Minggu, Januari 29, 2023
BerandaBerita CiamisAntisipasi Banjir, Petani di Ciakar Ciamis Gotong Royong Bangun Proteksi Tebing Sungai

Antisipasi Banjir, Petani di Ciakar Ciamis Gotong Royong Bangun Proteksi Tebing Sungai

harapanrakyat.com,- Antisipasi banjir yang kerap terjadi, para petani padi di Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat gotong royong memasang batu bronjong sebagai proteksi tebing sungai.

Kepala Dusun Sindangasih, Desa Ciakar, Aas mengatakan, areal persawahan yang berada di sekitar Sungai Kimaung kerap dilanda banjir.

“Untuk mengantisipasi agar banjir tidak kembali terjadi, maka para petani padi bergotong royong memasang batu bronjong kawat di sepanjang bibir sungai,” kata Aas kepada harapanrakyat.com, Jumat (13/01/2023).

Baca Juga: Harga Jual Cabe Rawit di Tingkat Petani Panawangan Ciamis Tembus Rp 45 Ribu/Kg

Ia menyebutkan, dengan adanya proteksi tebing sungai maka air dari Sungai Kimaung tidak akan meluap membanjiri persawahan lagi. Sehingga tanaman padi menjadi aman, tidak kebanjiran lagi.

Aas mengatakan, para petani mendapat bantuan bronjong kawat dari Dinas PUPR Kabupaten Ciamis.

Sedangkan, pengerjaannya dilakukan oleh masyarakat setempat secara swadaya. Namun, tak hanya dalam bentuk tenaga saja, tapi juga dalam bentuk barang material (batu).

Sementara itu, Kaur. Ekonomi dan Pembangunan Desa Ciakar, Nono Karno mengatakan, atas nama Pemerintah Desa Ciakar, ia pun mengucapkan terima kasih kepada DPUPR Ciamis yang telah memberikan bantuan berupa 50 bronjong kawat. (Dji/R3/HR-Online/Editor-Eva)