Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruApartemen Tipe Studio yang Minimalis, Pilihlah Desain Terbaik!

Apartemen Tipe Studio yang Minimalis, Pilihlah Desain Terbaik!

Apartemen tipe studio merupakan ruangan apartemen tanpa ada tembok pemisah. Meski demikian, apartemen sempit tipe studio ini bisa digunakan untuk beberapa fungsi. Untuk desain interior apartemen ini, menggunakan tembok pemisah hanya pada kamar mandi saja.

Ukuran Apartemen ini memang sempit, cocok untuk Anda yang tinggal sendiri atau tinggal berdua saja. Karena ukurannya yang relatif sempit, maka tidak direkomendasikan untuk Anda yang memiliki jumlah keluarga yang banyak.

Agar memiliki kesan yang berbeda, maka Anda bisa mendesain ruangan apartemen ini menjadi lebih nyaman dan estetik. 

Baca Juga: Desain Interior Rumah Mungil Cantik dan Hemat Budget

Inspirasi Desain Apartemen Tipe Studio

Karena ukuran apartemen yang minimalis dan fungsional, banyak orang yang tidak melakukan penataan apapun karena luas yang terbatas. Inilah yang menyebabkan apartemen studio Anda jadi membosankan dan monoton.

Harus Anda pahami, ruangan minimalis yang tidak tertata akan menimbulkan kesan yang berantakan. Bisa dipastikan ruangan tersebut menjadikan penghuninya tidak nyaman.

Maka dari itu, penting sekali Anda terapkan berbagai desain yang bisa membuat fungsi apartemen jadi lebih optimal dan nyaman. Berikut ini adalah inspirasi desain apartemen tipe studio.

Gunakan Tempat Tidur Minimalis dan Multifungsi

Permasalahan utama pada apartemen studio yaitu keterbatasan luas ruangan. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, saat ini banyak cara yang bisa Anda terapkan untuk mengakalinya.

salah satu contohnya yaitu Anda bisa menggunakan tempat tidur tingkat. Sehingga bagian bawahnya masih ada ruangan kosong yang bisa Anda manfaatkan untuk kepentingan lain.

Bisa juga memanfaatkannya untuk meletakkan kursi minimalis yang bisa Anda gunakan untuk bersantai.

Spot Bersantai Dekat Jendela

Jika apartemen studio milik Anda tidak terdapat balkon, maka bisa memanfaatkan area jendela tersebut sebagai tempat atau spot bersantai.

Caranya mudah, Anda bisa meletakkan kursi atau sofa tepat dekat jendela. Dengan begitu, Anda bisa bersantai sambil melihat pemandangan dari jendela.

Bisa juga Anda tambahkan karpet dengan beberapa bantal sofa. Sehingga Anda bisa menggunakannya sebagai tempat bersantai yang sangat nyaman.

Baca Juga: Desain Interior Classic Contemporer, Ciptakan Hunian yang Nyaman!

Manfaatkan Cermin Besar

Penggunaan cermin besar sebagai desain interior apartemen tipe studio bisa memberikan tampilan yang lebih luas. Apartemen yang luasnya terbatas bisa menjadi terkesan lebih lapang.

Jangan lupa untuk menambahkan karpet pada setiap spot. Tujuannya tak lain untuk memberikan batasan lebih tegas pada tiap spot apartemen berdasarkan fungsinya.

Terapkan Gaya Klasik

Ukuran ruangan yang sempit tidak menjadi penghalang untuk memberikan desain interior yang menawan. Gunakan desain yang tidak memakan banyak ruang namun tetap memberikan kesan indah.

Apartemen studio bisa Anda desain supaya terkesan lebih lapang dengan mengusung gaya klasik. Anda bisa desain interior apartemen ini dengan menggunakan warna putih dan coklat. Ruang keluarga bisa Anda satukan dengan dapur.

Untuk menciptakan kesan yang lebih lapang cobalah untuk memakai meja kopi kecil dan sofa minimalis. Kemudian untuk bagian dapur Anda bisa memanfaatkan kitchen island sebagai meja makan.

Lalu pada area kamar tidur, Anda bisa membatasinya dengan pintu kaca. Sehingga bisa tercipta kesan mewah dan juga minimalis. Kemudian, untuk area penyimpanan barangnya bisa Anda buat dengan model seperti pintu bangunan. 

Jangan lupa untuk menambahkan perlengkapan seperti lemari dengan pintu yang berlapis cermin. Ruangan sempit ini bisa Anda dekorasi dengan lampu gantung atau vas bunga untuk menambah keindahan ruangan.

Baca Juga: Meja Bulat Minimalis Cocok di Segala Ruang, Cek Tips Menatanya!

Gunakan Partisi untuk Menjaga Privasi

Jika ingin lebih terjaga privasinya, maka Anda bisa menggunakan partisi pada apartemen yang sempit ini. Gunakan partisi untuk pembatas ruangan, kamu jangan menggunakan partisi yang menutup semua bagian hingga langit-langit. Bisa membiarkan beberapa sudut tetap terbuka. 

Cobalah untuk menempatkan meja makan pada bagian sudut dapur. Setelah itu, Anda bisa menaruh tempat penyimpanan baju dekat tempat menonton TV.  Lalu pada bagian ruang tamu, Anda bisa menambahkan meja belajar ataupun meja kerja yang memiliki ukuran kecil. 

Dengan menerapkan desain yang tepat, apartemen tipe studio yang ukurannya cukup sempit bisa menjadi lebih nyaman ditempati. Anda harus pandai-pandai dalam mengatur setiap ruangan. Keterbatasan ruang tidak  menjadi kendala untuk menuangkan ide mendesain ruangan. (R10/HR-Online)