Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita TerbaruAlarm HP Tidak Berfungsi, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Alarm HP Tidak Berfungsi, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Alarm HP tidak berfungsi menjadi masalah yang membingungkan. Anda mungkin juga pernah mengalami masalah alarm HP yang tidak berfungsi ini. Lalu apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi masalah alarm HP satu ini?

Setiap ponsel yang ada kini memang memiliki beragam fitur yang canggih dan berguna. Salah satu fitur yang ada dan memiliki peran penting misalnya yaitu fitur alarm. Pastinya Anda juga sudah mengetahui fitur ini bahkan sering menggunakannya bukan?

Seperti alarm pada umumnya berfungsi sebagai pengingat waktu. Misalnya yaitu menandakan waktunya bangun tidur, waktunya istirahat, dan lain sebagainya. Waktu alarm HP juga bisa kita atur sesuka dan sesuai dengan kebutuhan kita sendiri.

Misalnya yaitu kita bisa mengatur alarm jam 4 pagi untuk membangunkan tidur. Kemudian kita juga bisa mengatur alarm ketika sedang memasak sesuatu yang waktunya lumayan lama. Selain waktunya bahkan kita juga bisa mengatur sendiri bagaimana bunyi atau suara alarm tersebut.

Baca Juga: Cara Mengganti Kunci Layar HP yang Mudah!

Masalah Alarm HP Tidak Berfungsi

Mengingat berbagai fungsinya, kita tahu bahwa peran alarm HP memang sangat penting. Jika tidak ada alarm maka kita akan menjadi lebih repot dan kesulitan. Misalnya menjadi lebih sulit ketika bangun tidur dan melakukan berbagai aktivitas lainnya.

Meskipun sangat penting, sayangnya alarm HP terkadang mengalami masalah. Bisa saja alarm tidak berfungsi atau tidak berbunyi padahal kita sudah menyetelnya. Hal tersebut tentunya sangat menyebalkan dan malah bisa berakibat fatal bukan?

Penyebab

Masalah alarm yang tidak berfungsi tersebut tentunya tidak datang dengan sendirinya. Pasti ada suatu hal yang menyebabkan masalah satu ini bisa terjadi. Penyebab ini juga bisa berasal dari HP sendiri maupun kesalahan penggunanya.

Beberapa penyebab alarm HP tidak berfungsi tersebut seperti:

1. Salah Ketika Mengatur Waktu

Penyebab pertama yang bisa terjadi yaitu Anda salah dalam mengatur waktu alarm. Misalnya yaitu ketika Anda ingin mengatur alarm agar berbunyi pukul 3 sore. Tetapi bukannya mengatur pukul 15.00 Anda malah mengaturnya pukul 03.00.

Dengan begitu maka alarm tidak akan berbunyi pada pukul 3 sore. Melainkan akan berbunyi pada pukul 3 pagi. Karena itu Anda harus teliti ketika mengatur jam alarm agar sesuai dengan keinginan.

2. Bunyi dan Getar Alarm Tidak Aktif

Selanjutnya bisa pengaturan bunyi dan getar alarm tidak aktif. Sehingga ketika seharusnya alarm berbunyi maka ia tidak akan bisa memberikan tanda.

Akibatnya pun alarm seolah menjadi tidak berfungsi padahal hanya karena tidak ada bunyinya saja.

3. HP Berada dalam Mode Jangan Ganggu

Penyebab alarm HP tidak berfungsi selanjutnya karena HP berada dalam mode silent. Terkadang Anda mengaktifkan mode silent atau jangan ganggu pada HP dan lupa menonaktifkannya. Mode tersebut bisa membuat alarm menjadi tidak berbunyi padahal sudah waktunya.

Baca Juga: Mode Baca di HP Xiaomi, Kenali Fungsi dan Cara Mengaktifkannya!

Cara Mengatasi

Setelah mengetahui apa penyebab alarm tidak berfungsi tentu Anda harus tahu cara mengatasinya. Cara tersebut tentunya mudah dan sesuai dengan penyebabnya. Berikut adalah beberapa cara mengatasinya:

1. Atur Bunyi Alarm

Pertama Anda bisa mengatur bunyi dan volume alarm agar bisa berbunyi sesuai keinginan. Pertama buka menu “Jam” lalu buka “Alarm” dan klik “Pengaturan Alarm”. Selanjutnya klik “Alarm Volume” dan atur sesuai dengan keinginan lalu klik “Ok”.

2. Matikan Mode Jangan Ganggu

Seperti yang telah disebutkan, mode Jangan Ganggu bisa membuat alarm HP tidak berfungsi. Karena itu jika sebelumnya Anda memang mengaktifkan mode ini maka matikan jika ingin menggunakan alarm. Dengan begitu maka alarm bisa kembali berfungsi seperti semula.

3. Pastikan Mengatur Alarm dengan Benar

Selanjutnya Anda bisa memastikan pengaturan alarm dengan benar sebelum meninggalkannya. Pastikan jam dan harinya sudah benar dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu pastinya alarm bisa berfungsi dengan baik dan benar.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Bootloop, Mudah dan Cepat!

4. Restart HP

Selain berbagai cara di atas Anda juga bisa mencoba untuk merestart HP. Seperti yang kita tahu restart terkadang bisa menyelesaikan berbagai masalah di HP. Karena itu bisa saja masalah alarm ini juga bisa terselesaikan.

Itulah penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi alarm HP tidak berfungsi. Semoga dengan pembahasan ini Anda bisa menyelesaikan masalah mengenai alarm HP Anda. (R10/HR-Online)