Senin, Februari 6, 2023
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Android Sijamu Unej, Proses Akreditasi Lebih Mudah

Aplikasi Android Sijamu Unej, Proses Akreditasi Lebih Mudah

Aplikasi Android Sijamu dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Sijamu menjadi salah satu aplikasi yang tersedia di Android. Seperti yang dapat diketahui jika Universitas Jember Kabupaten Jember, Jawa Timur telah mengembangkan salah satu aplikasi baru.

Aplikasi tersebut bernama Sijamu (Sistem Informasi Penjaminan Mutu). Dengan bantuan Sijamu persiapan proses akreditasi sejak awal yang membantu penggunanya melakukan proses menjadi tidak berat.

Aplikasi ini tersedia untuk platform Android. Lebih jelasnya lagi kami akan sampaikan ulasan selengkapnya tentang aplikasi Sijamu.

Baca Juga: Aplikasi Menabung Viral Celenganku Ini Cara Menggunakannya

Aplikasi Android Sijamu dari Universitas Jember

Wakil Rektor 3 Universitas Jember Bambang Kuswandi aplikasi yang dapat membantu penjaminan mutu di lingkungan kampus. Rencananya dalam waktu dekat ada 9 program studi di Universitas Jember yang mengikuti akreditasi internasional.

Menyusul kembali program studi selanjutnya yang telah memperoleh akreditasi tingkat internasional dari ASIIN. Sijamu mengubah kultur Universitas Jember.

Proses pertamanya untuk dokumen penjaminan mutu dilakukan secara manual dan biasanya lebih banyak mereka lakukan menjelang pelaksanaan akreditasi. Namun untuk proses berjalan sejak awal saat kuliah.

Adanya dokumen sejak awal bisa diunggah sesuai tahapan. Sehingga tidak ada lagi dokumen yang tercecer atau terabaikan.

Pengertian Sijamu

Aplikasi Android Sijamu adalah singkatan dari Sistem Informasi Jaminan Mutu. Sistem ini berisikan tentang manajemen penjaminan mutu yang terbangun untuk memberikan kemudahan dalam penyelenggaraan penjaminan mutu sebuah instansi baik perguruan tinggi atau sebuah perusahaan.

Sistem informasi ini dapat mereka gunakan pada berbagai platform baik web browser maupun Android. Mulai dari manajemen dokumen, data template, kendali, ulasan, user dan masih banyak yang lainnya.

Namun kini kemajuan dunia teknologi membuat Universitas Jember, Jawa Timur telah memberikan inovasi baru terhadap hal tersebut

Penjelasan mengenai proses penjaminan mutu beserta aplikasi Sijamu telah tersampaikan oleh Kepala Pusat Penjaminan Mutu (LP3M) Unej Siti Komariyah bersama tim.

Dengan kehadiran aplikasi Android Sijamu maka kemungkinan besar seluruh program studi melaksanakan proses penjaminan mutu beserta melakukan persiapan akreditasi secara bertahap dan berkelanjutan.

Baca Juga: Aplikasi Podcast untuk Android Dapatkan Informasi Secara Gratis

Tujuan Pengembangan Aplikasi

Universitas Jember (Unej) mengembangkan aplikasi tersebut untuk menjamin pelaksanaan mulai dari tingkat program studi, fakultas bahkan universitas memperoleh pengawasan, evaluasi, dan penyempurnaan berkala dengan baik.

Sehingga program tersebut akan bermuara pada akreditasi program studi dan universitas yang baik. Tidak akan ada proses akreditas yang sulit, karena prosesnya terjadi sejak awal.

Keberhasilan Unej dalam pengembangan aplikasi mendapatkan perhatian dari lembaga perguruan tinggi dan yang lainnya. Salah satunya Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Banyuwangi. 

Baca Juga: Aplikasi SIP Dispendukcapil Jember Siap Digunakan, Ini Caranya

Manfaat Program Aplikasi Sijamu

Kehadiran aplikasi Android Sijamu membantu tiap-tiap program studi dapat melihat prediksi nilai apabila sewaktu-waktu memperoleh kunjungan dan penilaian dari asesor dalam rangka akreditasi.

Hal ini sudah terbukti seperti yang telah terjadi pada Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik yang sudah memperoleh program unggul. Bukti dan dokumen yang telah terunggah pada aplikasi Sijamu memberikan nilai dan masukan oleh Program Studi Teknik Sipil.

Nilai yang mereka berikan asesor terbukti tidak jauh dari nilai yang diberikan oleh auditor di Pusat Penjaminan Mutu LP3M.

Bahkan Kepala LP3M menambahkan Sijamu menjadikan proses pelaksanaan penjaminan mulai dari pelaksanaan tingkat program studi, fakultas hingga universitas mendapatkan pengawasan, evaluasi bahkan penyempurnaan berkala dengan bagus.

Penjaminan mutu yang baik dan bermuara pada akreditasi program studi dan universitas yang baik pula. Pusat Penjaminan Mutu LP3M Universitas Jember mampu memberi pengawasan maupun masukkan secara aktif.

Hal ini karena BAN-PT alias Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan lembaga akreditasi tidak bakal melaksanakan kunjungan ke perguruan tinggi. Apabila proses penjaminan mutu internalnya tidak mampu berjalan secara baik.

Adanya berita mengenai aplikasi Sijamu ini justru menarik perhatian para rombongan Untag Banyuwangi. Bahkan termasuk Wakil Rektor 3 Untag Banyuwangi Yusmia Widiastuti dan Kepala Penjaminan Mutu Universitas (PMU) Untag Bambang Wicaksono.

Kedatangan mereka sengaja untuk bisa mempelajari dan mengaplikasikan pengalaman Unej dalam mengelola penjaminan mutu, terutama belajar tentang aplikasi Sijamu.

Dengan kehadiran aplikasi Android Sijamu membantu program studi di lingkungan kampus jauh lebih mudah. Bahkan Sijamu membantu proses akreditasi dapat dilakukan sejak awal, seperti yang telah dikembangkan oleh Universitas Jember, Jawa Timur. (R10/HR-Online)