Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruAndroid Sering Kembali ke Menu Utama? Ini Cara Mengatasinya!

Android Sering Kembali ke Menu Utama? Ini Cara Mengatasinya!

Android sering kembali ke menu utama tentu menyebalkan. HP Android yang sering tiba-tiba kembali ke menu utama ini mungkin pernah Anda alami. Sebab masalah satu ini umum terjadi pada pengguna Android sehingga perlu cara untuk mengatasinya.

HP Android banyak menjadi pilihan bagi masyarakat di Indonesia. Hal tersebut karena ada banyak pilihan merek Android yang ada di pasaran. Belum lagi Android memiliki kelebihan sendiri dan kualitas yang tidak kalah dengan iOS.

Ketika menggunakan HP, baik Android maupun iOS tentunya wajar saja jika muncul masalah. Apalagi penggunaan HP sangat berlebihan maupun usia pemakaiannya sudah lama. Masalah yang terjadi juga sangat beragam serta memiliki cara penyelesaian masing-masing.

Baca Juga: Cara Foto Aesthetic dengan HP Android, Ikuti Tips Berikut Ini!

Cara Mengatasi Masalah HP Android Sering Kembali ke Menu Utama

Salah satu masalah yang bisa terjadi pada Android yaitu layarnya tiba-tiba kembali ke menu utama. Masalah ini juga bukan hanya terjadi satu atau dua kali, namun cukup sering.

Hal tersebut tentunya sangat mengganggu selama kita menggunakan HP dalam berbagai keperluan.

Misalnya saat kita membuka aplikasi WhatsApp dan berkirim pesan masalah ini tiba-tiba muncul.

Kemudian bisa juga masalah ini muncul saat kita sedang menggunakan HP untuk menonton video. Masalah ini akan sangat menyebalkan dan mengganggu aktivitas chatting atau menonton bukan?

Sebenarnya gangguan HP ini bisa muncul juga bukan tanpa penyebab. Pastinya ada beberapa faktor atau keadaan yang tidak kita ketahui dan menjadi pemicunya. Misalnya yaitu terjadi masalah pada aplikasi yang kita buka maupun karena sistem HP sendiri.

Jika Anda sedang mengalami masalah Android sering kembali ke menu utama, jangan risau. Sebab ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah ini:

Hapus Data dan Cache Aplikasi

Cara pertama yaitu dengan menghapus beberapa data dan cache aplikasi di ponsel. Tujuannya yaitu agar ruang penyimpanan HP bisa berkurang dan semakin lega. Hal tersebut karena penyimpanan atau RAM yang penuh juga bisa menyebabkan terjadinya masalah ini.

Untuk bisa menghapus data dan cache, Anda bisa masuk ke menu Settings atau pengaturan. Selanjutnya Anda bisa membuka menu “aplikasi” atau “manajer aplikasi”. Setelah itu pilihlah aplikasi mana yang ingin Anda hapus data dan cachenya.

Kemudian Anda pun bisa memilih “Hapus Data dan Cache” pada aplikasi tersebut. Selain menghapus cache, Anda juga bisa menghapus aplikasi yang sudah tidak berguna. Dengan begitu maka ruang penyimpanan ponsel bisa menjadi semakin lega.

Baca Juga: Cara Hidupkan HP Tanpa Baterai Menggunakan Alat Sederhana

Ganti Launcher atau Tema yang Ringan

Tema yang kita gunakan pada HP ternyata juga bisa mempengaruhi kinerjanya. Jika tema terlalu berat maka bisa saja Android sering kembali ke menu awal. Selain itu bisa juga HP malah menjadi lemot dan muncul gangguan lainnya.

Karena itu sebaiknya Anda mengubah launcher atau tema menjadi yang lebih ringan. Dengan begitu maka masalah HP Android sering kembali ke menu utama akan terselesaikan. Kinerja ponsel juga akan menjadi lebih bagus sehingga Anda bisa menggunakannya dengan lancar.

Restart HP Android

Cara selanjutnya yaitu Anda bisa mencoba untuk merestart HP Android. Restart memang sering menjadi solusi untuk memperbaiki gangguan tanpa menghilangkan data HP. Anda bisa mencobanya, siapa tahu masalah ini dapat terselesaikan.

Restart sendiri berarti HP akan mati sesaat lalu akan hidup kembali secara otomatis. Caranya yaitu tekan tombol power selama beberapa saat, lalu pilih restart atau mulai lagi. Selain itu Anda juga bisa mematikan HP selama beberapa saat dan menghidupkannya kembali seperti biasa.

Reset HP ke Setelan Pabrik

Cara terakhir yaitu dengan mereset HP ke setelan pabrik. Namun cara ini bisa menghilangkan semua daya yang tersimpan dalam HP. Karenanya sebelum mereset, Anda harus membackup seluruh data penting terlebih dahulu.

Selanjutnya Anda bisa mereset HP Android, caranya masuk ke menu pengaturan dan buka “Backup & Reset”. Kemudian pilih “Factory Data Reset” dan “Reset Phone” dan prosesnya akan berjalan. Tunggu hingga selesai dan HP pun akan kembali ke setelan pabrik.

Itulah beberapa cara mengatasi masalah Android sering kembali ke menu utama. Anda bisa mencoba berbagai cara tersebut saat sedang mengalaminya.

Baca Juga: Cara Menambahkan Ringtone Android, Ubah Nada Dering Jadi Menarik!

Reset HP ke Setelan Pabrik

Cara terakhir yaitu dengan mereset HP ke setelan pabrik. Namun cara ini bisa menghilangkan semua data yang tersimpan dalam HP. Karenanya sebelum mereset Anda harus membackup seluruh data penting terlebih dahulu.

Selanjutnya Anda bisa mereset HP Android, caranya masuk ke menu pengaturan dan buka “Backup & Reset”. Kemudian pilih “Factory Data Reset” dan “Reset Phone” serta prosesnya akan berjalan. Tunggu hingga selesai dan HP pun akan kembali ke setelan pabrik.

Itulah beberapa cara mengatasi masalah Android sering kembali ke menu utama. Anda bisa mencoba berbagai cara tersebut saat sedang mengalaminya. (R10/HR-Online)