Selasa, Januari 31, 2023
BerandaBerita TerbaruAs Roda Mobil Rusak, Segera Ketahui Ciri-cirinya!

As Roda Mobil Rusak, Segera Ketahui Ciri-cirinya!

As roda mobil rusak sering para pemilik alami. As roda yang rusak pasti memiliki beberapa tanda yang muncul. Beberapa tanda tersebut bisa menjadi ciri-ciri bahwa as roda mobil kesayangan mengalami kerusakan. 

Tentunya hal ini sangat merugikan, apalagi ketika sedang berkendara untuk menuju suatu tempat. Sehingga perjalanan bisa saja terganggu karena tidak tepat waktu sampai ke tujuan.

Baca Juga: Baut Roda Depan Mobil Patah, Jangan Sampai Terjadi, Gunakan Cara Ini

As Roda Mobil Rusak, Inilah Ciri-cirinya

Mobil merupakan kendaraan yang umum orang gunakan untuk menuju ke suatu tempat. Pada mobil terdapat beberapa komponen yang bisa menunjang supaya mobil berfungsi dengan baik.

Salah satu komponen mobil yang sangat penting yaitu terletak pada bagian roda. Tanpa adanya roda mobil tidak mungkin bisa berjalan dan bisa mengantarkan pengguna ke tempat tujuan. 

Pada roda mobil juga terdapat komponen yang sangat penting yaitu as roda. As roda atau poros penggerak merupakan sebuah komponen yang penting supaya mobil bisa berjalan dengan baik.

Roda ini menjadi penghubung putaran yang telah gearbox hasilkan untuk menuju ke setiap roda penggerak. Oleh karena itu as roda menjadi sumbu utama yang bisa membuat mobil bisa berjalan dengan baik. 

Namun, tidak jarang para pemilik mobil mengalami kerusakan pada bagian as roda. Saat as roda mengalami kerusakan terdapat beberapa ciri-ciri yang bisa para pemilik ketahui. Berikut merupakan ciri-ciri apabila as roda pada mobil rusak:

Mobil Terasa Tersendat Saat Sedang Menikung

Ciri-ciri as roda mobil rusak yang pertama yaitu mobil terasa tersendat sedang saat berjalan menikung. Ketika Anda sedang berkendara menuju suatu tempat tentunya akan melewati jalan yang menikung.

Apalagi ketika berkendara pada suatu pegunungan pasti akan melalui jalan berbelok yang banyak. Nah, apabila mobil Anda terasa tersendat-sendat saat sedang menikung atau berbelok, bisa menjadi pertanda bahwa as roda rusak.

As roda yang rusak tersebut membuat mobil terasa mobil tertarik ke kanan atau ke kiri. Sehingga kondisi ini tentu membuat para pengemudi tidak akan merasa nyaman.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan terjadi, sebaiknya segera perbaiki as roda. Apabila as roda rusak Anda biarkan, lama-lama bisa memungkinkan hal buruk terjadi misalnya kecelakaan.

Demi keselamatan saat berkendara maka, tidak ada salahnya segera mengganti as roda dengan yang baru.

Baca Juga: Cara Balancing Roda Mobil yang Aman, Ikuti Langkah Mudah Berikut Ini

Terdapat Bunyi Saat Mobil Berjalan

Ciri-ciri as roda mobil rusak selanjutnya yaitu terdapat bunyi saat sedang berkendara. Apabila Anda sedang berkendara dan mobil mengeluarkan bunyi tek-tek kemungkinan besar as roda sedang mengalami masalah.

Bunyi tek-tek ini biasanya akan muncul ketika Anda sedang berbelok. Penyebab bunyi ini muncul yaitu dari outer shaft mobil dengan penggerak roda depan. 

Anda bisa menduga jika ada kerusakan pada as roda mobil dengan mendengarkan suaranya. Apabila bunyi tek-tek muncul saat Anda berbelok ke kiri, hal itu berarti terdapat kerusakan pada as sebelah kanan.

Sebaliknya apabila bunyi muncul saat Anda akan bergerak ke kanan, maka terdapat kerusakan as pada bagian kiri. Dengan adanya tanda ini para pengemudi bisa tahu bahwa terdapat kerusakan pada bagian as roda.

Baca Juga: Bearing Roda Mobil Mudah Rusak, Kenali Penyebabnya

Muncul Getaran Saat Mobil Belok

Terdapat ciri-ciri lain apabila as roda mobil sedang rusak yaitu muncul getaran saat kendaraan berbelok. Selain tersendat-sendat mobil juga akan bergetar saat melalui jalan berbelok. Hal itu bisa menjadi pertanda bahwa as roda sedang rusak.

Tidak hanya bergetar, mobil bisa menjadi sulit untuk pengemudi kendalikan dan tidak stabil. Hal ini tentu sangat membahayakan bagi para pengendara apalagi saat melalui tikungan yang tajam.

Oleh karena itu, apabila terjadi hal ini jangan Anda sepelekan. Segera lakukan perbaikan supaya masalah bisa teratasi dan as roda bisa berfungsi dengan baik. Sehingga saat berkendara Anda bisa lebih nyaman, aman, dan tentunya bisa selamat sampai tujuan.

Nah, itu tadi beberapa ulasan tentang ciri as roda kendaraan yang mengalami kerusakan. Apabila Anda mendapati ciri-ciri tersebut segera lakukan perbaikan, jangan sampai memberikan diri sendiri.

As roda mobil rusak apabila Anda biarkan, lama-kelamaan bisa menjadi semakin parah bahkan patah. Dengan melakukan perbaikan secepatnya bisa melindungi pengemudi dari hal yang buruk. (R10/HR-Online)