Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita PangandaranAntisipasi Kecelakaan, Tagana Pangandaran Tebang Pohon Pinggir Jalan Raya

Antisipasi Kecelakaan, Tagana Pangandaran Tebang Pohon Pinggir Jalan Raya

harapanrakyat.com,- Tagana Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, melakukan penebangan dan pemangkasan pohon besar di sepanjang jalan raya nasional, dari arah Padaherang sampai Cimerak.

Ketua Tagana Pangandaran Nana Suryana mengatakan, hal itu dilakukan guna antisipasi terjadinya kecelakaan.

“Banyak pohon besar yang sudah tua dan rentan tumbang, sehingga kita lakukan penebangan dan pemangkasan,” ujar Nana, Selasa (17/1/2023).

Baca juga: Kawasan Tanjung Cemara di Pangandaran akan Dijadikan Green Belt

Terlebih kata Nana, saat ini sedang musim hujan disertai angin besar. “Akan sangat berbahaya jika pohon di pinggir jalan ini tumbang dan menimpa pengendara yang melintas,” katanya.

Penebangan dan pemangkasan ranting-ranting pohon yang menjalar ke badan jalan ini kerap dilakukan Tagana Pangandaran.

Pasalnya, sebelum dilakukan pemangkasan, sering terjadi ranting pohon jatuh dan menimpa para pengendara yang melintas di jalan raya.

“Kami dari Tagana berkoordinasi dan komunikasi dengan pihak terkait, untuk pemangkasan ranting pohon. Alhamdulillah kita mendapatkan izin untuk pemangkasan,” ucap Nana.

Nana menjelaskan, pemangkasan dan penebangan pohon yang berada di bahu jalan raya, disesuaikan dengan kondisi pohon.

“Jika sudah lapuk dimakan usia dan rawan tumbang, maka kami akan tebang. Kalau yang masih kuat, kita paling pangkas rantingnya saja,” jelasnya.

Selain di wilayah jalan raya, Tagana Pangandaran juga melakukan penebangan dan pemangkasan pohon yang sama ke wilayah perdesaan. (Entang/R8/HR Online/Editor Jujang)