aki Motor Kembung Baik Pada Jenis Basah Maupun Kering

4. Cabut Kabel Saat Pengisian Sudah Selesai

Jika Anda menggunakan cas aki khusus biasanya ada lampu indikator yang menandakan pengecasan sudah selesai. Dengan begitu maka Anda harus mencabut cas agar tidak terjadi overcharge. Setelah itu Anda bisa memastikan tegangannya di atas 12,5 volt.

Jika di atas 12,5 volt maka pengisian aki berhasil dan bisa Anda pasang kembali pada motor. Namun jika tidak maka pengisian gagal sebab ada kemungkinan sel-sel aki sudah lemah. Itulah penjelasan mengenai aki kering motor bisa dicas beserta cara mengecasnya. Semoga pembahasan ini bisa membantu Anda yang ingin mengecas aki kering. (R10/HR-Online)